Skip to main content

Peluang Bisnis Ayam Geprek dan Analisa Usaha

Bisnis ayam geprek -  Ayam geprek adalah jenis kuliner yang sekarang sedang buming. Bukan hanya dikalangan remaja saja, ayam geprek ini juga sudah banyak disukai oleh kalangan orang tua.

Yang menjalankan bisnis ayam geprek ini sekarang sudah banyak sekalai. Bukan hanya kalangan pedagang biasa saja yang menggeluti bisnis ayam geprek, tapi para kalangan selebritis papan atas juga sudah menggeluti dan ikut meramaikan bisnis ayam geprek ini. Misal contohnya seperti selebritis Ruben Onsu yang sudah terjun terjun ke bisnis ayam geprek dengan memebrikan nama usahanya dengan nama ayam geprek bensu.

Peluang Bisnis Ayam Geprek

Kuliner ayam geprek ini pada dasarnya sangat mudah untuk menjalankannya. Dan dasar dari bahan pengolahan ayam geprek juga seperti ayam goreng biasa, yang membedakan hanya ada tambahan sambal pada  bagian pengolahannya.


Nah untuk anda yang ingin mencoba menjalankan usaha ayam geprek ini, disini kami akan memberikan beberapa tips dan analisa terhadap usaha ayam geprek anda dan ini bisa menjadi acuan untuk usaha yang akan dijalankan nantinya.

Memulai Usaha Ayam Geprek

1. Planning Bisnis

Sebuah planning sebelum menjalankan bisnis adalah hal yang sangat perlu anda perhatikan. Jika merumuskan suatu planning dengan detail maka akan smakin bagus untuk bisnis yang akan anda jalankan.

Anda harus benar-benar mempersiapkan planning dengan sedetail-detailnya sebelum menjalankan usaha, hal ini bertujauan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diingikan.

2. Menentukan Lokasi Bisnis

Menentukan lokasi ini sangatkah berpengaruh besar terhadap bisnis ayam geprek yang akan anda jalankan. Pemilihan lokasi dengan tepat maka akan mendajadi faktor ramainya para pelanggan atau konsumen yang akan datang ke tempat bisnis ayam geprek anda.

Untuk pemilihan lokasi usahakan memilih loksi yang ramai, seperti di pinggir jalan raya atau jalan utama, di permukiman yang banyak penduduknya, di area kampus, serta di area perkantoran.

3. Mempersiapakan Peralatan

Memepersiakan peralatan adalah hal yang tidak kalah penting sebelum anda menjalankan usaha ayam geprek. Karena pada dasarnya untuk usaha ayam geprek ini anda memerlukan yang namanya peralatan untuk mengolah ayam geprek nantinya.

Peralatan yang bisa anda siapkan seperti kompor, gas, penggorengan selengakpnya, cobek, peralatan makan, meja, kursi dan lain-lain.

4. Mempromosikan Bisnis Anda

Hal ini perlu anda lakukan untuk bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, karena dengan melakukan promosi ke banyak orang ini akan berdampak baik untuk bisnis ayam geprek ayang sedang anda jalankan.

Anda bisa melakukan promosi dengan memasanga spanduk, memberikan selebaran brosur, memberikan papan nama, dan mempromosikan ke media sosial agar bisa tersebar luas kepa orang banyak disana.

Strategi untuk Memulai Bisnis Ayam Geprek

Baca Juga : Ide bisnis jajanan modern

1. Pelayanan

Ini sangat perlu diperhatikan, sebagai penjual sepantasnya anda memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan atau calon pelanggan. Jangan sampai anda bersikap tidak mengenakan kepada pelangan atau calon pelanggan, karena hal tersebut akan berdampak buruk terhadap kelangsungan bisnis ayam geprek anda,

2. Kebersihan Tempat

Yang kedua ini juga tidak kalah pentingya yang sangat perlu anda perhatikan. Selalu jaga dan memperhatikan kebersihan tempat bisnis anda, dan jangan sampai para konsumen anda tidak mau datang lagi cuma gara-gara di mata konsumen tempat anda kebersihannya kurang terjaga dengan baik.

3. Variasi Menu

Selalu memberikan inovasi baru terhadap menu bisnis anda untuk diberikan kepad para pelanggan atau konsumen. Jadi menu yang disajikan untuk para pelanggan bisa lebih bervariasi, dan ini akan menjadi point lebih, karen dengan variasi menu baru tentunya para konsumen akan penasaran dengan rasa dan akan segera ingin menjajalnya.

4. Harga dan Nilai

Banyak dari pedagang yang memberikan harga murah agar bisa menarik para pelanggan agar membeli ayam geprek di tempat bisnis anda. Tapi dengan memberikan harga lebih murah dari tempat lainnya bukanlah hal yang tepat untuk menarik para konsumen atau pelangan.

Sebaiknya anda memberikan harga yang normal bahkan kalau bisa berikanlah harga yang lebih tinggi. Tentu dengan memeprsiapka alasan kenapa anda memberikan harga yang lebih tinggi daripada yang lainnya.

Anda bisa mencobanya dengan menonjolkan rasa ayam geprek anda bahawa rasanya lebih jauh enak dari pada yang lain, anda bisa memberikan inovasi baru terhadap ayam geprek anda berupa tampilan yang berbeda dari yang lain. Dengan hal tersebut, maka anda akan bisa menjelasakan alasan anda memberikan harga yang lebih tinggi dari pada yang lain.

Analisa Binsis Ayam Geprek

Dibawah ini ada beberapa analisa mengenai bisnis ayam geprek yang bisa anda lihat.

Baca Juga : Peluang bisnis online tanpa modal besar

Modal Awal
Peralatan untuk memasak lengkapRp 1.500.000
Peralatan untuk makan lengkapRp 1.000.000
Meja dan kursiRp 1.500.000
Kebutuhan tambahanRp 1.000.000
Untuk promosiRp 500.000
TotalRp 5.500.000
 
Biaya Untuk Operasional
Untuk gaji 2 karyawan ( 1 karyawan Rp 1.000.000)Rp 2.000.000
Penyewaan lapakRp 300.000
Ayam potong Rp 35.000 x 10 Ayam x 24 HariRp 8.400.000
Bumbu Rp 45.000 x 24 HariRp 1.080.000
Gas untuk 3 hari Rp 24.000 x 8Rp 192.000
Listrik dan airRp 275.000
PromosiRp 500.000
TotalRp 12.247.000
 
Omset dan Pendapatan
Dalam hal penjualan saya ambil contoh yang terjual 75 porsi dalam sehari dan dalam 1 porsi dijual dengan harga Rp 16.000
Rp 16.000 x 75 porsi x 24 Hari
TotalRp 28.800.000
 
Margin atau Laba
Omset dikurangi biaya Operasional
Rp 28.800.000 - Rp 12.247.000
TotalRp 28.800.000
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar