Skip to main content

Pengertian Sosiologi: Ciri-ciri, Fungsi dan, Sifat Dasar

Pengertian Sosiologi - Apa sih pengertian sosiologi? Sosiologi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari mengenai manusia sebagai makhluk sosial serta interaksi anatar manusia yang telah terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

Ada juga yang mengartikan sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai sifat, perilaku serta perkembangan masyarakat. Jadi sudah diketahui, kalau yang dipelajari sosiologi adalah perilaku sosial anatra individu dengan individu, individu dengan kelompok,serta kelompok dengan kelompok.

Pengertian Sosiologi: Ciri-ciri, Fungsi dan, Sifat Dasar
https://www.shutterstock.com

Kata Sosiologi dari baha latin yaitu Socius yang artinya adalah kawan, dan Logos yang berarti ilmu pengetahuan. Sehingga kita sudah dapat mengartikan kalau sosiologi adalah sebagai ilmu yang membahas tentang kehidupan manusia sebagai mahluk sosial.


Sudah diketahui bahwa manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan biar dapat mempenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi, artinya adalah setiap manusia dalam suatu masyarakat memiliki peran masing-masing serta saling melengkapi.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

1. Menurut Pitirim Sorokin

Pitirim Sorokin mengatikan sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan serta pengaruh timbal balik antara beragam gejala sosial. Misal seperti gejala ekonomi, gejala keluarga, serta gejala moral. Menurut ia, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang buhungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial. Selain itu, menurut Pitirim Sorokin juga sosialogi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum dan semua jenis gejala-gejala sosial lainnya.

2. Menurut Soejorno Soekanto

Soejorno Soekanto mengartikan sosiologi adalah ilmu yang mana fokus pada segi-segi kemasyarakatan yang mempunyai sifat umum dan berusaha agar dapat mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

3. Mayor Polak

Sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari yang terkait masyarakat secara keseluruhan, yaitu antara hubungan manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu kelompok formal ataupun material serta kelompok staris maupun dinamis.

4. Menurut Paul B. Horton

Paul B. Horton mengartikan sosiologi adalah ilmu yang mana lebih terpusat kepada penelaahan dalam kehidupan kelompok dan produk kehidupan dari sebuah kelompok tersebut.

5. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dengan kelompoknya.

6. Menurut Max Weber

Max Weber mengartikan sosiologi adalah ilmu yang berupaya untuk memahami tindakan-tindakan sosial.

Ciri-Ciri Sosiologi

Dalam sosiologi juga terdapat berbagai karakteristik yang membentuknya, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Sosiologi merupakan ilmu sosial yang mana mempelajari tentang hubungan antara manusia ataupun masyarakat.
  • Sosiologi dapat mempelajari tentang gejala-gejala yang dapat terjadi pada interaksi manusia.
  • Sosiologi uga mempelajari serta membahas tentang apa saja yang dapat menjadi sebuah nilai maupun nilai buruk.
  • Sosiologi juga termasuk salah satu ilmu pengetahuan yang murni serta juga terapan.
  • Sosiologi adalah suatu ilmu abstrak yang dimana tujuannya hanya untuk memperlihatkan sebuah bentuk dan pola-pola peristiwa pada msyarakat.
Sifat Dasar Sosiologi

Sosiologi juga memilki beberapa sifat dasar yang dapat memebedakan dengan ilmu lainnya. Menurut R. Lawang sifat dasar sosiologi adalah:
  • Empiris: Yang artinya sosiologi adalah ilmu yang didasari oleh observasi atau pengamatan serta masuk akal, dan dimana hasilnya tidak bukan sesuatu yang bersifat spekulatif.
  • Teoretis: Yang artinya adalah penyusunan abstraksi sosiologi dibuat yang didasarkan observasi yang konkret di lapangan. Abstrasi ini disusun secara logis serta menjelaskan hubungan seba akibat sampai menjadi suatu teori. 
  • Komulatif: Yang mempunyai arti, sosiologi disusun dengan dasar teori yang sudah ada, dan kemudian diperbaiki, diperluas, sampai menguatkan teori yang sudah ada.
  • Nonetis: Yang mempunyai arti pembahasan tentang masalah dalam sosiologi tidak akan mempersoalkan tentang baik maupun buruknya masalah tersebut. Tapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah dengan cara mendalam
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar