Skip to main content

Pengertian Database, Fungsi dan Jenis-jenis Database

Pengertian Database, Fungsi dan Jenis-jenis Database

Pengertian Database, Fungsi dan Jenis-jenis Database | Kita mungkin pernah mendengarkan kata atau istilah database, dan saya yakin kebanyakan dari kita semua sudah pernah sekli atau dua kali mendengarnya. Tapi disini kami juga tidak begitu yakin kalau di antara kita semua sudah tahu akan arti serta definisi dari database tersebut. Jadi, apasih yang dimaksud database itu? Maka dikesempatakn kali ini, disini admin akan membahas dan mengupas secara tuntas dan jelas tentang database. Simaklah pembahasan berikut ini sampai rampung.

Lalu apa saja sih yang perlu kita ketahui mengenai database? Ya tentunya pertama adalah arti atau pengertian database dan untuk apa database itu ada. Meski begitu, tidak lupa juga dengan jenis-jenis database, karena masing-masing memiliki tipe yang berbeda-beda. Jika anda semua penasaran, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Database

Database kalau dalam bahasa indonesia biasa disebut dengan nama basis data. Basis itu sendiri adalah sebuah tempat berkumpul, sedangkan data adalah sebuah informasi yang telah diperoleh. Maka dengan kata lain, database atau basis data atau pengertian database adalah sebuah kumpulan informasi yang diperoleh dan kemudian dikumpulkan di tempat tertentu untuk sutau tujuan tertentu juga.

Pada umumnya istilah database ini berkaitn erat dengan dunia IT. Tapi, pada dasarnya, istilah database ini tidaklah hanya terbatas pada dunia IT saja. Melainkan ini bisa mencakup sektor ataupun aspek lainnya, karena database sendiri sifatnya adalah umum. Mungkin karena database banyak yang disimpan pada komputer, makanya database ini lebih erat kaitannya dengan dunia IT.

Fungsi Database

Setelah kita sudah tahu tentang pengertian database, maka kita juga perlu tahu apa fungsi dari database itu sendiri. Untuk apa data atau informasi itu dikumpulkan? Tentunya hal tersebut memiliki tujuan dan maksdu tertentu. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat dan kegunaan dari sebuah database:
  • Data akan dikelompokan berdasarkan atau menurut jenisnya untuk mempermudah identifikasi dari sebuah informasi tertentu.
  • Untuk menghindari sebuah duplikat content atau data yang sama.
  • Lebih mudah untuk melakukan sebuah perubahan baik itu menambah, menghapus ataupun meng-update sebuah data yang telah ada. 
  • Akan lebih efektif daripada menggunakan media fisik misal seperti kertas sebagai penyimpan data atau informasi. 

Jenis-Jenis Database

Karena database bersifat general, maka database sendiri sangat sering dikelompokan menurut jenis-jenisnya, dan berikut ini adalah beberapa macam database yang ada pada saat ini:

Operational Database

Jenis database yang pertama ini berisikan informasi yang dapat diakses oleh seluruh bagian dari organisasi tersebut. Ini juga bisa disebut sebagai SADB ( Subject Area Database ), produksi sebuah database ataupun transaksi database. Contoh simple nya adalah informasi yang digunakan oleh para pelanggan ataupun database untuk keperluan akuntansi.

Relational Database

Dari semua jenis database yang ada sekarang ini, jenis relational database mungkin yang paling terkenal. Dengan adanya sebuah database jenis ini, para pengguna dimungkinkan untuk mencari sebuah informasi dengan menggunakan tabel yang berbeda-beda.

Distributed Database

Jenis database yang satu ini tipenya menyebarkan infromasi. Maka dengan hal ini biasanya database ini digunakan untuk lembaga maupun perusahaan yang telah memiliki cabang. Hal ini berguna untuk berbagi data sehingga para pengguna bisa mencari sebuah informasi dari tempat yang memang masih saling berhubungan.

External Database

Jenis database yang terakhir ini biasanya akan ditunjukan untuk kepentingan komersil. Jadi untuk siapaun dapat mengakses external database dan mencari informasi data. Ini semua karena database tersebut bersifat publik jadi siapapun bisa mengaksesnya.

Itulah penjelasan singkat tapi jelas mengenai pengertian database yang meliputi fungsi database, dan juga jenis-jenis database. Semoga dengan penjelasan yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua khususnya tentang pengertian database.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar