Skip to main content

Pengertian Disiplin: Arti, dan Tujuan Lengkap !

Pengertian disiplin - Pengertian disiplin secara umum adalah suatu tundakan yang mematuhi dan melakukan sesuatu sesuai dengan nilai-nila dan juga aturan yang dipercaya merupakan tanggung jawab.

Pengertian Disiplin: Arti, dan Tujuan Lenkap !
Pixabay.com

Ada pendapat lain yang mengartikan disiplin yaitu suatu sifat atau kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri sendiri dan juga mematuhi aturan nilai-nilai yang telah disepakati. Jadi, dalam hal ini disiplin sangatlah berhungan dengan norma, prosedur, aturan dan lain sebagainya.

Kata disiplin diambil dari bahasa inggris yaitu " Disciple" yang mana artinya adalah pengikut atau murid. Secara etimologis kata tersebut juga berasal dari bahasa Latin yaitu " Discere " yang memiliki arti belajr.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Biar lebih meyakinkan apa itu arti disiplin mari kita merujuk kepada para pendapat dari beberapa ahli diantaranya sebagai berikut:

1. Menurut James Drever

Disiplin adalah suatu kemampuan seseorang untuk mengendalikan perilaku yang berasal dari diri seseorang dan yang sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atawa norma yang sudah ada. Dengan kata lain disiplin adalah perilaku seseorang yang muncul dan mampu untuk menyesuaikan diri dengan yang telah ditetapkan.

2. Menurut Gary Dessler

Menurtu dia disiplin adalah suatu prosedur yang mengkoreksi ataupun menghukum seseorang karena melanggar aturan dan juga prosedur yang ada.

3. Menurut Suharsimi Arikunto

Pengertian dari disiplin adalah suatu kepatuhan seseorang dalam mengukuti peraturan ataupun tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran dari hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar.

4. Menurut Bejo Siswanto

Pengertian disiplinadalah sikap menghormati, menghargai, patuh serta taat terhadap peraturan yang telah berlaku, mau itu yang tertulis maupun tidak tertulis dan sanggup mejalankannya serta tidak megelak atau membantah untuk menerima sanksi pabila seseorang melanggar tugas dan wewenang yang sudah diberikan.

5. Menurut Malayu S.P Hasibuan

Disiplin adalah suatu kesadaran dan kesediaan orang-orang untuk mengatasi semua peraturan perusahaan dan juga norma-norma sosial yang telah berlaku.

Baca Juga: Pengertian lembaga sosial

Tujuan Disiplin

Sikap dari sisiplin mempunyai tujuan yang ingin dicapai, baik itu bagi pribadi maupun masyarakat. Dan menurut Ellen G. White dan Emlie Durkhiem, beberpa tujuan sisiplin adalah sebagai berikut:
  • Melakukan kuasa kemauan dalam diri sendiri
  • Biar seseorang dapat menjadi pemerintah atas dirinya sendiri
  • Memperbaiki berbagai kebiasaan dari seseorang
  • Mengajarkan tentang menghormati oran tua dan ilahi
  • Untuk penurutan atas dasar prinsip, dan bukan karena paksaan
  • Untuk menciptakan dan juga mengembangkan suatu peraturan dalam berbagai tindakan manusia.
  • Memberikan sasaran tertentu yang ingin dicapai dan sekaligus membatasi cakrawala.
Jenis Tindakan Disiplin

Tindakan disiplin pada dasarnya dapat diterapkan untuk berbagai bidang kehidupan manusia, secara umum. Beberapa macam tindakan disiplin adalah sebagai berikut:
  • Disiplin pribadi: Sesuatu yang berhubungan dengan berbagai unsur yang seharusnya dpatuhi dan juga ditinggalkan oleh seseorang dengan ditandai adanya proses sikap yang baik.
  • Disiplin sosial: Adalah sesuatu yang mana berhubungan dengan masyarakat ataupun hubungan seseorang dengan lingkungannya.
  • Disiplin nasional: Adalah sikap mental suatu bangasa yang secara keseluruhan yang telah tercermin dari sebuah tindakan dalam bentuk keputusan dan juga ketaatan.
Manfaat Disiplin

Dengan sikap disiplin pastinya akan memberikan manfaat bagi semua pihak, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk oran lain. Dan inilah beberapa manfaat yang didapatkan dari disiplin:
  1. Menumbuhakan kepekaan
  2. Menumbuhkan kepdulian
  3. Mengajarkan keteraturan
  4. Menumbuhkan ketenangan
  5. Menumbuhkan rasa percaya diri
  6. Menumbuhkan kemandirian
  7. Menumbuhkan sikap patuh dan juga 
  8. Membantu anak yang sulit
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar