Skip to main content

Apa Itu Black Friday, Kapan Berlangsungnya, dan Apa Manfaatnya

Apa itu black friday ?. Kalau di Indonesia itu ada Harbolnas ( Hari Belanja Online Nasional ) yang biasanya puncaknya jatuh pada tanggal 12.12 ( 12 Desember ). Di luar negeripun juga ada hari belanja dimana merchant dan juga toko online hampir rata-rata memberikan diskon besar-besaran yang dinamakan sebagai Black Friday.

Seiring dengan semakin dekatnya dengan momen black friday 2019, berita mengenai black friday memang semakin berterbaran di situs website maupun di toko online luar.

Apa Itu Black Friday, Kapan Berlangsungnya, dan Apa Manfaatnya
Black friday. Gambar: winpoin

Apa Itu Black Friday?

Bagi Anda yang belum tahu apa itu black firday. Black Friday adalah hari setelah hari Thanksgiving di US. Thanksgiving sendiri jatuh pada hari kamis di minggu ke-empat pada bulan November setiap tahunnya. Jadi untuk tahun 2019 sekarang ini, Thanksgiving jatuh pada tanggal, 28 November 2019 waktu setempat.

Kapan Black Friday Berlangsung?

Sesuai yang sudah dijelaskan di atas, Black Friday terjadi satu hari setelah Thanksgiving, yaitu setiap hari jumat di minggu ke-empat pada bulan November setiap tahunnya. Dan di tahun 2019 ini berarti Black Friday akan berlangsung pada hari jumat , 29 November 2019.

Apa Manfaat Black Friday untuk Kita?

Bagi kita yang berada di Indonesia, dengan adanya momen black friday bisa dimanfaatkan untuk berbelanja dari toko-toko online luar negeri dengan harga yang sangat miring. Meskipun Black Friday ini berasal dari US. Tapi, mayoritas toko online yang ada diluar dan berasal dari berbagai negara berturut untuk memberikan diskon besar-besaran di momen Black Fridaya ini. Perlu diketahui juga untuk diskon ini tidak hanya berlaku pada barang saja, namun pada sebuah applikasi dan berbagai layanan online juga sangat sering mendapatkan diskon pada hari Black Friday ini.

Jadi Anda semua bisa memanfaatkan momen Black Fridaya ini sebaik mungkin. Karena bisa sangat menguntungkan, apalagi jika untuk Anda seorang blogger jadi bisa memanfaatkan Black Fridaya untuk membeli domain maupun hosting dengan diskon yang sangat besar.

Apa Perbedaan Black Friday dengan Harbolnas

Jika dilihat dari sisi konsumennya sebenarnya keduanya tersebut sama saja. Yaitu momen dimana kita semua bisa menndapatkan barang atau applikasi dan layanan dengan harga yang tentunya lebih murah dari harga normalnya. Ada juga perbedaan dari kedua ini, jika Black Friday ini banyak dilakukan oleh merchant dan juga toko-toko online luar negeri, sedangkan Harbolnas ini banyak dilakukan oleh toko online lokal yang ada di Indonesia. 

Yang mana dari kedua momen tersebut bisa dimanfaatkan untuk bisa membeli produk, applikasi/software premium dan juga layanan yang Anda incar. 

Ada satu hal penting yang harus diperhatikan juga, yaitu selalu selektif dan melakukan perbandingan harga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli barang. Kenpa hal ini harus diperhatikan? Karena ini untuk menghindari diskon abal-abalan, dimana sipenjual biasanya melakukan markup harga sebelum diskon sehingga untuk harga produk sesudah diskon itu sering sama saja atau bahkan bisa lebih mahal daripada harga aslinya. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar