Skip to main content

Inilah Langkah Memulai Bisnis Dropship

Inilah Langkah Memulai Bisnis Dropship

Inilah Langkah Memulai Bisnis Dropship - Di jaman serba canggih sekarang ini, tentunya internet bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal termasuk juga untuk memulai bisnis. Sekarang bisnis itu gampang, tidak perlu modal banyak dan anda tidak perlu repot mengelola barangnya. Bisnis apa itu? Bisnis dropship jawaban yang tepat.

Dropship adalah sistem bisnis menjual sebuah barang dari supplier tanpa kita harus memiliki stok barang. Dropship bisa menjadi langkah awal anda untuk mencoba menjadi entrepreneur.

Anda tertarik? Jika iya, siapkanlah catatan anda, tulis dan jalankanlah langkah-langkah di bawah ini.

1. Memilih produk

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih produk. Mencari sebuah produk untuk dijual dan dipasarkan. Sebagi tips anda, pilihlah produk yang anda suka dan banyak orang yang mencari. Cara ini akan membantu anda memahami target pasar, dan usahakan juga mencari produk yang dipakai orang setiap harinya.

Menjual banyak produk mungkin akan dapat memberikan peluang keuntungan lebih besar, tapi spesialisasi produk akan menjadi lebih baik. Menjual rangkaian produk yang terlalu bermacam-macam bisa mengganggu fokus dan juga lebih sulit dipasarkan.

Lalu apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih produk?
  • Menguntungkan. Dalam menjalankan sebuah bisnis dropship, peran anda adalah sebagai marketer. Pilihlah produk yang memberikan peluang keuntungan yang besar.
  • Menarik. Pilihlah produk yang menarik dan juga berkualitas tinggi. 
  • Sering dicari. Manfaatkan Google Keyword Planner dan Google Trends untuk mencari kata kunci yang paling sering dicari. 
  • Jualah sesuatu yang tidak ada disini. Pilih produk yang mana tidak mudah ditemukan oleh pelanggan anda di wilayah tertentu. 
Baca juga : Tips menentukan bisnis untuk dimulai

2. Meriset kompetitor

Perlu diingat bahwa anda tidak bersaing dengan sesama dropshipper saja melainkan bersaing juga dengan raksasa-raksasa retail lainnya seperti tokopedia, bukalapak dan juga shopee.

Tapi anda jangan terlalu takut untuk bersaing. Karena persaingan bukanlah hal yang harus di hindari, malah sebaliknya dengan adanya kompetitor ini maka dapat menjadi tanda bahwa peminat produk tersebut sangatlah tinggi dan tentunya model bisnisnya bisa lenggeng.

Meriset kompetitor

3. Pilih supplier yang tepat

Supplier adalah salah satu faktor penting dalam bisnis dropship. Jika salah memilih supplier maka akan menjadi kekacauan seluruh tatanan bisnis yang sedang dirintis. Untuk kualitas produk, respon yang cepat dan ketepatan waktu pengiriman barang haruslah benar-benar diperhatikan dengan sangat baik.

Apabila sampai produk tidak sesuai dengan harapan para konsumen atau pembeli, maka pihak dropshipper-lah yang akan mendapatkan keluhan, komentar negatif serta ranting yang rendah dari para pembeli.

Hal inilah yang mengapa harus anda perhatikan dan perlu kecerdikan dalam memilih supplier yang mana dapat diandalkan. Ada satu hal lagi yang perlu dilihat yaitu kemampuan produksi supplier, jika ingin bisnis kita berkembang, maka juga harus mengetahui kemampuan produksi supplier untuk kebutuhan bersama.

Dimanakah kita dapat menemukan supplier? Anda bisa mencarinya di e-commerce yang ada di tokopedia, bukalapak, shoppe atau juga dapat melalui kaskus atau juga media sosial.

4. Bangung toko online

Cara mudah untuk memasarkan produk kit adalah dengan memanfaatkan platform-platform marketplace yang ada seperti di tokopedia, bukalapak dan juga shopee dan yang kainnya.

Selain itu, media sosial seperti facebook, instgram, twitter dan juga media sosial lainnya bisa juga digunakan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Atau juga jika memiliki anggaran, maka dapat menyewa web designer untuk membuatkan laman khusus untuk produk kita.

Bangung toko online

5. Menarik pelanggan

Memiliki produk yang menarik dan toko online tidak ada artinya jika tidak ada pelanggannya. Bisa-bisa nanti bisnis malah gulung tikar sebelum menikmati keuntungannya.

Nah untuk menarik pelanggan ada beberapa cara yang bisa anda coba, seperti memberikan sebuah diskon, promo atau juga memanfaatkan iklan di sosial media. Salah satu pilihan yang paling efektif adalah promosi melalui facebook dan instagram. Kenapa harus facebook dan instagram? Karena dari kedua media sosial tersebut memberik kemungkinan untuk mengirimkan iklan pada audiens yang tertarget.

Untuk ingin lebih optimal gunakanlah SEO dan email marketing. Dengan cara ini akan lebih efektif untuk membangun sebuah basis pelanggan tanpa harus menambah anggaran marketing.

Baca juga : Strategi digital marketing

6. Analisa dan Optimasi

Jika sudah melakukan dari kelima langkah-langkah di atas, maka kini saatnya anda mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan. Analisalah seluruh data dan grafik yang sudah ada. Bisa dengan melihat Google Analytic dan Facebook conversion pixel data, apabila facebook menjadi media sosial utama untuk promosi produk anda.

Analisalah dari mana asal pelanggan anda, jalur apa yang digunakan untuk mengetahui produk anda. Maka dengan poin-poin ini menjadi hal penting untuk mengukur serta mengoptimalkan bisnis dropship anda.

Baca juga : Memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang

Demikianlah ulasan tentang langkah memulai bisnis dropship yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis dropship dengan baik dan benar agar nanti tidak salah melangkah. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar