Skip to main content

Cara Memilih Hosting untuk Website yang Berkualitas, Bagus dan Uptime

Cara Memilih Hosting untuk Website yang Berkualitas, Bagus dan Uptime

Bagi temen-temen yang baru saja membuat website atau sedang memiliki rencana untuk membangun sebuah website baru, maka temen-temen harus tahu dulu tentang hosting. Hosting kalau dalam sebuah website itu sangatlah penting, hosting ini di ibaratkan sebagai tempat / rumah website temen-temen di internet. Oleh sebab itulah untuk temen-temen tidaklah boleh memilih hosting secara sembarangan. Karena jika nanti memilih hosting dengan asal-asalan akan berakibat fatal dan buruk bagi website temen-temen. 

Ada banyak sekali jenis hosting, harga hosting juga bermacam-macam tentunya menyesuaikan dengan spesifikasi dan kualitas mereka. Tentunya bagi semua oran ingin memiliki hosting yang bagus berkualitas tapi memiliki harga yang murah, ya seperti saya pribadi juga seperti itu. Tapi kebanyakan dari penyedia hosting tidak menyediakan hosting dengan kualitas bagus tapi harganya murah. 

Tips Memilih Hosting untuk Website

Sebenarnya sih ada penyedia hosting berkualitas tapi memberikan harga yang cukup murah dan tentunya sangat terjangkau untuk temen-tmen, misal contoh seperti niagahoster.co.id. Disini kami selaku admin akan memberikan sedikit tips bagaimana cara memilih hosting terbaik yang tentunya sesuai dengan kebutuhan temen-temen, berikut ini adalah tipsnya. 

1. Tentukan dana

Tips yang pertama adalah tentukan terlebih dahulu dana kita. Karena setiap hosting memiliki harga yang berbeda-beda dan bermacam-macam tergantung dari spesifikasi serta fitur-fitur yang diberikan di dalam hosting tersebut. Jadi dengan ini kita haruslah menyiapkan dan mengetahui dana yagn kita miliki untuk menyewa hosting. Jika ingin membuat website tapi dana minim dan terbatas maka bisa memilih hosting dengan harga yang murah atau juga dapat menggunakan hosting bawaan blogspot atau dari blogger yang mana hostingnya gratis tentunya uptime. 

Biasanya diberbagai penyedia layanan web hosting ada diskon yang mana dapat temen-temen gunakan. Nah, pada saat ada diskon dan promo besar-besaran maka kita dapat mencoba untuk membeli hosting tersebut, ya hitung-hitung untuk lebih menghemat biaya. 

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Saat ingin membeli hosting, maka yang harus diperhatikan juga adalah harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Kita harus menentukan tujuan dalam membuat website sebelum membeli hosting. Pada saat ini sih ada 4 tipe hosting yang dapat dibeli dan digunakan diantaranya yaitu, Shared Hosting, VPS, Dedicard Hosting, dan juga Cloud Hosting. Jika kita baru saja memulai membuat hosting, maka lebih baik gunakanlah yang termurah yaitu Shared Hosting.

Shared hosting ini dapat menjadi langkah awal kita dalam membangunn website terutama website personal, dan tentunya karena belum memiliki dana yang cukup besar. Dengan seiring berjalannya waktu dan website sudah memiliki trafik yang banyak, maka kita dapat membeli hosting yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Jadi tidak perlu khawatir jika terjadi server down, karena nantinya hosting dapat di upgrade.

3. Memilih server yang berkualitas

Memilih server yang berkualitas

Server dalam sebuah hosting berperan sangat penting, maka memilih server yang berkualitas itu harus jika temen-temen ingin websitenya dapat di akses oleh pengunjung tanpa adanya kendala sedikitpun. Maka dari itu, haruslah memilih server yang berkualitas dan yang paling penting adalah memiliki koneksi jaringan yang kuat dan stabil. Inilah yang membuat server hosting itu sangat penting. Selain koneksi jaringan, kita juga harus menentukan lokasi server tersebut. Jika temen-temen menargetkan pengunjung dalam negeri maka gunakanlah hosting yang ada di Indonesia, jika targetnya untuk internasional maka gunakanlah server yang berada di luar negeri seperi Amerika, Singapur dan lain sebagainya.


4. Pilih kapasitas dari bandwith

Ketika membeli hosting, maka haruslah menentukan kapasitas bandwith dari hosting yang di beli. Untuk jenis bandwith terdapat dua jenis yaitu limited dan unlimited. Jika serius dalam membangun website maka gunakanlah bandwith yang unlimited agar nanti website bisa tetap online meskipun trafiknya banyak atau padat.

Tapi jika temen-temen masih ingin mencoba-coba dan belum serius, maka disarankan untuk memilih kapasitas bandwith yang limited saja. Jadi dengan ini silahkan temen-temen sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing nantinya mau memilih yang berkapasitas limited atau unlimited.


5. Perhatikan jumlah domain

Tips memilih hosting selanjutnya adalah memperhatikan jumlah domain. Jadi disini kita dapat memilih hosting yang memiliki kapasitas 1 domain saja atau yang lebih dari satu bisa juga yang unlimited dalam satu hosting. Jika di lain waktu ingin membuat website lain maka di sarankan untuk memilih hosting yang menyediakan jumlah domain lebih dari 1 atau yang unlimited tanpa batasan agar nanti tidak perlu menambah kapasitas atau membeli hosting lagi.

Baca juga : Tips membeli domain dan hostng

6. Space hosting

Untuk space atau ruang hosting juga sangat diperlukan pada saat memilih hosting. Jangan sampai asal-asalan dalam memilih hosting murah dan ternyata hanya memiliki kapasitas cuma 1 GB saja. Bisa-bisa nanti baru satu minggu berjalan kapasitas sudah penuh, dan alhasil temen-temen harus mengeluarkan dana lagi buat menambah space atau kapasitas hosting atau mengupgrade hosting. Meskipun baru memulai membuat website, alangkah baiknya untuk memilih hosting yang memiliki space unlimited atau kapasitas full tanpa batasan. Karena dengan memiliki kapasitas yang besar atau bahkan unlimited maka kita dapat dengan bebas dan leluasa dalam menambahkan gambar dan juga tulisan dalam website.

7. Pilihlah hosting yang aman

Ketika sedang memilih hosting yang perlu diperhatikan lagi adalah keamanan hosting yang di pilih. Jika hosting yang di pilih memiliki kualitas keamanan yang buruk atau lemah, maka website bisa-bisa nanti di rentas atau di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya temen-temen tidak mau kan? Maka dari itu pilihlah hosting yang memiliki keamanan berkualitas dan terjamin agar nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan pada website temen-temen.

8. Pilih hosting dengan fitur yang memadai

Meskipun memilih untuk menggunakan hosting standart atau shared hosting, maka harus tetep memperhatikan bahwa hosting tersebut sudah memiliki fitur-fitur dasar seperti adanya cron untuk aktivitas website sehari-hari. Selain itu, untuk carilah hosting yang sudah memiliki script auto installer, seperti contoh fantastico, quick installer, simple script, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga fitur akses FTP dan akses htaccess untuk redirect halaman.


9. Pilihlah pelayan customer yang baik

Tidaklah semua penyedia layanan hosting memiliki pelayanan customer dengan baik. Jika temen-temen menggunakan penyedia layanan hosting niagahoster maka kalian akan mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan memuaskan, karena saya sendiri sudah merasakan layanan mereka seperti apa. Jadi misal website sedang mengalami masalah tentunya kita memerlukan bantuan dari pihak hosting yang dipilih kan, jika penyedia hosting tidak memiliki pelayanan 24 jam tentunya komplain yang diberikan temen-temen haruslah menunggu sampai pesan komplain tersampaikan kepada cs dari penyedia hosting. Oleh karena itu, pilihlah hosting yang memiliki pelayanan yang baik selama 24 jam, jadi kalau terjadi masalah terhadap website maka akan segera bisa teratasi.

10. Jumlah klien

Tips memilih hosting berkualitas yang terakhir ini juga harus di perhatikan. Kualitas sebuah hosting memanglah tidak tergantung pada kliennya. Tapi jika ingin mempercayakan website sepenuhnya pada layanan hosting, maka haruslah bisa memperhatikan para klien-klien dari layanan hosting tersebut. Apabila hosting tersebut sudah memiliki klien-klien dimana-mana, kemungkinan besar hosting tersebut bagus dan sudahlah berpengalaman.

Itulah ulasan tentang tips memilih hosting terbaik yang kami sampaikan. Semoga dengan adanya ulasan mengenai tips memilih hosting yang baik dan berkualitas ini dapat bermanfaat bagi temen-temen semua dan tentunya bisa menambah wawasan terutama bagi yang sedang ingin memulai membangun website. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar