Skip to main content

Pengertian Kerjasama: Menurut para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Kerjasama: Menurut para Ahli dan Secara Umum
www.pixabay.com

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli

Dalam Sosiologi, kerjasama adalah suatu bentuk interaksi sosial dengan sifat asosatif yang terjadi ketika ada suatu kelompok masyarakat yang memiliki pandangan sama untuk mewujudkan suatu tujuan bersama. Berikut ini pengertian kerjasama menurut para ahli:

1. Charles H. Cooley

Charles H. Cooley berpendapat bahwa kerjasama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki suatu kepentingan yang sama dan sekaligus mempunyai pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri dan untuk memenuhi suatu kepentingan tersebut.

2. Rosen

Menurut Rose, kerjasama adalah sumber yang dianggap sangatlah efisien untuk kualitas pelayanan terutama dalam suatu konteks kerjasama di bidang ekonomi khusunya dalam jual beli.

3. Tangkilsan

Sedangkan menurut Tangkilsan, kerjasama adalah sumber kekuatan yang muncul dalam suatu organisasi sehingga dapat mempengaruhi suatu keputusan dan juga tindakan sebuah organisasi.

4. Thomson dan Perry

Thomson dan Perry telah mengartikan kerjasama sebagai suatu kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda yang dimulai dari tahapan koordinasi dan juga koorperasi sampai terjadinya sebuah kolaborasi dalam suatu kegiatan kerjasama.

5. Pamudji

Pengertian kerjasama yang terakhir adalah menurut Pamudji, menurut ia kerjasama adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu yang bekerja bersama-sama sampai terwujudnya suatu tujuan yang dinamis. Dan ia juga berpendapat bahwa unsue utama dari kerjasama ada tiga yaitu, individu, adanya interaksi, serta adanya suatu tujuan yang sama.

Pengertian Kerjasama Secara Umum

Pengerian kerjasama adalah suatu usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau suatu kelompok yang tujuannya untuk mencapai tujuan bersama.

Dan kerjasama merupaka suatu interaksi yang sangat penting oleh kehidupan manusia karena manusia ini adalah makhluk sosial yang akan saling membutuhkan.

Kerjasama akan terjadi ketika suatu individu yang bersangkutan memiliki kepentingan serta kesadaran yang sama ialah untuk mencapai suatu tujuan dan kepentingan bersama.

Pengertian Kerjasama dalam Bisnis

Menurut BusinessDictionary, kerjasama adalah suatu pengaturan kemitraan yang saling menguntungkan yang dilakukan secara sukarela oleh kedua orang dibidang usaha atau lebih. Sedangkan kerjasam akan menjadi hal yang sangat menguntungkan kerena beberapa permasalahan dapat menjadi lebih mudah dan ringan.


Selain itu, kerjasama juga tidak hanya soal mencari dana saja, beberapa pebisnis juga lebih suka menjalin relasi yang dapat menguntungkan dengan sesama kompetitor.

Jenis-jenis Kerjasama

Dalam bisnis, untuk setiap anggota yang telah tergabung dalam suatu kerjasama haruslah berkontribusi dengan baik dalam bentuk ide, properti, dana ataupun gabunganya. Hal ini dikarenakan digotong oleh beberapa bidang usaha dan tentun saja pembagian saham, hak-hak, manajemen serta liabilitas akan berbeda.

1. Bagi Hasil

Bagi hasil adalah bentuk kerjasama yang paling sederhana. Karena dalam dunia kemitraan, yang namanya sistem bagi hasil dan ini biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis kecil. Contoh seperti mengajak temen, keluarga atau kerabat untuk dijadikan pemodal. Dan pembagian hasil ini nantinya akan diatur bersama ketentuan yang sudah disepakati.

2. Membuat Peluang Usaha

Sistem ini menawarkan keuntungan pada orang lain ataupun badan usaha yang menjalankan. Contoh seperti sorang penulis yang telah menerbitkan buku, dan kemudian ia mengjak kerjasama dengan seseorang untuk membantu menjualkan bukunya.

Dan nanti untuk keuntungan dari hasil penjualan akan dibagi oleh penulis buku dan pemasar. Dan cara ini hampir mirip dengan waralaba.

3. Waralaba

Waralaba adalah suatu pemanfaatan kekayaan intelektual sebuah bidang usaha atau merk yang sudah disetujui oleh kedua pihak. Sistem waralaba ini juga bisa dikatakan sebagai jalur pendistribusian terakhir pada para konsumen, tapi pihak frenchisor memberikan hak kepada pelaku bisnis untuk memakai nama, merk serta prosedur.

Untuk jenis usaha yang sering sekali menggunakan sistem ini adalah kedai minuma, jajanan, serta kuliner lainnya. 

Dengan sudah mengetahui pengertian kerjasama, dan jenisnya setidaknya akan lebih membuat mudah untuk menentukan kerjasama yang tepat untuk bisnis anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar