Skip to main content

3 Tips Menentukan Bisnis untuk Dimulai

3 Tips Menentukan Bisnis untuk Dimulai
www.pixabay.com

3 Tips Menentukan bisnis untuk dimulai - Apakah anda salah satu orang yang ingin memulai usaha? Tapi bingun mau bergerak di bisnis apa. Pertanyaanya mungkin begini: Bisnis apa yang enak ya?

Jika anda tergolong dalam orang-orang yang sudah menabung dengan sedemikian lama sehingga sudah memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis. Atau juga anda masuk dalam orang yang ingin memiliki bisnis dengan modal pas-pasan atau tidak mempunyai modal sama sekali.

Apabila anda sudah berfikir dan merancang sedemikian rupa. Tapi mau usaha ini tidak bisa, mau usaha itu tidak bisa, dan mau usaha yang lain tapi tidak tau dan bingung dari mana untuk memulainya.

Dan bagaimana caranya untuk menemukan usaha yang cocok buat anda, termasuk anda yang ingin memulai sebuah bisnis tanpa modal atau bisnis tanpa modal besar.

Sebenarnya si tidak terlalu suli untuk memeilih dan menentukan bisnis apa yang bagus dan pas untuk kita baru memulai melangkah. Dan di artikel ini mungkin akan bisa membantu untuk keluar dari rasa kebingungan yang sedang di alami.

3 Tips penting untuk yang ingin mulai bisnis

1. Sesuaikan Minat dan Bakat

Kita harus mengenal diri kita sendiri sebaik mungkin seblum kita maju untuk berpearang. Kita harus mengetahui dulu apa kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam diri kita.

Mulailah untuk mengingat apa yang kita sukai untuk menjadi sebuah pekerjaan dan profesi kita di masa depan. Apakah kita menyukai dibidang otomotif, komputer, kuliner, mauapu fashion.

Dan setelah kita menemukan minat apa yang ada dalam diri kita. Maka haruslah kita mengetahui apakah diri kita ini memiliki bakat untuk menggeluti bisnis tersebut. Karena sering terjadi pada seseorang soal minat dan bakat yang tidak sejalan.

Dengan menggeluti bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, maka akan membuat kita tidak memerlukan waktu yang begitu lama untuk mengembangakan sebuah bisnis atau usaha.

2. Sesuaikan Modal

Hal ini jadi poin penting dalam memulai bisnis. Karena dalam mendirikan sebuah bisnis, haruslah memperhatikan dengan baik soal urusan yang satu ini. Kita harus memeriksa kecukupan modal untuk membuka bisnis. Jangalah sampai kita memaksakan diri untuk membuka usaha yang di inginkan namun modal yang dimiliki tidak cukup. Bisa-bisa baru saja membangun bisnis dan mulai berjalan dan membangun nama, namun sudah kehabisan modal di tengah jalan. Hal ini sama persis yang saya alami sendiri dalam membuka bisnis kedai kopi di daerah saya.

Baca Juga : Bisnis online tanpa modal besar

Contoh disini adalah diri saya yang mana membuka usaha kedai kopi, tentunya dalam bisnis kedai kopi memerlukan yang namanya alat untuk membuat kopi bisa menjdai maksimal dan rasanyapun enak. Maka akan membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli alatnya, namun disitu saya tidak memiliki cukup modal dan terkendala di tengah jalan dengan kehabisan modal sehingga mengalami masalah.

Oleh karena itu, pilihlah bisnis yang sesuai dengan modal adalah menjadi hal paling penting untuk memulai usaha.

3. Ambil aksi ( Take Action )

Apapun yang kita pilih dan usaha kecil maupun usaha besar yang mana menggunakan modal yang tidak sedikit, akan percuma saja jika kita tidak segera memulainya dari sekarang. Bisa-bisa semangat yang ada dalam diri kita malah hilang.

Memang semua itu tidak mudah dan membutuhkan proses, tapi kalau kita yakin makan akan bisa terbukti untuk bisa menjadi pengusaha atau pebisnis yang sukses.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar