Skip to main content

Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Bisa Membuat Kaya Raya

Bisnis Sampingan Mahasiswa | Sebagai seorang mahasiswa Anda dituntut harus bisa kreatif, bisa mandiri dan tidak hanya bisa mengandalkan kiriman dari orang tua terus. Kebanyakan para mahasiswa pasti ada yang memikirkan bagaimana caranya berbisnis tapi tetap sambil kuliah. Jika Anda memiliki bekal kreativitas, jeli untuk melihat peluang dan juga berani mengambil resiko, sebenarnya sih banyak sekali peluang bisnis yang tepat untuk para mahasiswa dengan bermodalkan kecil. Oleh karena itu, masa-masa dimana masih kuliah adalah menjadi salah satu waktu yang tapat bagi para mahasiswa untuk memulai berbisnis. Karena mahasiswa pada suatu saat pasti akan menghadapi yang namanya tantangan di dunia kerja sehingga bisa alangkah baiknya mempersiapakn diri sendiri dari awal.

Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Bisa Membuat Kaya Raya

Bisnis sampingan mahasiswa bukan hanya dapat untuk menambah uang saku saja, melainkan sebagai modal dan juga pengalaman yang dapat dijadikan sebagai pilihan setelah lulus kuliah nanti. Dengan berbisnis, Anda sebagai mahasiswa maka tidak lagi dipusingkan dengan urusan keuangan sebelum lulus dan tidak akan pusing lagi untuk mencari-cari pekerjaan setelah lulus kuliah. Ada beberapa bisnis sampingan mahasiswa yang mana bisa dijalankan sesuai dengan minat, bakat, dan juga ketrampilan. Inilah beberapa bisnis sampingan mahasiswa yang menjanjikan dan bisa membuat kaya raya.

Baca juga: cara mendapatkan uang dengan mudah

Bisnis Pulsa Elektrik

Bagi para mahasiswa bisa untuk memulai bisnis pulsa elektrik untuk mulai belajar berbisnis, karena dengan berbisnis jenis ini tidak memerlukan modal yang besar. Selain cukup mudah untuk dilakukan, bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar apabila dikelola dengan baik dan benar. Tapi, bisnis pulsa elektrik ini bukan tanpa resiko, tentunya Anda kudu siap dengan konsekuensinya yaitu adanya utang pembayaran pulsa. Terlebih lagi kalau yang menjadi pelanggan adalah kenalan atau teman sendiri. Jadi, sebelom Anda memulai bisnis yang satu ini, alangkah baiknya untuk perhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuknya terlebih dahulu, jangan terlalu memikirkan untungnaya.

Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis pengetikan dan print ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan bagi mahasiswa. Bisnis sampingan mahasiswa ini sangat cocok yang tinggal atau kos disekitaran lingkungan kampus. Kuliah memang sangat identik dengan berbagai tugas yang mana harus diberikan dalam bentuk cetakan ataupun digital pada jaman sekarang ini. Dibandingkan mencetak tugas sendiri, mahasiswa sekarang ini masih banyak sekali yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print. Hal ini dikarenakan masih terdapat banyak dari mahasiswa yang belom memiliki alat cetak dan juga tidak ada waktu untuk mengetik dan juga mencetak tugas mahasiswa tersebut.

Menjadi Penulis Lepas

Bisnis menjadi penulis lepas ini adalah salah satu usaha sampingan mahasiswa yang cukup menjanjikan. Jika Anda para mahasiswa yang suka menulis dan memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, maka menjadi penulis lepas bisa menjadi sebuah bisnis terbaik. Jenis bisnis ini sangat mudah dikerjakan dan malah nyaris tanpa modal sedikitpun. Sebab yang hanya dibutuhkan adalah kemampuan menulis, kreativitas, dan juga imajinasi. Selain itu, bisnis yang satu ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa adanya ikatan waktu. Bentuk tulisan yang bisa ditawarkan juga sangat bervariasi misalnya tulisan artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif seperti cerpen serta puisi.

Bisnis Jasa Fotografi dan Vidio

Bisnis sampingan mahasiswa berikutnya adalah bisnis yang mana berhubungan dengan hobi, yaitu bisnis jasa fotografi dan bisnis vidio. Sekarang ini banyak sekali terdapat orang yang suka di foto dan direkam aktivitasnya krena nanti hasilnya dijadikan sebagai memori yang diabadikan. Bisnis ini sangat berpotensi besar kalau diatur dengan baik dan benar. Untuk memulai bisnis yang satu ini, Anda dituntuk harus memiliki keahlian dalam menyusun gambar atau vidio, dan bisnis ini sangat cocok untuk yang memiliki hobi memoto atau merekam vidio.

Online Shop

Peluang usaha sampingan mahasiswa selanjutnya adalah online shop. Dimana mahasiswa dapat menjual berbagai macam baju, celana, pernak-pernik, sepatu dan lain sebagainya. Pada saat ini ada banyak sekali forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi di dunia maya. Dalam penjualan ini tidak hanya ditunjukan kepada teman-teman kampus, namun juga dapat ditargetkan kepada orang lain di dunia maya. Ada beberapa situr jual beli yang bisa dimanfaatkan oleh anda untuk menjual barang milik pribadi atau milik orang lain, teman dan lain-lain. Jikalau tidak memiliki barang sendiri, Anda juga masih dapat menjual barang dari beberapa situs reseller maupaun dropship. Jadi nanti modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, tapi hasilnya sangat lumayan kalau Anda tekun dalam menjalankan bisnis ini.

Baca juga: bisnis online tanpa modal

Jualan Makanan Kecil/Ringan

Apabila letak kantin kampus letaknya cukup jauh dari ruang kuliah, maka ada sebuah bisnis yang bisa dijlankan, yaitu bisnis jualan makanan kecil atau bisa juga bisnis jajanan modern. Peluang usaha ini bisa Anda manfaatkan saat pergantian mata kuliah dan ada beberapa waktu jeda singkat. Dan momen ini adalah peluang untuk melakukan berjualan makanan kecil diruang kuliha, karena makanan kecil seperti snack dan air mineral sangatlah dibutuhkan untuk bisa mengganjal perut yang sedang lapar ketikda sedang berjalannya waktu kuliah.

Les Privat

Bisnis mahasiswa berikutnya adalah bisnis lest privat. Bisnis les privat adalah bisnis untuk memberikan bimbingan belajar secara privat kepada anak-anak SD, SMP hingga SMA, tergantung kertrampilan yang dimiliki oleh diri Anda. Misalkan Anda adalah seorang mahasiswa jurusan ilmu sains atau eksas maka bisa untuk memberikan pelajaran biologi, kimia, matematika, atau juga fisika. Atau juga bisa memberikan pelajaran yang bersifat umum seperti bahasa inggris. Dalam bisnis ini akan mendapatkan dua keuntungan yaitu menambah uang saku dan dapat memperdalam penguasaan materi Anda. Bisnis ini biasanya sangat laris ketika akan diadakan ujian nasional ( UN ).

Bimbingan Belajar

Untuk sejauh ini masih ada aja mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain yang mana lebih menguasai mata kuliah untuk dapat menaikan Indeks Presatasi ( IP ). Tentunya ini adalah peluang yang sangat bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah bisnis bimbingan belajar. Dalam bisnis ini bisa dilakukan sendiri atau bersama orang lain yang berkompeten dalam bidang tersebut. Untuk menjalankan bisnis bimbingan belajar ini, sebaiknya jangan hanya terbatas pada suatu bidang akademis. Bidang yang satu ini dapat dikembangkan hingga bidang non akademis misal seperti, mengemudi, olah vokal, bermain gitas, renang, dan lain sebagainya.

Pembuatan Website

Pada saat ini hampir semua perusahaan, sekolah, kampus sudah memiliki website sendiri. Bahkan sekarang ini banyak sekali website personal atau blog yang bermunculan di dunia internet. Maka ini adalah sebuah peluang yang sangat menguntungkan bagi para mahasiswa yang bisa membuat website dengan cara membuka jasa pembuatan website. Dalam menjalankan sebuah bisnis yang satu ini, diperlukan yang namanya ketrampilan dalam mengolah kode personal home page ( PHP ) atau juga Active server pages ( ASP ) secara manual dan bisa juga menggunakan content management system ( CMS ) Seperti wordpress atau yang lainnya.

Baca juga: usaha sampingan karyawan pabrik

Mengelola secara baik dan juga terkonsep untuk mendapatkan hasil terbaik

Ulasan-ulasan bisnis yang sudah dijelaskan diatas akan bisa berkembang apabila dikelola dengan baik dan juga terkonsep. Akan sangat luar biasa jika Anda belom lulus kuliah tapi sudah memiliki bisnis yang berjalan dengan baik dan berkembang pesat. Itulah beberapa ulasan bisnis sampingan mahasiswa yang menjanjikan disaat ini, Anda bisa memulainya dari sekarang dan bersiap untuk menjadi seorang yang sukses di usia muda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar