Skip to main content

Lengkap!! 20+ Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

masmalik.com - Ibu hamil sangatlah rentah terhadap kondisi kurang darah, maka dari itu, sang ibu hamil diharuskan untuk selalu memperhatikan makanan dan juga minuman yang akan ia konsumsi. Khususnya adalah jenis makanan sehat seperti sayuran dan juga buah-buahan yang mana mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Daripada mengkonsumsi obat tetentu, maka lebih baik untuk mengkonsumsi sayuran sebagai penambah darah bagi wanita yang sedang hamil.

Kurang darah ini sangat kerap disebut dengan "anemia". Hal ini dimana kondisi jumlah pada sel darah merah ( Hemoglobin ) berada di bawah titik normal. Karena terjadi kekurangan sel darah merah, maka akan bisa mengakibatkan tubuh menjadi cepat lemah dan juga pusing. Tentunya hal ini akan menjadi sangat bahaya jika terjadi pada masa kehamilan bagi wanita.

Lengkap!! 20+ Sayuran Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Khusus ibu hamil yang sedang hamil 3 bulan, maka akan kebutuhan zat besi mulai meningkat. Mka dari itu, untuk ibu hamil sangat perlu meningkatkan kebutuhan suplai makanan terutaman akan makanan dengan zat besi sebagai bahan baku untuk menghasilkan hemoglobin.

Untuk menhindari dampak buruk dari kekurangan darah atau anemia pada ibu hamil, maka disini kami hadir untuk membagikan daftar sayuran penambah darah yang cukup efektif dan bagus untuk kesehatan.

20 Sayuran penambah Darah untuk Ibu Hamil

Brokoli

Brokololi adalah sayuran hijau yang memiliki banyak sekali manfaat bagus untuk menambah darah. Di dalam brokoli terdapat kandungan zat besi dan juga asam folat yang sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu juga, terdapat vitamin C yang mana akan membantu dalam proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Bayam

Banyam juga jenis sayuran yang terkanal dan sangat umum bagi kebanyakan ibu-ibu. Bayam ini sangat cocok untuk dikonsumsi dan diolah menjadi aneka makanan lezat. Didalam sayur bayam terdapat banyak sekali serat, kalsium, protein nabati dan juga sampai dengan vitamin A dan E. Maka dengan hal semua ini, akan sangat efektif dalam membantu proses pembentukan hemoglogen atau sel darah merah. Selain itu juga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi ibu hamil untuk menangkal terjadinya kodisi kurang darah.

Kentang

Kentang mengandung banyak sekali karbohidrat. Kentang juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Jadi tidak ada salahnya untuk menambahkan kentang ke dalam menu makanan anda untuk menambah darah. Agar lebih merasakan khasiat dari kentng maka lebih baiknya untuk mengolah kentang dengan cara direbus atau dikukus, dengan hal ini akan membuat lebih sehat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini menjadi salah satu makanan penambah darah yang baik. Selain itu, terdapat juga unsur protein nabati yang tinggi. Dan beberapa jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan adalah kacang merah, buncis, kacang polong, lentil, dan juga kacang hijau.

Ubi

Ubi ini mengandung banyak sekali nutrisi dan juga vitamin khususnya zat besi yang sangatlah bagus untuk memenuhi kadar darah dalam tubuh. Selain itu juga anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari ubi, karena ubi ini bisa menambah aupan oksigen kedalam darah dengan baik. Untuk pengkonsumsiannya juga cenderung lebih aman bahkan bisa untuk dimakan sebagai pengganti nasi.

Biji Labu

Biji labu biasanya sering dijadikan sebagai cemilan di negara kita ini. Ternyata dari biji labu ini bisa memperoleh banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu dalam memenuhi asupan zat besi, omega 3, seng dan  vitamin C.

Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang mana kya akan vitamin A dan sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel juga baik untuk melancarkan dan sirkulasi daarah dan juga mengatasi dengan baik adanya tekanan darah rendah. Jika ingin manfaat sepenuhnya, anda bisa menambahkan beberapa sendok madu dan diminum pada pagi hari secara rutin.

Daun Bazil

Daun bazil ini memiliki manfaat atau khasiat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Anda hanya perlu mengolah daun ini menjadi sebuah jus dengan menambahkan beberapa komposisi sehat lainnya seperti madu. Baik untuk diminum pagi hari ketika perut sang ibu hamil belom terisi.

Bawang Putih

Selain dijadikan sebuah bumbu dapur, ternyata bawang putih memiliki manfaat dalam melancarkan peredaran darah. Anda bisa mengkonsumsi bawang ini dalam sehari 2 siung baik dimakan bersama nasi atau tidak.

Ginseng

Ginseng adalah tanaman yang berasal dari negeri Korea. Tanaman ginseng ini sudah sejak lama dipercaya memiliki banyak khasit. Ginseng ini sudah terbukti bisa mengatasi tekanan darah rendah dan juga sudah terbukti bisa menstabilkan tekanan darah anda. Untuk mengkonsumsi ginseng, anda bisa mendapatkan ginseng ini dalam bentuk suplemen yang aman untuk anda serta bayi dalam kandungan.

Daun kemangi

Daun kemangi ini sering sekali di sajikan dalam berbagai makanan. Daun kemangi ternyata memiliki kandungan yang penting dalam menormalkan tekanan darah anda. Di dalam daun kemangi terdapat Pottasium, magnasium, vitamin C dan juga vitamin B 5 yang sangat baik untuk kelangsungan asupan darah anda.

Tomat

Tomat mengandung zat besi setidaknya ada 2 mg/100 gram. Selain itu, tomat juga terdapat kandungan vitamin C yang memiliki antioksidan baik bagi kulit, mencegah sel kanker dan lain sebagainya.

Kubis

Sayuran kubis memiliki banyak sekali jenisnya, mulai dari kubis putih, kubis ungu, dan juga kubis hijau. Kubis memiliki kandungan yang bagus melipu dari asam folat yang tinggi sekitaran 43mcg/100 gram. Selain itu, kubis juga memiliki manfaat dalam mencegah bertumbuhnya sel kanker.

Kacang Merah

Kacang merah memiliki kandungan antioksidan dan menjadi salah satu jenis makanan yang sangat cocok untuk anda konsumsi. Kacang merah juga memiliki kandungan zat besi yang mencukupi sekitar 2.3 mg/75 gram. Ibu hamil bisa mengkreasikan kacang merah ini dengan jenis makanan lainnya sebagai bahan masakan aatau sebagai tambahan saja.

Kedelai

Kedelai ini sangat banyak diolah menjadi makanan dan minuman dengan memiliki sejuta manfaat. Salah satunya adalah tempe, tahu dan juga susu kedelai. Mungkin ini adalah jenis makanan sehari-hari yang sering di dengar dan dikonsumsi. Makanan yang terbuat dari bahan baku kedelai ini sudah terbukti mampu untuk mengatasi anemia pada masa kehamilan bagi seorang wanita.

Labu

Labu ini terkenal akan serat yang tinggi. Bukan hanya itu saja, didalam labu juga terdapat kandungan yang bisa menambah darah untuk ibu hamil. Dan yang menariknya lagi adalah memiliki kandungan zat besi sebanyak 1.4 mg/100 gram-nya. Selain itu, labu ini juga dapat diolah menjadi berbagai aneka makanan enak baik sebagai sayuran maupun makanan manis seperti kolak labu dan lainnya.

Baca juga : 

Itulah ulasan tentang daftar sayuran penambah darah untuk ibu hamil yang terbukti ampuh. Selain memiliki manfaat untuk penambah darah, tentunya juga memiliki banyak lagi manfaat dari jenis sayur-sayuran di atas. Jadi mulailah untuk mencoba berbagai sayuran yang mungkin anda sukai untuk dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk melengkapi kebutuhan makanan dengan jenis makanan dan juga minuman yang sehat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar