Skip to main content

Ciri Khas Masakan Daerah Pulau Jawa

Indonesia memang dikenal sebagai Negara yang memiliki keragaman budaya, kuliner dan juga berbagai hal lainnya. Ya, jangankan di seluruh Indonesia, kalau mengenai masalah kuliner, di pulau Jawa aja udah memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Di beberapa kota di Jawa, setiap masakannya cenderung manis dan gurih. Tapi, di kota maupun di kabupaten lainnya tentu akan ditemukan masakan yang asin, gurih dan sekaligus manis. Nah jika anda adalah seorang penggemar kuliner dari berbagai daerah, maka anda sudah pasti bisa membedakan apa yang menjadi ciri khas masakan dari masing-masing daerah di Indonesia khususnya di Jawa.

Ciri Khas Masakan Daerah Pulau Jawa

1. Masakan dari Jawa Barat

Pertama mulai dari masakan khas jawa barat. Masakan dari jawa barat biasanya dikenal selalu dilengkapi dengan lalapan segar. Masakan seperti ini juga sering sekali menggunakan bumbu dasar putih dan kuning. Serta rempah yang tidak pernah ketinggalan adalah batang serai, daun salam dan lengkuas. Agar masakan dari daerah jawa barat memiliki rasa yang nikmat dan aromanya menggugah selera, masakannya biasanya dimasak dengan cara dikepul, dipanggang atau dikukus dengan dibungkus daun pisang. Berikut adalah ciri khas masakan jawa barat:
  • Banyak menggunakan sayura-sayuran mentah misal seperti karedok ataupun hanya sekedar lalapan yang disantap bersama sambal.
  • Rasa sedikit pedas dan asam.
  • Masakan dominan dibuat dari ikan.
  • Contoh dari masakan khas jawa barat adalah pepes ikan dan karedok.

2. Masakan Jawa Tengah

Ciri masakan khas jawa tengah ini banyak sekali yang terpengaruh dari nenek moyang di kerajaan kuno Yogyakarta dan Surakarta yang mana memiliki ciri khas manis dan kurang pedas. Ciri khas masakan jawa tengah lainnya yaitu banyak menggunakan bumbu bawang putih, sedikit menggunakan gula merah rempah dan santan. Sehingga menjadikan masakan dari daerah ini memiliki rasa yang khas dan juga sangat cocok untuk semua lidah apalagi yang tidak suka dengan rasa pedas. Berikut adalah ciri khas masakan jawa tengah secara detail:
  • Bawang putih sangat sering menjadi bumbu dominan.
  • Masakan banyak yang ditemukan bersantan.
  • Rasa masakan lebih disukai manis daripada rasa lain.
  • Contoh masakan dari jawa tengah adalah gudeg jogja. 

3. Masakan Jawa Timur

Yang terakhir adalah masakan khas jawa timur. Umumnya sih masakan jawa timur dan khusus di kota surabaya dan sekitarnya yaitu memiliki rasa cukup asin dan pedas. Bahan petis dan terasi sangat sering digunakan sebagai pemberi rasa pada setiap masakan jawa timur. Masakan dari daerah ini umumnya dimasak hingga benar-benar matang dengan cara dikukus, di bakar maupunn dipepes. Berikut ini ciri khas masakan jawa timur secara detail:
  • Masakan banyak menggunakan petis dan terasi sebagai pemberi rasa pada masakan.
  • Rasa agak pedas.
  • Kebanyakan masakan banyak yang dimatangkan dengan cara direbus, digoreng, di bakar dan juga di pepes. 
  • Contoh masakan jawa timur adalah rujak cingur. 
Artikel terkait :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar