Skip to main content

Arti dan Penjelasan COD ( Cash on Delivery ) Dalam Jual Beli Online

Arti dan Penjelasan COD ( Cash on Delivery ) Dalam Jual Beli Online | Bagi pemula seperti saya khususnya dan yang baru mengenal dunia Internet dan mungkin bagi Anda semua yang juga masih baru dalam dunia Internet, tentunya masih belum mengerti dengan beberapa istilah yang amat sering dipakai atau ditemukan terutama pada saat kita akan melakukan transaksi jual beli online. Salah satunya yang paling sering di jumpai adalah istilah COD yang mana kepanjangan dari Cash on Delivery. Dan tentunya masih banyak lagi istilah-istilah lainnya yang juga membingungkan bagi seorang pemula. Tapi tenang saja, pada artikel kali ini kami disini hadir untuk Anda semua dan akan membahas secara tuntas mengenai pengertian COD, manfaat COD, dan juga untung rugi melakukannya.

Arti dan Penjelasan COD ( Cash on Delivery ) Dalam Jual Beli Online

Sering sekali ditemukan pada saat kita mencari dan ingin membeli sesuatu barang lewat Internet seperti di situs-situs jual beli online. Istilah COD ( Cash on Delivery ) yang mana diartikan membayar barang pesanan pada saat barang dikirimkan atau membayar barang ketika sipenjual bertemu langsung dengan si pembeli serta membawa barang yang ingin dijual dan dibeli. COD sendiri adalah salah satu sistem transaksi pembayaran dalam dunia online. 

COD ini tidak seperti sistem pembayaran lainnya, tapi sistem transaksi dengan cara COD ini adalah dilakukan pada saat konsumen dan penjual saling bertemu secara langsung di suatu tempat yang mana telah disepakati oleh kedua pihak si pembeli dan sipenjual. Jelas ini sangatlah berbeda ketika kita membeli lewat internet dengan memakai sistem transfer yang mana konsumen diharuskan dan wajib men-transfer terlebih dahulu sejumlah uang melalui rekenign bank barulah barang pesanan si konsumen di kirimkan. 

Keuntungan Melakukan Transaksi Dengan Cara COD

Di dalam transaksi ini sebenarnya yang paling diuntungkan adalah sikonsumen atau pembeli, karena dalam melakukan pembelian secara online, seseorang yang akan membeli hanya terbatas bisa melihat barang yang akan dibeli di foto saja, dan hanya bisa menganalisa barang atau spesifikasi dari barang yang akan dibeli lewat deskripsi saja, tapi hal lain seperti kualitas material barang, bahan dan lain sebagainya tidak bisa dilakukan serta diperkirakan.

Maka dari itu, dengan melakukan transaksi pembelian secara atau dengan sistem COD, kosumen bisa mendapatkan keuntungan karena barang yang dipesannya bisa diperiksa terlebih dahulu secara langsung dan kemudian baru melakukan pembayaran. Jika ada barang yang tidak sesuai dengan yang ada di deskripsi si penjual, maka pembeli bisa secara langsung melakukan komplain ataupun bisa untuk membatalkan pembeliannya.

Meskipun begitu, bagi para pebisnis online yang menjual produk, melakukan sistem COD juga bukan berarti mereka dirugikan. Tapi pada pasalnya, jika si penjual melakukan dan memberikan opsi pembayaran dengan sistem COD, maka untuk peluang barang terjualnya lebih besar, dengan catatan pada saat menawarkan barang kepada para konsumen memberikan keterangan secara lengkpa jelas dan juga sesuai dengan produk yang dijual.

Kekurangan Melakukan Transaksi Secara COD

Di sisi para pemebli, COD ini juga tidak selamanya memberikan keuntungan terus, terutama pada sisi kemudahan dan juga kepraktisan. Karena di dalam sistem pembayaran COD ini, akan berlaku yang namanya keterbatasan jangkauan dari penjual untuk mengirimkan barangnya. Para penjual yang berada di daerah atau wilayah jauh dari sang pembeli seperti halnya diluar kota maka akan jarang sekali untuk menawarkan opsi atau pilihan dengan sistem pembayaran ini karena memiliki kendala jarak pastinya. Maka dengan begitu pilihan barang bagi para konsumen juga menjadi terbatas.

Sedangkan untuk kerugian si penjual dan yang akan diderita adalah perlu adanya penyediaan waktu yang ekstra, tenaga, dan biaya yang lebih dan harus siap untuk dikeluarkan terutama dalam hal pengiriman barang. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar