Skip to main content

Tafsir mimpi : Mimpi, definisi dan sejarah penafsirannya

Tafsir mimpi : Mimpi, definisi dan sejarah penafsirannya

Tafsir mimpi - Mimpi merupakan sebuah pengalaman bawah sadar seseorang yang mana melibatkan emosi, perasaan, pikiran, penglihatan, pendengaran dan juga indra lainnya yang sedang terjadi paa saat tidur. Setiap orang tentunya sudah pernah bermimpi. Dan bagi sebagian orang telah menganggap kalau mimipi itu adalah sebagai bunga tidur sehingga kadang hanya diabaikan begitu saja.

Tapi, bagi sebagian orang lainnya menganggap mimpi itu sebagai pertanda, firasat, atau bahkan isarat akan datangnya suatu kejadian pada diri mereka sehingga mimpi perlu di tafsirkan atau di artikan makna dari mimpi tersebut. Lalu apa tafsir mimipi itu?

Di jaman peradaban kuno dulu, mimpi itu selalu dikaitkan dengan dunai spiritual. Artinya kya gini, jadi dewa-dewa dan roh jahatlah yang muncul dalam mimpi tersebut. Jika mimpi yang indah dan membahagiakan itu di artikan sebagai kehadiran dewa atau tuhan. Sedangkan untuk mimpi yang buruk maka dianggap sebagai pertanda kehadiran roh jahat atau setan pada saat sedang tidur.

Namun, anggapan-anggapan seperti itu mulai bergeser pada saat Aristoteles (384-322SM) telah mengemukakan pandangannya tentang mimpi. Menurut Aristoteles, mimpi itu adalah aktivitas mental ketika seseorang sedang tidur. Pada saat tidur, indra seseorang masih dapat menangkap rangsangan dari luar. Dan rangsangan tersebut diperbesar melalui mimpi. Misal contoh seseorang itu sedang merasa kedinginan, maka pada saat tidur ia bisa saja sedang bermimpi berada di lautan salju.

Sepeninggalnya Aristoteles, tafsir mimpi atau arti mimpi ini semakin berkembang. Dan yang paling populer adalah pandangan dari Macrobius dan Artemidorus. Mereka berdua telah membagi mimpi menjadi dua diantaranya yaitu:

Baca juga : Tafsir mimpi telepon
  1. Mimpi yang berkaitan dengan masa lalu dan juga masa sekarang : Mimpi ini dikaitkan dengan peristiwa-peristiwa seseorang sebelum tidur. Misal contohnya ada seseorang ketika sedang tidur orang itu sedang menahan buang air kecil, maka bisa saja dia bermimpi berada di tengah-tengah banjir dan akhirnya orang tersebut akan buang air kecil ketika sedang tidur ( ngompol ).
  2. Mimpi yang berkaitan dengan masa depan : Mimpi ini dimaknai dengan membawa pesan mengenai peristiwa yang akan datang dan akan terjadi. Dan disini mimpi dibagi menjadi tiga diantaranya yaitu:
  • Oraculum : Ini adalah sebuah mimpi kenabia atau mimpi yang membawa pesan dari Tuhan. 
  • Visio : Ini adalah sebuah mimpi yang meramalkan peristiwa yang akan datang dan akan terjadi dimasa depan. 
  • Somnium : Ini merupakan mimpi simbolis yang mana sebaiknya di tafsirkan ataupun di artikan dengan cara hati-hati. 
Dan pada perkembanganya tafsir mimpi atau arti mimpi telah menyesuaikan kembali dengan kondisi kebiasaan, budaya, dan juga latar belakang masyarakat yang telah menyakini suatu tafsir mimpi atau arti mimpi maupun simbolisasi dari mimpi tertentu. Arti atau tafsir mimpi tersebut telah di wariskan oleh para leluhur dan diturunkan selama berabad-abad dari generasi ke generasi.


Solusi menangani akibat dari mimpi buruk

Jika Anda telah bermimpi sesuatu yang bisa berakibat buruk bagi diri Anda dan keluarga maka perlu diharapkan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

Pertama ambilah sapu lidi ( bisa menggunakan tusuk gigi, bambu kecil dan lain-lain ). Kemudian potonglah atau bisa juga dipatahkan menggunakan tangan menjadi 7 batang kecil-kecil kira-kira 3 cm. Selanjutnya sediakanlah selembaran kertas, siapkan garam dapur sedikit saja, dan taruhlah kertas tersebut dan kuburkan kedalam tanah ( halaman rumah, atau pekarangan ). Dan Anda perlu mengucapkan kalimat atau Do'a kepada Tuhan agar di jauhkan dari akibat mimpi buruk Anda tersebut. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar