Skip to main content

Tips Sukses Bisnis Online 2020

Apa itu bisnis online? Bisnis online ini adalah segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online atau dengan cara melalui internet. Atau bisa juga sebuah aktifitas bisnis baik itu jasa maupun produk yang ditawarkan melalui jasa media internet, baik itu mulai dari negoisasi hingga sampai kegiatan transaksi tanpa dengan adanya tatap muka secara langsung dengan konsumsi.

Setiap orang yang melakukan kegiatan atau semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui media internet, mereka ini disebut sedang menjalankan bisnis online. Kegiatan bisnis online ini dapat meliputi seperti jualan online, ataupun menyediakan jasa kirim barang secara online dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Memulai Bisnis Online

Tips Sukses Bisnis Online 2020


1. Kenali Produk

Untuk memulai sesuatu bisnis online, yang pertama tentunya harus memahami produk apa yang akan di jual. Knowledge produk ini sangatlah menentukan bagaimana hasil bisnis online anda nantinya. Karena ini adalah dasar untuk memulai bisnis online dari nol. Hal yang paling penting untuk diperhatikan dan di pahami adalah barang atau produk yang nanti bakal anda jual. Produknya di buat dari apa, dibuat oleh siapa, bahkan kita harus tahu sedetail-detailnya. Karena dengan memahami barang atau produk yang akan di jual dan juga harus mengetahui kualitas produk yang akan di jual. Dan yang penting lagi adalah harus mengetahui beberapa harga beli dan harga jual yang pantas.

Setelahnya kita mengenali produk, maka selanjutnya kita harus mengetahui dan memahami selera pasar. Apa yang menjadi trend orang-orang saat ini, modelnya seperti apa yang pasar inginkan saat ini. Jika sudah mengetahui semua dasar itu, maka bisa di pastikan barang-barang atau produk yang anda jual akan bisa cepat laku.

2. Survey Pesaing

Hal yang wajib dilakukan adalah mengetahui peta persaingan atau kompetitor di dunia bisnis online. Anda bisa memulai dari riset bagaimana mereka menjual merekea secara online. Caranya bisa dengan googling di situs online marketplace seperti bukalapak, tokopedia, lazada, maupun shopee.

Cara riset dapat di lihat dari toko dengan penjualan paling tinggi. Cari tahulah apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang mau membeli. Biasanya hal ini terlihat dari sebuah ranting dan review positif dari para konsumen. Setelahnya menganalisa kompetitor, maka selanjutnya adalah mulai menawarkan keunggulan produk dan bisnis online anda yang mana akan menjadi kelemahan para kompetitor. Misal contoh kecilnya seperti pembeli yang tidak suka dengan respon yang lambat atau pengemasan barang yang asal-asalan.

Maka dengan kelemahan kompetitor seperti itu dapat anda manfaatkan untuk membuat penjualan barang anda semakin laris. Jika kompetitor sering sekali telat dalam merespon para pembeli, maka anda harus bisa dengan cepat merespon para pembeli, dan dari situlah yang akan menjadi keunggulan anda nantinya.

Selain cepat dalam merespon pelanggan, harga jual juga sangat berpengaruh. Jika barang yang dijual adalah barang sama, tapai dengan harga yang lebih murah dari lapak lain tentu ini akan menjadi sebuah keunggulan anda. Selama anda tidak merusak harga pasaran ini menjadi sah-sah saja.

3. Carilah Supplier yang Berpengalaman

Bagi anda yang baru ingin memulai bisnis online, maka sebaiknya carilah supplier yang sudah berpengalaman. Karena dengan bekerjasama dengan penyedia barang yang sudah lama berpengalaman di bidangnya maka nanti akan membuat kerja kita itu semakin maksimal dan profesional. Anda dapat dengan mendatangi pengrajin di tempat daerah anda untuk mencari seorang supplier. Gunakan juga fasilitas seperti internet untuk mencari infor-infor atau bisa juga dari temen-temen anda agar lebih menghemat waktu dan juga biaya.

Untuk lebih mengehmat biaya ada lagi cara lain yaitu dengan mencoba bekerjasama sebagai dropshiper dan reseller. Kalau di Indonesia sendiri ada banyak sekali mitra yang bisa di ajak kerjasama untuk bisa menjadi seorang dropshipper ataupun reseller.

4. Promosi Produk

Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan bisnis online anda adalah dengan melakukan promosi produk dari yang gratis hingga berbayar. Promosi di media sosial di facebook dan instagram ini masih dapat dilakukan secara gratis. Tapi kalau dengan promosi berbayar tentunya akan lebih efektif karena lebih tertarget.

Sekarang ini untuk media sosial seperti facebook dan instagram juga menawarkan ads atau iklan berbayar buat yang ingin produknya lebih dikenal bisa menggunakan jasa ini. Beriklan di facebook dapat memakan biaya mulai dari 75 ribu hingga 700 ribuan per minggu. Untuk promosi berbayar ini sebaiknya anda lakukan apabila bisnis sudah berjalan dan menghasilkan. Jika memang belum berjalan dan menghasilkan, maka alangkah baiknya manfaatkan media sosial yang gratis saja.


Peluang Bisnis Online 2020

Peluang bisnis online 2020 ini masih sangat menjanjikan dan terbuka lebar. Meskipun persaingannya semakin hari semakin ketat, tapi bisnis online ini masih sangat menjanjikan sebagai peluang kerja di tahun ini. Jangan lupa juga untuk bergbung di forum atau komunitas jual beli dan lakukan sharing. Karena dengan hal ini akan menambah wawasan anda dalam menjalankan bisnis online dan tentunya akan mendukung bisnis online anda nantinya.

Berikut ini adalah jenis-jenis bisnis online 2020 yang dapat anda lakukan:

  • Affliati marketing
  • Penulis artikel
  • Jasa pembuatan website
  • Desain grafis
  • Bejualan di toko online
  • Dripship
  • Jasa SEO
  • Paid to review
  • Menjadi youtuber
  • Menjadi blogger profesional
  • Dan masih banyak lagi bisnis online 2020 yang menjanjikan lainnya.
Jadi muali sekarang janganlah menunda-nunda untuk memulai sesuatu hal yang memang untuk kit lakukan. Dengan banyak membaca juga menjadi sebuah dasar pengetahuan untuk menuju sukses dalam bisnis online. 

Demikianlah ulasan tentang tips sukses bisnis online yang sangat menjanjikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua yang sedang mencari wawasan tentang bisnis online.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar