Skip to main content

Pengertian Manajemen, Fungsi Manajemen, Unsur-unsur Manajemen

Pengertian Manajemen - Manajemen ini terdiri darri senior dalam ilmu serta pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun sebuah oraganisasi dan pengorganisasian, pergerakan dan mengendalikan. Pengertian manajemen bisa juga di artikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang dapat memastikan biar dapat dipahami dan bagaimana seorang manusia saling bekerja sama sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain maupun golongan tertentu serta masyarakat luas.

Pengertian Manajemen, Fungsi Manajemen, Unsur-unsur Manajemen

Secara etimologis, manajemen adalah seni untuk melaksanakan serta deberikan. Manajemen ini akan membahas tentang ilmu yang membahas proses mendapatkan tujuan dalam sebuah organisasi, untuk upada bersama dengan beberapa orang dalam organisasi tersebut. Untuk dilakukan, ada orang yang akan merumuskan, dan menjalankan tindakan manajemen yang disebut juga dengan manajer.

Pengertian manajemen merupakan suatu proses buat menyelesaikan sesuatu yang akan dilakukan oleh sekelmpok orang maupun organisasi agar mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerjasama dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki.

Kata manajemen menurut etimologi diambil dari bahasa Perancis Kuno, yang dimaksud adalah senior dalam terjemahaan serta implementasi. Manajemen ini juga dapat menentukan tujuan perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian, serta mengontrol sumber daya untuk mencapai sasaran yang efisien dan efektif.

Fungsi Manajemen

Manajemen pada dasarnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

1. Perencanaan

Perencanaan yang mana akan dikerjakan dengan sumber daya yang telah dimiliki. Dan perencanaan ini dilakukan untuk menentukan sebuah tujuan dan cara terbaik utnuk memenuhi tujuan tersebut. Manajer ini akan memilih berbagai rencana sebelum mengambil tindakan dan kemudian akan melihat rencana yang dipilih dan dapat digunakan untuk memnuhi tujuan sebuah perusahaan. Perencanaan ini juga merupakan proses terpenting dari semua fungsi tanpa perencanaan. Dan fungsi lain akan dapat dijalankan.

2. Pengorganisasian

Sebuah pengorganisasian akan dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan yang lebih kecil. Manajer akan megelola dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang akan diperlukan untuk melaksanakan tugaas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Dan pengorganisasian akan dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa ayng harus dikerjakan, siapa yang harus mengejakan, bagaimana cara mengerjakan, siapa yang akan bertanggung jawab, dan tahap keputusan apa yang akan di ambil.

3. Pengarahan

Pengarahan ini merupkan suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota atau kelompok akan dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajemen dan perusahaan.

Unsur-unsue Manajemen

Pada setiap perusahaan akan memiliki yang tidak-tidak untuk membentuk sebuah manajemen yang baik dan unsur-unsur inilah yang akan disebut dengan unsur manajemen. Misal, jika salah satu ada yang tidak setuju, tidak sempurna ataupun tidak ada, maka akan berdampak atau berimbas dengan berkurangnya upaya untuk mencapai sebuah tujuan organisasi ataupun perusahaan.

a. manusia

Dalam sebuah manajemen. manusialah yang paling menentukan. Dan manusia ini juga yang akan menciptakan tujaun dan manusia pula yang akan melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa adanya manusia, maka tidak akan ada proses kerja.

b. uang

Uang akan menjdi salah satu yang tidak akan bisa diabaikan begitu saja. Uang ini adalah alat tukar dan alat pengukur nilai besar kecilnya hasil dari yang diperoleh dari jumlah uang yang dikeluarkan dalam perusahaan. Oleh sebab itu, uang adalah alat yang sangat penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Dan hal ini akan berkaitan dengan yang namanya jumlah uang yang harus dikeluarkan dan diseidakan untuk membiayayai pekerjaan, alat yang diperlukan, dan apa yang harus dibeli serta hasil yang akan diperoleh dari sebuah organisasi.

c. bahan

Kalau bahan ini terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan yang sudah jadi. Didalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang baik harus dapat menggunakan bahan yang baik atau bahan sebagai salah satu fasilitas. Oleh karena itu. materi dan manusia tidak akan dapat diputuskan. Tanpa materi tidak akan ada yang disetujui hasil dari yang dihendaki.

d. mesin

Mesin dalam sebuah perusahaan sangatlah diperlukan, dengan menggunakan mesin maka akan menhasilkan sebuah kemudahan yang lebih besar.

e. metode

Cara tata kerja yang baik akan memperlancar pekerjaan jalannya sebuah metode yang dapat disetujui sebagai penetapan cara kerja dengan menyediakan berbagai pertimbangan dari sasaran. Fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu dan uang serta kegiatan usaha.

f. pasar

Memasarkan sebuaha produk sangatlah penting, sebab barang yang akan dikirim kalau tidak laku, maka sebuah proses produksi barang akan berhenti dan proses kerja tidak akan berlangsung. Maka dari itu, penguasaan pasar sangatlah penting dalam arti kaya gini, hasil produksi adalah faktor yang akan menentukan dalam perusahaan. Biar pasar dapat dukuasai maka kualitas dan harga barang haruslah sesuai dengan selera para konsumen dan daya beli konsumen.

Unsur manajenemn inilah yang akan menjadi hal dalam menentukan dalam manejemen, karena akan menjadi penentuan arah perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan. Selain itu, untuk laporan keuangan juga menjadi hal yang sangat penting dalam proses pelaksanaan manajemen.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian manajemen yang bisa kami sajikan untuk anda semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar