Skip to main content

Pengertian Bandwith: Fungsi serta Cara Kerjanya

Pengertian Bandwith - Di jaman era digital ini penggunaan Internet semain hari semakin banyak dan terus meningkat para penggunanya. Apakah Anda sudah tahu kalau dalam dunia Internet ada beberapa istilah? Contoh salah satunya adalah Bandwith, dan apakah Anda semua sudah tahu apa itu Bandwith? Kalau belum tahu maka Anda sangat beruntung mampir ke artikel ini, karena disini kami akan membahas dengan jelas pengertian bandwith, fungsi bandwith serta cara kerja sebuah bandwith.

Pengertian Bandwith: Fungsi serta Cara Kerjanya

Bandwith adalah suatu istilah yang digunakan untuk menunjukan pengaruh terhadap kecepatan Internet. Mungkin bagi Anda semua yang sudah sering berkecimpung dalam dunia jaringa, sudah tidak akan asing lagi dengan istilah bandwith ini. Tapi untuk orang yang masih awam dan belum tahu mengenai bandwith ini ternnyata masih banyak. Mereka yang masih awam tentunya belum tahu apa itu pengertian bandwith dan bagaimana cara kerja sebuah bandwith tersebut.

Bandwith ini pada umunya berkaitan dengan besarnya volume informasi persatuan unit waktu yang bisa digunakan oleh sebagian media transmisi. Untuk besarnya bandwith ini akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan akses yang akan diberikan. Jika dengan adanya bandwith yang besar, maka kemampuan dalam transmisi data akan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan bandwith yang berukuran kecil atau memiliki volume kecil.

Umumnya bandwith ini memiliki satuan bps ( bit per second ). Misal contohnya disini saya memiliki 120Mbps, maka kecepatan yang akan diperoleh untuk transfer data sebesar 120 Mega bit per second atau per detik. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bandwith, berikut ini ada pembahasan tentng pengertian bandwith, fungsi serta cara kerja sebuah bandwith.

Pengertian Bandwith

Bandwith merupakan istilah yang menuju pada suatu nilai konsumsi dalam melakukan transfer data yang biasa terjadi antara perangkat server dan juga client dalam waktu tertentu. Kalau dalam dunia jaringan, bandwith ini sangat sering dikaitkan dengan data transfer rate yang artinya adalah jumlah data yang dibawa dari satu titik ke titik yang lain. Bisa juga dilogika seperti ini: Bandwith diibaratkan sebagai jalan raya, dan kendaraan yang ada di jalan raya tersebut adalah data yang sedang berjalan dari server ke client. Apabila ukuran jalan rayanya lebih besar atau lebih luas, maka akan memuat banyak kendaraan dan situasi jalanpun akan lebih terasa nyaman, begitu juga sama halnya dengan bandwith, jika semakin besar bandwith atau volume yang diberikan, maka akan semakin besar juga transmisi data yang akan terjadi pada jaringan tersebut. Jadi intinya kalau memiliki bandwith besar maka kecepatan internet itu akan lebih kenceng atau cepat.

Fungsi Bandwith

Jika sudah mengetahi pengertian bandwith, maka langkah selanjutnya kita harus mengetahui juga fungsi bandwith. Fungsi utama dari bandwith ini adalah media transfer data yang hampir berlaku disemua jaringan komputer. Disini ada beberapa fungsi bandwith diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Media Transfer Data : Bandwith sebagai media transfer data yang hampir berlaku disemua jaringan komuter. Misal contoh seperti ini, disini Anda akan membangun sebuah jaringan LAN dan Anda pastinya akan membutuhkan yang namany kabel fisik yang akan menghubungkan antara koneksi LAN dengan perangkat komputer yang nantinya akan digunakan. Nah pada kabel LAN tersebutlah terdapat sebuah jalur yang memungkinkan terjadinya pengiriman data ataupun penerimaan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Misal mengambil dari komputer server, dan komputer server tersebut akan mengirimnya ke komputer lain yang tidak memiliki akses Internet atau ke komputer client.
  2. Pembatas Kecepatan Data : Fungsi bandwith yang kedua adalah sebagai pembatas kecepatan data. Hal yang kaya gini biasanya digunakan atau diterapkan oleh admin jaringan dalam mengelola sebuah jaringa. Ini sangatlah penting karena untuk menghindari sebuah kecurangan dalam penggunaanya. Misal seperti ini, Anda sedang medownload sebuah vidio atau sedang menonton vidio secara live atau setreaming vidio dengan resolusi HD. Maka kegitan diatas adalah salah satu yang bisa mengakibatkan dan akan menghabiskan bandwith dalam jumlah yang cukup banyak. Contoh lagi seperti ini, apabila ada seseorang yang sedang menghabiskan bandwith dengan mendownload atau streaming vidio, maka akan berdampak terhadap pengguna lainnya yang akan menjadi lambat. Maka fungsi yang satu ini dilakukan agar setiap pengguna jaringan yang terhubung dapat menikmati dengan cara yang imbang. Misal contoh saya memberikan bandwith per client sebesar 10Mbps, maka kalau clinet si A sedang mendownload bahakan sedang streaming vidio, maka client B tidak akan merasa terganggu atau melambat kecepatannya dan akan selalu imbang semua.
Cara Kerja Bandwith

Bandwith menjadi salah satu komponent yang sangat penting dalam sebuah jaringan, yang mana semua aktivitas pengiriman dan penerimaan sebuah data akan membutuhkan bandwith di dalamnya. Untuk masalah cara kerja bandwith tidaklah jauh berbeda dengan 2 fungsi yang ada diatas. Tapi perlu diketahu bahwa bandwith disini itu bukanlah salah satunya faktor kinerja dalam suatu jaringan, karena masih ada banyak lagi faktor lainnya yang sangat berpengaruh misal seperti packet loss, latency, dan lain sebagainya.

Pada saat terhubung dalam sebuah jaringan pastinya akan ada batasan volume yang diberikan. Maka dari itu perlu dilakukan penghematan dalam penggunaan bandwith dengan tujuan kapasitas data yang akan di akses bisa menjadi lebih banyak. Sebab kalau jumlah bandwith yang disediakan semakin besar, maka akan semakin besar juga jumlah kapasitas data yang bisa digunakan untuk transfer data.

Mungkin sampai disini Anda semua sudah memahami apa itu pengertian bandwith, fungsi bandwith dan juga cara kerja sebuha bandwith pada jaringan komputer. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan memberikan manfaat banyak untuk Anda semua yang lagi sedang mencari informasi pengertian bandwith serta fungsi dan juga cara kerjanya.

Itulah ulasan tentang pengertian bandwith: fungsi serta cara kerjanya yang kami berikan untuk Anda semua. Semoga menjadi sebuah manfaat dan bisa untuk menambah ilmu pengetahuan dalam dunia jaringan.

Baca juga :
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar