Skip to main content

10+ Cara merawat Komputer agar Awet dengan Baik dan Benar

Cara merawat Komputer - Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak kegunaan atau fungsi dan kelebihan dibandingkan dengan perangkat elektronik jenis lainnya. Tapi bagaimana dong kalau komputer yang Anda miliki tiba-tiba lemot, bermasalah ataupun mengalami error, tentunya akan menjengkelkan sekali kan? komputer ini sebenarnya harus memerlukan perawatan dengan cara yang baik dan benar supaya awet dan tidak terjadi masalah dikemudian hari. Lalu bagaimana cara merat komputer dengan baik dan benar?

Penggunaan sebuah komputer untuk mengolah dan menyimpan data memanglah sangat bisa untuk diandalkan. Apalagi memiliki kapasitas dan ketahanananya lebih baik daripada laptop atau notebook. Meski demikian, jika Anda ingin memiliki komputer yang bisa bertahan lama dengan kondisi fisik yang bagus, maka setidaknya Anda harus tahu bagaimana caranya untuk merawat komponen dalam komputer dengan baik dan benar baik dari segi hadware maupun softwarenya.

Untuk cara yang lebih rinci dan detail mari kita sama-sama simak bagaimana langkah-langkah jitu untuk membantu komputer yang Anda miliki tetap terjaga dan tetap baik dari waktu kewaktu dengan cara yang sederhana. Untuk pemeliharaan tentunya akan mencakup bagaimana cara Anda menggunakan atau mengoprasiakan komputer tersebut, lalu perhatikan juga dari segi komponen lainnya seperti cara merawat PC, Keyboar, baterai dan lain-lain. Dan mari kita bahas dengan rinci dibawah ini.

Cara merawat Komputer agar Awet dengan Baik dan Benar

10+ Cara merawat Komputer agar Awet dengan Baik dan Benar

1. Gunakan tegangan listrik yang stabil

Komputer adalah alat elektronik yang tidak akan bisa hidup tanpa adanya arus listrik. Tapi ada yang perlu Anda ketahui dari komputer ini, yaitu terdapat berbagai komponen yang saling berhubungan dengan data-data digital. Maka dari itu, komputer ini sangata tergantungan dengan kestabilan arus tegangan listrik yang Anda gunakan. 

Dengan menggunakan tegangan listrik yang stabil adalah menjadi salah satu cara merawat komputer agar bisa lebih awet. Pada umumnya hal seperti ini bisa diatasi dengan menggunakan sebuah alat UPS dan stabilizer. Sehingga ketika ada daya listrik yang tiba-tiba turun, maka tidak akan merasakan goncangan atau kaget dengan menggunakan alat tersebut.

2. Memaksimalkan kinerja pendingin komputer

Disetiap perangkat apapun pastin didalamnya terdapat Integrated Circiut atau sering disebut dengan nama IC yang mana menggunakan pendingin. Bagaimanapun sistem itu bekerja, tentunya akan dibekali dengan pendingin yang sudah tersistem termasuk juga komputer. Maka, Anda bisa menggunakan pendingin komputer tersebut sebagai salah satu cara untuk merawat komputer.

Kalau di dalam CPU sendiri terdapat sistem pendingin inti yakni yang berfungsi untuk pendingin processor yang mana menjadi salah satu komponen penting dalam komputer. Dan didalamnya ada dua komponen lagi yaitu material logam dan fan atau kipas. Anda dapat menggunakan kipas pendingin ini dengan cara yang baik agar bisa bekerja secara mkasimal.

Kemudian gunakan juga fan ( pendingin ) yang ada pada casing komputer untuk bisa mendinginkan uran CPU yang mana didalamnya terdapat komponen-komponen lain.

3. Matikan komputer dengan cara yang benar

Hal-hal kecil seperti mematikan komputer juga harus diperhatikan, meskipun hal yang sederhana ternyata hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan komputer Anda. Hal ini bisa dibilang hal kecil tapi bisa berdampak besar. Tidak seperti perangkat elekronik lainnya layaknya TV atau radio, kalau komputer ini lebih terstruktur lagi.

Mematikan komputer dengan cara sembarangan ini dapat berdampak buruk terhadap kinerja komputer. Jangan mematikan komputer begitu saja, meskipun sedang terburu-buru. Sebaiknya untuk mematikan komputer sesuai dengan prosedurnya.

4. Hindarkan komputer dari hal yang bisa berdampak buruk

Komputer ini adalah barang elektronik yang sangat rentan terhadap hal-hal besifat negatif bagi perangkat. Kita perlu memperhatikan apa saja yang ada dan dilakukan disekitaran komputee, dan beberapa hal yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:
  • Tempatkan komputer di area yang mana tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, hidari tempat yang kotor yang bisa mengakibatkan debu pada masuk kedalam komputer dan juga jangan tempatkan komputer ditempat yang terlalu lembab. Kalau mau lebih bagus lagi gunakan ruangan ber AC.
  • Hidarkan monitor yang masih menggunakan monitor tabung dari speaker dan jauhkan speaker dari monitor, karena dengan hal ini bisa mengakibatkan kerusakan terhadap monitor. 
  • Janganlah menaruh cairan apapun di sekitar komputer, misal seperti minuman dingin di atas atau disekitar komputer, karena bisa saja kita tidak sengaja menjatuhkannya sehingga membasahi komputer. 
  • Rapikan kabel-kabel disekitar komputer atau juga diluar yang tercecer berantakan, sebab bisa saja nanti dimakan tikus bahkan bisa kesandung yang berakibatkan sangat fatal. 
5. Gunakan perangkat lunak yang original

Tidak jarang juga komputer tidak bertahan lama atau error disebabkan oleh faktor luar atau perangkat kerasnya. Melainkan bisa juga dari faktor dalam atau perangkat lunak ( software ). Dan untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya untuk selalu menggunakan perangkat lunak atau software original. 

Minimal menggunakan perangkat lunak original di sistem windowsnya. Alangkah baiknya untuk menggunakan perangkat yang sudah tersedia dalam komputer saja, dan berhati-hati terhadap pemasangan perangkat lunak atau software yang akan beresiko terhadap serangan virus, karena bisa mengakibatkan hal yang fatal dan tidak diinginkan.

6. Lindungi sistem dengan pelindung Antivirus yang selalu update

Virus yang terdapat dalam komputer memanglah sangat meresahkan dan membuat semua pekerjaan terganggu. Bahkan kalau yang sifatnya serius bisa saja menyebabkan data hilang dalam komputer bahkan parahnya lagi bisa membuat komputer mati total. Maka dari itu, salah satu cara yang cukup efektif dan praktis adalah dengan menggunakan atau memasang Antivirus diperangkat komputer yang selalu update.

Baca juga : Antivirus terbaik untuk windows

Dan seperti apa antivirus yang baik untuk komputer? Tentunya antivirus yang sifatnya universal terhadap komputer apa saja dan yang paling penting adalah bisa menangkal semua jenis virus yang ada. Supaya bisa bekerja lebih maksimal, maka lakukan update antivirus pada database yang sudah disediakan oleh pihak antivirus itu sendiri.

7. Mintenance dan manajemen applikasi

Memanajemen sebuah file atau applikasi dalam komputer juga perlu dilakukan. Dan beberapa perawatan yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:\
  • Lakukan fregmentasi ( disk defrag )
  • Meminimalisir applikasi atau software yang tidak penting atau juga tidak digunakan
  • Lakukan pembersihan file sampah yang ada didalam komputer
8. Aktifkan sistem restore pada komputer

Agar komputer selalu terjaga keamanannya, maka perlu dilakukan yang namanya mengaktifkan sistem restore terhadap komputer. Lalau bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, pertama silahkan klik kanan pada mennu desktop komputer, selanjutnya pilih pada bagian properties tab sistem restore. Dan pada halaman berikutnya akan muncul pilihan atau opsi "Turn Off Sistem Restore On all Derivers". Maka pada kolom tersebut tinggal hilangkan centangnya disamping tulisan.

Baca juga : Komponen dan fungsi motherboard

Itulah cara singkat bagaiamana caranya menjaga komputer biar tetap awet sama sepeti pertama kali membeli komputer. Anda bisa menerapkan cara yang sederhana ini tapi manfaatnya luar biasa bagi komputer kesayangan Anda. Cara-cara diatas juga tidaklah sulit, tapai sangat mudah untuk dipraktekan, selain bisa diterapkan pada komputer, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara diatas pada perangkat lainnya seperti laptop, notebook, yang lainnya.

Yang paling penting adalah untuk selalu melakukan perawatan komputer dengan cara berkala dan rutin. Paling engga lakukan dengan cara teratur dan dengan pemakaian yang sewajarnya. Jangan lupa untuk menghindari beberapa hal yang bisa mengakibatkan kinerja komputer menurun.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar