Skip to main content

Pengertian Internet dan Intranet: Sejarah, Perbedaan dan Fitur

Pengertian Internet dan Intranet: Sejarah, Perbedaan dan Fitur

Tentunya kita semua sudah tahu kan yang namanya internet? Bagi anda mungkin internet sudah tak asing lagi, apalagi yang setiap hari menggunakan internet. Selain internet ada juga yang namanya intranet. Apakah itu intranet? Apakah anda sudah tahu dan mengenal istilah intranet? Nah jika anda semua masih bingung maka dikesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu internet dan intranet beserta sejarah internet dan intranet.

Pengertian Internet

Internet ( Interconnection Networking ) merupakah semua jaringan komputer yang mana saling terhubung satu sama lainnya dengan menggunakan standart metode global transmission control protocol atau internet protocol suit ( TCP/IP ) yang memiliki fungsi sebagai protokol untuk pertukaran paket ( Packet switching communication protocol ) yang mana bisa untuk memberi sebuah pelayanan kepada semua pengguna di seluruh dunia. Internet adalah rangkaian internet yang terbesar. Nah untuk cara agar anda sekalian bisa menghubungkan pada rangkaian ini maka harus menggunakan kaidah yang satu ini yang mana disebut dengan nama internetworking atau "antar jaringan".

Sejarah Internet

Sejarah Internet. Munculnya jaringan internet pertama kalai dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Dengan melalui jalur proyek ARPA yang disebut juga dengan nama ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ). Mereka juga merekomendasikan kepada semua bagaimana dengan hadware dan software komputer yang memiliki basis UNIX, Anda semua juga bisa berkomunikasi dengan orang lain ataupun saudara dengan jarak yang tidak terhingga dengan menggunakan telepon.

Dari pihak proyek ARPANET juga sudah merencanakan berbagai bentuk jaringan, kehandalan, informasi yang mana dapat dipindah seberapapun itu besarannya, dan akhir dari semua itu adalah semua standart yang mungkin juga sudah ditentukan oleh mereka untuk menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru dan sekarang ini dikenal dengan nama TCP ( Transmission Control Protocol ) atau IP ( Internet Protocol ).

Pada saat itu juga Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang termasuk kedalam jaringan terbesar dengan menghubungkan semua komputer di daerah-daerah vital yang mana bertujuan untuk mengatasi masalah apabila suatu saat terjadi serangan nuklir dan digunakan untuk menghindarkan terputusnya informasi yang bias membantu bila mendadak terjadi perang maka akan dengan sangat mudah menghancurkan serang itu.

Mungkin sebelumnya ARPANET hanya bisa menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, Univercity Of California, Santa Barbara dan Univercity Of Utah. Dimana mereka juga membuat satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Kalau secara umum APARNET dikenalkan pada bulan Oktober 1972. Setelah itu tidak lama kemudian proyek itu berkembang sangat pesat diseluruh daerah, dan termasuk juga universitas dinegara tersebut menginginkan untuk bergabung. Maka dari itu membuat ARPANET mengalami kesulitan dalam mengatur. Dan kemudian ARPANET di pecah menjadi dua  yaitu "MILNET" dan "ARPANET". Untuk MILNET digunakan dan dikhususkan bagi keperluan militer, dan dari penggabungan dua jaringan tersebut kemudian dikenal dengan sebutan DARPA Internet dan kemudian lama-lama di sederhanakan menjadi sebuah jaringan Internet atau diberi nama Internet.

Fitur Internet

Berikut ini adalah fitur-fitur internet yang perlu anda ketahui:

Baca juga : Pengertian bandwith


1. Word Wide Web ( WWW )

Mungkin anda sering mendengar istilah www? www ini adalah salah satu layanan internet yang juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga di dunia. Layanan yang satu ini merupakan layanan yang memungkinkan kita untuk dapat menjelajah halaman website atau situs yang memang sudah ada di internet. Layanan www ini sangatlah dimanfaatkan oleh para penjelajah informasi di internet untuk menjelajahi informasi yang sangat banyak dan berlimpah di layanan internet.

2. Chatting

Chatting adalah salah satu layanan internet yang sangatlah digemari oleh masyarakat, apalagi oleh para remaja. Chatting merupakan suatu kegiatan atau juga aktivitas berbincang dengan melalui teks antara pengguna layanan internet di seluruh dunia dan mungkin juga ini bisa disebut sebagai pengganti surat. Mungkin dari anda semua ada yang belum tahu tentang applikasi chatting yang paling sering digunakan? Applikasi chatting yang sering digunakan itu adalah IRC ( Internet Relay Chat ) dan ini merupakan salah satu protokol yang memungkinkan untuk seluruh user internet dapat saling terhubung dan saling berkomunikasi dalam satu channel.

3. Email

E-mail ini juga salah satu surat elektronik yang mana adalah salah satu layanan internet yang memanglah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat indonesia maupun di dunia. Memang yang layak menjadi identitas pribadi adalah alamat e-mail anda sendiri. Kenapa begitu? Karena dengan menggunakan e-mail ini maka kita dapat saling mengirim surat dengan waktu yang sangatlah cepat. Alamat e-mail juga dapat dikatakan sebagai pengganti bagi alamt rumah kita. Jenis yang dimiliki oleh e-mail sendiri juga sangat banyak, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Contoh e-mail yang grtais adalah Yahoo, Gmail dan juga Hotmail. Sedangkan untuk e-mail yang berbayar contohnya adalah mail.com dan lain sebagainya.

4. Mailing List

Layanan internet yang satu ini adalah salah satu layanan yang memungkinkan jika ada salah satu forum untuk berdiskusi bagi pemilik atau juga yang memiliki e-mail di internet. Yang menjadi salah satu topik dalam pembahasan diskusi ini biasanya akan dikirim melalui e-mail masing-masing anggota diskusi. Waktu dulu Yahoo adalah sebuah group penyedia mailing list yang sangat populer.

5. E-Banking

E-Banking ini adalah layanan untuk anda bertransaksi dan transfer uang yang sangat mudah. Pada jaman sekarang ini hampir semua bank menyediakan fitur e-banking ini bagi para nasabahnya, baik itu bangk pemerintah maupun bank swasta. Mungkin dari sekian orang masih ada yang belum tahu apa kelebihan dari e-banking ini. Kelebihan yang dimiliki e-banking adalah kemudahan untuk melakukan transaksi dan transfer kepada orang lain maupun ke saudara. Karena jika anda ingin transfer tidak perlu lagi pergi ke mesin ATM dan hanya cukup dengan menggunakan layanan internet e-banking, maka anda semua sudah bisa secara langsung mentransfer dengan lebih cepat.

6. VOIP

Voice Over Internet Protocol ( VOIP ) adalah sebuah layanan internet yang sangat memungkinkan untuk kalian para pembicara lewat telehpne dengan biaya yang gratis. Bagi anda semua yang menggunakan layanan internet ini maka hanya membutuhkan koneksi internet saja dan anda juga tidak perlu membayar pulsa telephone. VOIP dengan menggunakan server gratis ini memiliki banyak sekali jenis yang bisa digunakan dan dimanfaatkan.

7. E-Commerce

Layanan internet ini merupakan layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi, misal contohnya sebagai toko online. Dengan munculnya layanan internet ini maka kita tidaklah lagi belanja ke mall atau supermarket apabila anda ingin membeli barang yang ingin dibeli dan diinginkan. Kita cukup hanya membuka laptop atau smartphone, lalu koneksikan dengan internet dan cari toko online terpercaya yang memanglah menjual barang-barang yang kita inginkan atau yang sedang kita cari. Cara membayar dalam layanan internet ini juga sangat mudah yaitu hanya mentransfer pembayaran maka barang yang kita pesan akan di kirim ke alamat rumah kita.

Pengertian Intranet

Intranet adalah salah satu jaringan privat ( Privat Network ). Jaringan yang satu ini adalah sebuah jaringan yang menggunakan protokol-protokol internet ( TCP/IP ) yang berguna untuk membagi informasi rahasia perisahaan atau juga operasi di dalam sebuah perusahaan tersebut kepada para karyawan di perusahaan tersebut tentunya. Kadang istilah intranet cuma hanya merujuk pada layanan yang terlihat saja. Yaitu situs website internal perusahaan.

Yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan intranet adalah sebuah jaringan yang mana harus memiliki beberapa komponen yang bisa membangun internet, yaitu sebuah protokol internet ( TCP/IP, alamat IP dan protokol lainnya ), klien server, protokol HTTP dan juga beberapa jenis protokol internet lainnya ( FTP, SMTP atau juga POP3 ) biasanya ini adalah salah satu komponen ptotokol yang memanglah sangat sering digunakan.

Sejarah Intranet

Sejarah intranet. Awal mulanya sebuah organisasi menemukan tantangan bagaimana cara agar dapat melakukan komunikasi antara perusahaan dan antar perusahaan dengan lebih efektif serta biaya yang lebih efisien juga. Tapi, tantangan tersebut ternyata sekarang ini sudahlah terjawab yaitu dengan munculnya jaringan intranet dan juga internet. Sejarah berdirinya intranet ini dimulai pada tahun 1970-an. Dari pihak ARPANET telah menemukan sebuah ide baru yaitu untuk membuat sistem jaringan yang mana bisa digunakan untuk berbagi informasi dengan dikembangkannya teknologi Telent dan FTP ( File transfer protokol ). Dimana para pengguna dapat mengirim dan juga menerima data. Tapi, perkembangan jaringan ini tidaklah bisa diharapkan hingga munculnya PC pada tahun 1980-an.

Pada tahun 1982 adalah tahun dimana menjadi sebuah tonggak munculnya sejarah baru bagi teknologi dan dengan munculnya internet protocol ( IP ) yang baru, yaitu Hipertext Transfer Protocol ( HTTP ). Teknologi yang satu ini didesain untuk tujuan meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan juga menjadi salah satu applikasi handal dalam internet.

Demikianlah ulasan tentang pengertian internet dan intranet beserta sejarah, perbedaan dan juga fitur interner dan intranet. Semoga dengan adanya rangkuman ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua tentunya tentang pengertian internet dan intranet.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar