Skip to main content

Pengertian Recycle Bin dan Kegunaanya Pada Komputer

Pengertian Recycle Bin dan Kegunaanya Pada Komputer | Apa sih itu Recycle Bin? Apakah anda sudah tahu pengertian Recycle Bin? Biasanya Recycle Bin ini digambarkan dengan gambar tempat sampah, dan biasanya sudah ada dan terletak di desktop komputer atau laptop. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai, karena dikesempatan kali ini admin akan membahas secara lengkap pengertian Recycle Bin dan kegunaanya.

Pengertian Recycle Bin dan Kegunaanya Pada Komputer

Pengertian Recycle Bin

Recycle Bin adalah wadah atau tempat untuk menampung sebuah file-file sementar yang mana telah di hapus. Jadi kalau kita menghapus sebuah file misal seperti gambar ata jenis file lainnya di kompuer atau laptop anda sebenarnya belum hilang dan file tersebut akan di tampung terlebih dahulu di Recycle Bin. Tapi Recycle Bin ini tidak dapat menampung file yang berukuran besar. Jadi kalau anda telah menghapus atau tidak sengaja menghapus file penting, maka file tersebut masih bisa dikembalikan ke alamat asalnya.

Recycle Bin memiliki beberapa keterbatasan limit ruang, sehingga untuk yang ingin memperluas kapasitas penyimpanan dari Recycle Bin. Anda bisa melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini.
  • Langkah pertama silahkan anda klik kanan di ikon Recycle Bin pada desktop komputer kemudian pilih properties.
  • Kemudian lihat di bagian bawah maka nanti ada sebuah tulisan Recycle Bin Location, dan kemudian silahkan anda pilih lokasi pada disk lainnya yang mana memiliki kapasitas penyimpanan lebih cukup besar conoh di lokasi disk D atau juga disk E.
  • Pastikan juga kalau anda sudah mengatur pada Custom Size dan sudah memasukan size yang di inginkan di bagian Maximum Size ( MB ). 
  • Langkah terakhir tinggal klik OK/Apply.

Beberapa Hal Kegunaan Dari Recycle Bin

1. Mengembalikan File yang Sudah Di Hapus dan Masuk Kedalam Recycle Bin 

Jika kita tidak sengaja telah menghapus file penting, maka jangan terlalu khawatir dulu, selama file tersebut masih ada di dalam Recycle Bin maka kita msih bisa untuk mengembalikan file penting tersebut. Caranya tinggal buka Recycle Bin, klik kanan pada file yang di cari kemudian plih "Restore this items". Jika kita ingin mengembalikan semua file yang ada di dalam Recycle Bin, maka caranya yaitu masuk kedalam Recycle Bin lalu pada toolbar klik "Restore all items". Dengan pilihan ini maka akan mengembalikan semua file yang sudah dihapus tapi masih ada di dalam Recycle Bin dan akan dikembalikan kepada tempat asalnya, misal tempat asal file berada di disk D/File Penitng.

2. Menghapus File Secara Permanen pada Recycle Bin

Ketika kita menghapus file, biasanya file tersebut akan di simpan dulu kedalam Recycle Bin sehingga masih bisa untuk dikembalikan lagi. Tapi, jika ingin menghapus file dengan cara permanent dari komputer dengn tujuan tertentu misal untuk kapasitas hardisk tidak terlalu banyak terpakai, maka anda bisa menghapus file-file tersebut secara permanen dari Recycle Bin.

Cara menghapus file secara permanen dari Recycle Bin yaitu bisa menggunakan dua cara. Cara pertama kita masuk ke Recycle Bin, kemudia klik kanan pada file yang akan dihapus dan pilih "Delete" kemudian klik "Yes". Cara kedua yaitu kita bisa menghapus file tanpa harus mengirim file tersebut ke Recycle Bin yaitu dengan cara menekan Shift+Del pada sebuah file yang ingin di hapus. Perlu di ingat bahwa file yang sudah di hapus secara permanen maka file tersebut tidak akan bisa dikembalikan kembali.

3. Mengosongkan Recycle Bin

Jika anda malas untuk menghapus satu persatu dari file yang ada di dalam Recycle Bin, maka anda dapat membuka Recycle Bin dan kemudian pilih "Empety the Recycle Bin" yang ada pada toolbar untuk mengosongkan Recycle Bin keseluruhan.

Jika Recycle Bin pada laptop atau komputer sudah penuh, tapi tidak ingin menghapus file-file tersebut dan sewaktu-waktu anda mungkin masih membutuhkan file tersebut, maka caranya anda dapat memperbesar kapasitas Recycle Bin di komputer atau laptop anda. Caranya yaitu cukup mudah, pertama klik kanan pada Recycle Bin, kemudian klik "Properties", pada bagian bawah yang bertulisan "Recycle Bin Location" pilih lokasi Recycle Bin yang ingin anda ubah. Kemudian klik "Custom Size" kemudian masukan beberapa kapasitas Recycle Bin yang anda inginkan.

Baca juga : Cara merawat komputer

Demikianlah ulasan tentang pengertian Recycle Bin dan kegunaanya pada komputer dan laptop. Jadi Recycle Bin itu sebenarnya memiliki banyak sekali kegunaannya dan memiliki manfaat dan sangat berguna serta membantu kita. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar