Skip to main content

8+ Tips Membeli Domain dan Hosting untuk Website Anda

Bagi seseorang pemula yang sedang lagi mulai belajar membuat sebuah website, pastinya sering sekali mengalami kendala atau kebingungan tentang langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan setelah membeli domain dan juga hosting.

8+ Tips Membeli Domain dan Hosting untuk Website Anda

Sebelum melangkah lebih jauh tentang langkah-langkah apa saja yang diperlukan setelah membeli domain dan hosting, alangkah lebih baiknya anda menyimak tips membeli domain dan hosting yang akan kami ulas di bawah ini dengan jelas dan terinci.

Kebutuhan Hosting

Kebutuhan hosting adalah menjadi utama, dan seperti apa sih kebutuhan hosting yang akan kita perlukan, dengan hal ini akan sangat menentukan besaran space hosting yang akan kita ambil hal lainnya seperti lokai server, dan juga support hosting yang perlu anda pertimbangkan. Pabila sebuah website anda baru, maka untuk kapasitas atau space hosting yang diperlukan tidaklah sebesar seperti website lama atau existing website.

Kalau saya sendiri masalah domain memakai penyedia layanan domain dan hosting Niagahoster. Niagahoster ini menjadi penyedia layanan web hosting murah dengan kualitas terbaik dan juga gratis domain serta SLL gratis.

Jenis Website

Sebagai salah satu contoh, jika anda ingin membuat toko online, maka akan sedikit berbeda ketika anda akan membuat sebuah website profil pribadi atau personal. Hal ini dikarenakan kalau membuat toko online dibutuhkan sebuah space atau kapasitas yang lebih besar untuk menampung gambar produk yang jumlahnya banyak. Jadi, pastikan terlebih dahulu jenis website apa yang mau anda buat dan sesuaikan juga dengan space hosting yang akan anda pilih, dan jangan sampai salah melangkah.

Lokasi Server

Siapakah target market anda? dan apakah pengunjung lokal atau luar negeri? Hal ini cukup penting untuk anda ketahui, untuk lokasi server yang di tawarkan oleh penyedia hosting sangatlah beragam, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Hosting USA = lokasi server di USA
  • Hosting EU = lokasi server di Eropa
  • Hosting SG = lokasi server di Singapore
  • Hosting EU = lokasi server di Eropa
  • Hosting IIX = lokasi server di Indonesia
Baca juga : Cara cepat naikan visitor

Idealnya itu kalau semakin dekat lokasi server dengan pengunjung atau pembaca website anda, maka kecepatan untuk meload atau memuat website anda akan lebih cepat untuk pihak pengunjung website anda. Meskipun begitu, kalau masalah kecepatan server tidak hanya dipengaruhi oleh suatu lokasi juga ada faktor lainnya misal seperti spesifikasi hadware server. Maka dari itu perhatikan juga spesifikasi server yang ditawarkan oleh layanan penyedia web hosting.

Memilih Ekstensi Nama Domain yang Populer

Jika akan ingin memilih nama domain, maka untuk mengusahakan mencari yang ber-ekstensi domain yang populer seperti .com, .net, web.id, .id dan juga .co.id. Karena secara logika orang akan lebih cenderung untuk mengetikan kata kunci dengan ekstensi .com ketika saat menuliskan sebauh alamat website. Karena ekstensi itulah yang paling populer di dunia dari dulu sampai saat ini. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar