Skip to main content

Perbedaan AM dan PM Terlengkap Beserta Keterangannya

Perbedaan AM dan PM Terlengkap Beserta Keterangannya

Perbedaan AM dan PM - Apa sih perbedaan AM dan PM? Mungkin dari sekian banyak orang masih ada yang bingung mengenai perbedaan AM dan Pm. Tapi mungkin bagi beberapa orang untuk membedakan AM dan Pm bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, bagi sebagian orang, perbedaan AM dan PM ini kurang terlihat secara jelas. Nah bagi Anda yang masih bingun mengenai perbedaan antara AM dan PM, maka simaklah ulasan berikut ini sampai selesai. Disini kami akan memberikan penjelasan mengenai perbedaan yang mana bisa Anda lihat dan perhatikan pada AM dan PM. Berikut ini penjelasan perbedaan yang bisa Anda ketahui mengenai AM dan PM.

Perbedaan AM dan PM Terlengkap Beserta Keterangannya

PM dan AM adalah penulisan waktu atau jam dalam bahasa inggris. Penulisan waktu sendiri sebenarnya sangat sederhana, misal seperti keterangan siang adan malam yang ada di dalam bahasa Indonesia. Misal contoh seperti ini, jika dalam bahasa Indonesia ; Kita menyebutkan jam 2, maka orang akan bertanya apakah jam 2 siang atau jam 2 malam?. Begitu juga dengan jam-jam lainnya, karena dasarnya jumlah jam itu adalah 12 jam, sedangkan dalam sehari semalam itu totalnya adalah 24 jam. Kalau dalam bahasa Inggris, AM dan Pm itu digunakan untuk membedakan apakah siang atau malam. Untuk lebih mempermudah dalam mengingat perbedaan AM dan PM, maka simak uraian berikut ini:

AM

Perlu diketahui kepanjangan dari AM sendiri adalah Ante Meridiem yang memiliki arti before noon atau kalau dalam bahasa Indonesia yaitu sebelum tengah hari. Jadi mulai dari jam 12 malam, masih dapat menggunakan AM sampai dengan jam 11 siang atau sebelum jam 12 siang. Sedangkan kalau sudah jam menunjukan ke angka 12 siang, maka Anda tidak boleh menggunakan AM lagi karena sudah memasuki tengah hari.

PM

Sedangkan kepanjangan dari PM sendiri adalah Post Meridiem yang memiliki arti after noon, atau kalau dalam bahasa Indonesia adalah setelah tengah hari. Jika setelah jam 12 siang, maka Anda bisa menggunakan PM untuk keterangan waktu atau jam yang digunakan. Keterangan waktu jam 12 siang yang benar adalah PM, bukanlah AM. Jika ada seseoarang atau Anda sendiri menuliskan jam 12 AM, maka artinya adalah jam 12 dini hari atau malam bukan jam 12 siang. Jadi intinya jam 12 itu sendiri adalah sebagai pembatas antara AM dan PM, baik itu jam 12 malam atau jam 12 siang hari.

Contoh

  • 07.00 a.m = Pukul 7 pagi
  • 05.00 p.m. = Pukul 5 sore
  • 11.00 a.m. = Pukul 11 pagi
  • 02.00 p.m. = Pukul 2 siang
  • 04.00 p.m = Pukul 4 sore
  • 07.00 p.m. = Pukul 7 malam
  • 09.00 p.m. = Pukul 9 malam
  • 06.00 a.m. = Pukul 6 pagi
  • 09.00 p.m = Pukul 9 malam
  • 10.00 a.m = Pukul 10 pagi
Nah kenapa jam 12 siang di tuliskan 12 PM bukan AM? Jadi Anda sudah bisa menjawabnya dan sudah bisa mengetahui dari keterangan di atas tersebut. Intinya kaya gini, AM itu keterangan dari before noon, sedangkan kalau di Inggris sendiri jam 12 berarti menunjukan hari sudah siang. Jadi, mau jam berapapun asalkan sudah melebihi jam 12 malam dan sebelum jam 12 siang akan menggunakan keterangan AM. Begitu juga sebaliknya ya, mau itu jam berapapun selama melebihi jam 12 siang dan sebelum jam 12 malam maka masih menggunakan keterangan waktu atau jam AM.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar