Skip to main content

Islam di Australia. Selayang pandang

Selayang Pandang

Islam di Australia. Menurut sejarah, pengunjung-pengunjung yang pertama kali tiba di Australia adalah musim Bugis. Mereka telah tiba sejak abad ke-16 - 17 M. Dan datangnya mereka salah satunya adalah untuk membeli teripang untuk dijual kepasar china. Selain itu, ada juga kemiripan bahasa antara Aborigin dan Bugis serta ada bukti sejarah berupa lukisan gua yang menggambarkan perahu Makassar dan diyakini juga ada perkawinan antara orang setempat dan orang Makassar. Dan lambat laut dakwah Islam disana tersebar dengan adanya kedatangan imigran Timur Tengah, terutama dari Afghanistan. Mereka adalah seorang pedagang yang getol menjual komoditas lokal kepada masyarakat Eropa.

Islam di Australia. Selayang pandang

Menurut sensus 2006, sekitaran 340.390 orang atau sekitar 1,71 % dari penduduk Australia adalah Muslim. Angka ini juga naik pada sensus 2011, jumlahnya menjadi 476.291 orang atau setara dengan 2,2 %. Tentu saja kenaikan ini bersifat fantastis dari tahun 1981 sebanyak 483 %. Memang bisa dikatakan, hanya segelintir saja kaum Muslim di Australia. tapi pertumbuhan mereka cukup cepat.

Menjadi salah satu komunitas yang ditetapkan berdasarkan identitas keagamaan, masyrakat Muslim Australia dalah masyarakat yang paling beragam secara etnis maupun secara ras, dengan anggota yang dari berbagai latar belakang etnis dan juga ras. Dengan demikian, maka bagian-bagian berbeda di dalam komunitas Muslim Australia juga bisa mendukung identitas tambahan. Terbebas dari identitas mereka, sangat sering berhubungan dengan teman non-Muslim dia Australia maupun di luar negeri. 

Orang-orang Islam di Australia hidup diberbagai kota seperti Sydney dan juga Melbourne. Selain itu, mereka juga banyak yang tinggal di luar kota-kota besar, seperti Victoria. Sementara itu, untuk mayoritas mereka adalah kelas pekerja, 27 % masuk kedalam kategori profesional, yaitu seperti Adminitrator, dan juga juru Teknik. Diluar itu, 73% lainnya adalah seorang Ulama, pekerja pelayanan dan transpotasi, buruh, dan juga bekerja di perniagaan.

Meskipun kemunculannya itu sebagai Agama di Australia sering sekali dianggap baru bagi warga non-Muslim Australia dan lebih dikenal juga karena gelombang migrasi dan Dunia Muslim yang sangat beragam termasuk Timur Tengah, Afrika Tenggara, Asia Tenggara, Balkan di Eropa, Anka benua India dan juga Afrika sub-sahara. Namun, faktanya Islam memiliki sejarah yang begitu panjang di Australia. Dan sejarah ini merentang tidak hanya ke beberapa Muslim yang tiba sebagai kontak pertama Eropa dan maasa kolonial, tapi melainkan juga ke masa sebelumnya dan juga kemunculan awal kristen sebagai agama non pribumi yang dominan jumlah penganutnya.

Sumber :
 https://id.wikipedia.org/wiki/Islam_di_Australia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar