Skip to main content

Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Para Pemula

Bisnis makanan ringan adalah sebuah bisnis beskala rumah tangga yang mana memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan dari pasar untuk sebuah makanan ringan terus mengalir. Kalau kita lihat penikmat makanan ringan, bukan hanya dari anak-anak saja, tapi juga remaja, orang dewasa bahkan hingga orang tua. Maka ini tidak mengherankan kalau para pelaku bisnis makanan pada saat melakukan kegiatan ini sering sekali kebanjiran pelanggan.

Apalagi kalau kita lihat dari beragam jenis makanan ringan di Indonesia, mulai dari gorengan, keripik batagor dan lain sebagainya dengan berbagai variasi harga. Jadi membuat peluang bisnis makanan ringan ini semakin terbuka lebar untuk Anda yang baru ingin memulai bisnis makanan ringan ini.

Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Para Pemula

Bagi Anda semua yang tertarik untuk memanfaatkan peluang usaha dibidang kuliner makanan ringan, alangkah baiknya buatlah persiapan yang matang sebelum memulai bisnis ini. Selain itu, Anda juga harus melakukan beberapa riset serta analisa pasar untuk mengetahui makanan ringan apa yang memiliki permintaan pasar tinggi tapi produsennya terbatas.

Kunci Sukses Dalam Bisnis Makanan Ringan

Dalam bisnis makanan ringan ini memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Biasanya kebanyakan dari pengusaha sukses makanan ringan adalah pengusaha yang sudah lama berjualan dan sudah memiliki pelanggan tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dipasarkan sangat berinovatif serta rasa makanan enak, karena kunci utaman bagi para pemula bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Ada banyak sekali hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang pemula dalam dunia bisnis makanan ringan diantaranya adalah:

Memiliki Kualitas Bagus

Makanan ringan yang nantinya akan dijual haruslah memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, dari segi pengolahan maupun dari segi pengemasan. Untuk bahan yang digunakan haruslah yang higienis serta tidak mengandung zat yang berbahaya. Selain itu cara pengolahannya juga harus sesuai dengan aturan, misal Anda menggoreng camilan dengan menggunakan minyak goreng yang berkualitas dan jangan lupa untuk menggantinya secara berkala. Yan terakhir adalah tinggal mengemas makanan ringan dengan menggunakan kemasan yang baik serta menarik.

Penuh Inovasi

Pengusaha bisnis makanan ringan yang berhasil adalah pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda dan menarik para para konsumen, sehingga produk tersebut akan mudah untuk dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak masalah kalau produk yang dijual sudah ada dipasaran, asalkan produk yang dijual tu berbeda secara inovasi dengan produk-produk yang sudah beredar.

Strategi Penjualan

Dengan memiliki strategi penjualan yang bagus, maka akan mempengaruhi perkembangan usaha makanan ringan Anda kedepannya, karena sebagai pemula dalam bisnis makanan ringan Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat dan mampun membaca pasar untuk meningkatkan penjualan nantinya. Contoh seperti memberi diskon, menambahkan bobot makanan, atau dengan cara lainnya yang bisa menarik para konsumen.


Contoh Ide Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil

Berbagai jenis makanan ringan baik itu tradisional maupun modern banyak sekali dijajankan setiap hari di pinggiran jalan, taman, pasar, supermarke serta tempat lainnya. Jenis bisnis ini adalah bisnis yang fleksibel kalau dilihat dari segi modal, karena modal yang dibutuhkan akan sesuai dengan jenis produk yang dijual. Jika Anda ingin memulai usaha makanan, tapi masih bingung mau bisnis makanan ringan apa, maka disini kami hadir untuk mengulas secara tuntas ide usaha makanan ringan yang bisa dijalankan dengan modal kecil tapi memiliki keuntungan yang besar. 

1. Aneka minuman dingin

Minuman dingin adalah jenis minuman yang sangat banyak disukai oleh kabanyakan orang, seperti ice cream, puding, es susu dan masih banyak lagi jenis minuman dingin lainnya. Usaha ini sangatlah cocok dilakukan pada siang hari, apalagi di daerah yang panas, di sekitar taman ataupun disepanjang jalan. Konsumen dari minuman dingin ini membidik bagi semua kalangan dan semua umur, mulai dari anak kecil, hingga orang tua, baik itu dari seoarang laki-laki dan juga perempuan. Sehingga membuat bisnis ini memiliki prospek yang sangat bagus.

2. Aneka Jus

aneka jus

Bisnis yang satu ini tidaklah harus memiliki ketrampilan khusus. Karena membuat jus ini sangat mudah, bahkan untuk variasinya sudah banyak sekali terdapat di Internet. Apabila Anda ingin membuka usaha yang satu ini, maka pelu menentukan waktu yang efektif yaitu kisaran siang hingga sore hari.

3. Usaha Kedai Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, yang mana telah berkembang pesat, sehingga menjadikan banyak sekali jenis minuman kopi, misal contohnya seperti kopi luwak yang mana sudah sangat terkenal akan rasa enaknya dan juga memiliki cita rasa khas tersendiri. Untuk memulai usaha ini membutuhkan modal yang cukup kecil, tapi tergantung dari besar kecilnya usaha contoh seperti angkringan, warung kopi bahkan cafe. Misal contoh seperti usaha angkringan, bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, tapi memiliki prospek yang sangat bagus.

4. Usaha Roti Bakar

Bisnis makanan ringan selanjutnya adalah roti bakar. Untuk saat ini sudah banyak dari orang yang menggeluti bisnis roti bakar ini. Bisnis yang satu ini juga bisa dijalankan dengan modal yang cukup kecil, untuk lokasi penjualan roti bakar bisa di pinggir jalan, kedai, taman dan tempat-tempat keramaian lainnya.

5. Usaha Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan ringan yang tidak akan ada matinya dan akan selalu diminati oleh banyak orang.  Ada banyak sekali jenis gorengan yang biasa dijual diantaranya adalah tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, risoles, cireng, molen goreng dan masih banyak lagi jenis gorengan lainnya.


6. Aneka Kripik

Bisnis yang satu ini sekarang ini cukup lumayan menjanjikan, kalau dilihat sekarang banyak sekali peminat kripik tapi tidak banyak penyedia atau produsen dari jenis makanan ringan ini. Nah ini menjadi kesempatan untuk Anda untuk membuka bisnis makanan kripik diantaranya seperti kripik singkong, kripik pisang aneka rasa, kripik kentang balado, dan jenis kripil lainnya.

7. Usaha Singkong Keju

Untuk jenis usaha yang satu ini masih jarang yang menjalankannya, tapi bukan berarti peminat dari makanan ini sedikit. Pelanggan singkong keju lumayan banyak dan bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan, karena memiliki bahan pembuatan yang simple dan juga proses pembuatannya cukup mudah serta sederhana. Untuk menarik daya pelanggan, Anda bisa menciptakan berabgai inovasi dengan berbagai variasi rasa seperti singkong keju pedas, singkong keju cokelat dan lain sebagainnya.

Itu dia ulasan tentang ide bisnis makanan ringan untuk para pemula yang ingin memulai bergelut dalam bidang bisnis makanan ringan. Janganlah takut untuk mencoba, karena apapun bisnis yng Anda pilih pasti akan selalu ada tantangan saat memulainnya, jadi janganlah takut untuk mencobanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar