Skip to main content

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap

masmalik.com - Ilmu ekonomi adalah ilmu yang menghasilkan tingkah laku manusia dalam memilih dan juga menciptakan kemakmuran. Untuk lebih lanjut dan lebih jelasnya sekarang ini kami akan bahas pengertian ilmu ekonomi menurut beberapa para ahli, maka simaklah ulasan ini sampai habis dibawah ini.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi ini adalah suatu ilmu yang telah menghasilkan tingkah laku manusia dalam memilih dan menciptakan suatu kemakmuran. Masalah inti dari ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan fasilitas pemuas kebutuhan yang terbatas tersebut. Dan karena perbedaan tersebutlah yang kemudian menjadikan atau menyebabkan kelangkaan.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli 

Untuk mengetahui lebih lanjut dan menguatkan apa itu arti dari ilmu ekonomi mari kita merujuk ke pendapat dari beberapa para ahli berikut ini:

1. Alfred Marshall

Menurut ia ilmu ekonomi adalah ilmu yang membahas tentang kehidupan sehari-sehari seorang manusia.

2. Mill JS

Ilmu ekonomi menurut Mill JS adalah ilmu praktis atawa ilmu pengetahuan tentang seluk beluk dalam hal diterbitkan dan hal penagihan.

3. Morgetern dan Neumann

Menurut mereka berdua ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu.

4. J. Van Zwijnregt

Ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu atawa studi pengetahuan tentang setiap usaha seorang manusia untuk mencapai suatu kemakmuran.

5. J. M Keynes

Menurut ia ilmu ekonomi adalah teknik berpikir yang berguna untuk mempertimbangkan biaya dan juga bagian dari keuntungan.

6. J. B Say

Ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang telah dianggap sebagai kajian ilmu tentang segala peraturan yang bisa menentukan kekayaan seseorang.

7. Mel Vilye J Ulmer

Menurut dia ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

8. Alfred W

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang terbagi menjadi tiga golongan yaitu ilmu tentang teori ekonomi, tentang ekonomi terapan, dan juga ilmu tentang ekonomi deskritip.

9. Hennipman

Menurut hennipman ilmu ekonomi adalah ilmu atawa studi yang membahas tentang manusia dan juga reaksi yang telah diberikannya pada kehidupan ekonomi.

10. Frank Knight

Ilmu ekonomi adalah cabang dari ilmu yang telah memberikan pengetahuan atawa pandangan bagi semua orang tentang cara hidup yang ekonomis.

11. Gunnar Myrdal

Ilmu ekonomi adalah cabang dari ilmu sosial, sehingga ilmu ekonomi itu memiliki ilmu dengan ilmu sosial, misal seperti politik, psikologi, dan lain-lain.

12. Edwin Cannan

Menurut dia ilmu ekonomi adalah suatu studi yang bertujuan untuk menjelaskan faktor yang menentukan kebijakan materi.

13. A.C Pigou

Ilmu ekonomi adalah suatu kajian untuk menambahakan sejumlah guna untuk meningkatkan taraf hidup.

14. Louis Cantori

Menurut Louis Cantori ilmu ekonomi merupakan masalah menjamin berputarnya harta anatara manusia sehingga manusia itu dapat meningkatkan fungsi sebagai hambba Tuhan untuk mencapai falah di dunia maupaun di akhirat.

15. J.L Mey JR

Ilmu ekonomi adalah ilmu tentang usaha atawa langkah yang telah dilakukan oleh beberapa manusia untuk mendapatkan dan merasakan kemakmuran dalam kehidupannya.

16. Rosyidi

Menurut Rosyidi ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang memfokuskan objeknya pada individu dan masyarakat.

17. M. Akram Khan

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang telah mendukung kesejahteraan manusia atawa falah yang berhasil mengumpulkan sumber daya bumi atas dasar kerja sama dan partisipasi.

18. Khusrid Ahmad

Ilmu ekonom adalah masalah yang mencoba menyelesaikan masalah tentang ekonomi dan masalah dalam hubungan dengan msalah dari sudut pandang Islam.

19. Lionel Robbins

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang menggalih tentang tingkah laku manusia yang telah terkait dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan berbagai sumber terbatas dengan memaksimalkan keunggulan atawa utilitas.

20. Wilian Beveridge

Ilmu ekonomi adalah suatu kajian tentang cara manusia untuk berusaha mendapatkan bahan kebutuhan.

21. Aristoteles

Ilmu ekonomi adalah cabang yang bisa digunakan dengan dua jalan untuk dipakai dan dikeluarkan untuk bisa ditukarkan dengan barang.

22. Richard G. Lipsey

Menurut ia ilmu ekonomi adalah ilmu yang membahas tentang sumber daya yang langka dalam memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

23. Samuekon

Ilmu ekonomi adalah sebuah studi yang menganalisa risiko serta meningkatkan pola tertentu dalam penggunaan sumber daya.

24. Kasus dan Adil

Menurut kasus dan adil ilmu ekonomi adalah bagaimana individu dan masyarakat dalam mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka dan yang disediakan oleh alam dari generasi sebelumnya.

25. N. Gregory Mankiw

Ilmu ekonomi adalah studi tentang masyarakat untuk mengelola sumber daya alam yang langka.

26. Penson

Menurut penson ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mendalami tentang materi kesejahteraan dimanapun manusia.

Baca juga: Pengertian pasar

Dan itulah sederatan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli terlengkap yang kami ulas untuk Anda semua. Artikel diatas diambil dari berbagai sumber yang ada di Internet.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar