Skip to main content

Kurang Tidur Pada Anak Bisa Beresiko Obesitas Saat Dewasa

Kurang Tidur Pada Anak Bisa Beresiko Obesitas Saat Dewasa | Jika kita kurang tidur tentunya akan ada banyak sekali efeknya. Itu semua juga yang akan terjadi pada anak-anak yang kurang tidur. Anak-anak pada umumnya membutuhkan tidur yang lebih banyak dan lama. Jika kurang tidur, tentunya akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan si anak-anak.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kalau kurang tidur pada sang anak-anak bisa meningkatkan risiko obesistas saat mereka nanti tumbuh dewasa. Penelitian yang diterbitkan dalam sebuah Journal of Pediatrics, menganalisa data dari 977 anak-anak yang dilihat perkembangannya sejak sebelum sekolah hingga usia remaja (4,5 tahun-15 tahun).

Kurang Tidur Pada Anak Bisa Beresiko Obesitas Saat Dewasa

Setelah kita membandingkan kebiasaan dan waktu tidur mereka, bahwa peneliti menemukan 10% anak-anak yang tidurnya dari awal jam 8 malam atau lebih selama usia balita memiliki tubuh standart, sedangkan 23%  pada mereka yang tidur di atas jam 9 malam memiliki tubuh obesistas saat mereka nanti remaja.

Baca juga : cara menjaga kesehatan tubuh anak-anak

Bukti ini juga sudah cukup untuk menjelaskan bahwa tidur yang cukup sangat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh dan kesehatan tubuh secara umum. Tapi berapa banyak sih aktu yang dibutuhkan pada setiap anak-anak untuk tidur tiap malamnya? The American Academy of Sleep Medicine telah mengeluarkan pedoman untuk para orang tua berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan oleh anak-anak sesuai umurnya, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Bayi yang usia 4-12 bulan harus tidur 12-16 jam
  • Anak-anak yang memiliki usia 1-2 tahun harus tidur 11-14 jam
  • Anak-anak yang memiliki usia 3-5 tahun harus tidur 10-13 jam
  • Anak-anak yang berusia 6-12 tahun harus tidur 9-12 jam
  • Anak remaja yang sudah berusia 13-18 tahun harus tidur 8-10 jam
Harriet Hiscock, professor Murdoch Childrens Research Institute di Australia telah mengatakan secara umum, bayi itu harus sudah tidur dari jam 7 malam, dan anak balita tidur mulai dari jam 7:30 malam, untuk anak-anak kecil tidur mulai dari ajm 8 malam, sedangkan untuk anak remaja awal tidur mulai dari jam 8:30 malam. 

Jadi sekarang bagi para orang tua khususnya bunda yang memiliki anak sudah tahu kan berapa lama anak-anak yang baik utnuk tidur. Selain menjaga tubuh anak-anak dari obesistas, dengan tidur yang cukup juga akan membantu menjaga otak anak tetap sehat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar