Skip to main content

50+ Makanan Khas Indonesia yang paling banyak di sukai semua orang

makanan khas indonesia paling populer
gambar oleh travel.tribunnews.com

Makanan Khas Indonesia - Memang Indonesia itu adalah negara yang sangat dikenal dengan keanekaragaman kulinernya. Banyak sekali makanan khas Indonesia yang terdiri dari khas masing-masing daerah, Indonesia juga sering sekali dijadikan objek kuliner baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Selain itu, makanan Indonesia juga sangat dikenal dengan kelezatan dan juga bahan alami dari bumbu dan rempah-rempah yang digunakannya.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kuliner khas Indonesia, kami disini akan mengulas beberapa makanan khas Indonesia yang paling banyak disukai oleh semua orang.

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan yang berasal dari negara Indonesia yang paling banyak disukai oleh semua kalangan. Nasi goreng ini dibuat dari nasi yang digoreng dengan bumbu-bumbu dan juga bahan lainnya seperti telur, irisan daging ayam, sayuran, ikan dan masih banyak lainnya. Nasi goreng ini banyak disukai dan banyak dicari oleh orang karena memiliki rasa yang khs dan sederhana, nasi goreng juga makanan yang paling mudah dibuat, nasi goreng juga sering terdapat di menu-menu restoran berbintang.

Nasi Padang

Nasi padang ini adalah masakan khas dari daerah Padang. Makanan ini di hidangkan secara lengkap baik itu dari nasi, ikan, sayuran dan juga daging. Nasi padang ini sering tersedia di tempat warung nasi padang dengan menggunakan bangunan yang bergaya khas rumah padang dan juga gaya khas etalesenya yang ada didepan serta terdiri dari hidangan dan piring yang disusun sedemikian rupa.

Rendang

Masakan rendang ini terdiri dari daging sapi dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia yang dimasak dengan berulang-ulang menggunakan santan hingga kuahnya mengering, rendang ini biasanya terdapat di rumah makan padang dan makanan rendang ini sangat populer di berbegai negera seperti Singapura, Malaysia dan negara lainnya.

Sate

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah sate. Sate ini adalah makanan khas yang berasal dari Jawa, sate ini terbuat dari daging ayam ada juga yang terbuat dari daging bebek, dan daging lainnya dengan di potong-potong kecil kemudian di tusuk dengan lidi yang selanjutnya dipanggang dengan bara apai dari arang kayu. Biasanya sate ini disajikan bersamaan dengan lontong, kuah kacang dan bumbu lainnya. Sate ini sangat populer menjadi makanan Khas Indonesia.

Tempe

Siapa coba yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Ya, tempe merupakan makanan yang berasal dari Indonesia yang terbuat dari bahan kacang kedelai dengan di frementasi . Tempe sendiri sekarang banyaka sekali disukai oleh warga Indonesia maupun luar negeri. Tempe di Indonesia dijadikan lauk pauk yang dihidangkan dengan mempunyai rasa yang sangat lezat.

Gago-gado

Gado-gado terbuat dari bahan sayur-sayuran yang direbus dan juga dicampur menjadi satu serta ditambah dengan kuah sambal kacang dengan disertai irisan telur untuk tambahan biar lebih lezat. Gado-gado biasanya juga ditambahi dengan rebusan kentang bersamaan yang dimasak dengan bumbu kacang dan kemudian ditaburi dengan bawang goreng kering diatasnya.

Sop Buntut

Penggemar sop pasti sudah tidak asing lagi dengan sop yang satu ini. Sop buntuk adalah makanan yang terbuat dari potongan buntuk atau ekor sapi yang dibumbui dan kemudian dibakar atau digoreng kemudian dimasukan kedalam kuah kaldu sapi dengan ditambahi dengan irisan sayuran seperti kentang, tomat, wortel, selada, bawang goreng, dan lain-lain.

Ayam Penyet

Ayam penyet juga menjadi makanan khas Indonesia yang cukup populer. Ayam penyet ini sangat digemari oleh orang. Ayam penyet ini rasanya sangat enak dan lembut ketika di makan serta bisa membuat ketagihan. Biasanya ayam penyet ini disajikan dengan beberapa sayuran dan sambal yang super pedas.

Gudeg

Makanan khas Indonesia berikutnya adalah Gudeg. Gudeg ini makanan khas dari daerah yogyakarta, gudeg terbuat dari olahan nangka muda yang dimasak dengan santan dan beberapa bahan lainnya. Masakan yang satu ini sangat banyak digemari oleh masyarakat diberbagai Negara, karena gudeg ini memiliki rasa yang sangat enak dan masakan gudeg ini juga ada beberapa jenis seperti gudeg bsah dan gudeg kering.

Bakso

Nah bakso ini adalah makanan khas Indonesia yang sangat populer diberbagai negara bahkan mantan presiden Amerika saja si barak obama sangat menyukai bakso. Bakso dibuat dari daging sapi, yang digiling dan dicampuri dengan tepung lalu dibulatkan sampai berbentuk bola. Penyajian dari bakso sendiri dicampuri dengan kuah, bihun, mi kunig, toge, dan beberapa bahan lainnya.

Soto

Soto juga menjadi makanan khas Indonesia yang populer di masyarkat Indonesia. Soto terbuat dari kaldu daging dan juga sayuran. Daging yang paling sering digunakan dalam pembuatan soto adalah daging ayam. Soto sering dihidangkan dengan nasi, lontong dan lain-lain. Soto juga bisa dihidangkan berbagai mcam lauk seperti kerupuk, irisan ayam, dan juga berbagai bahan lainnya tergantung juga dari selera masing-masing para penikmat soto.

Pecel

Makanan pecel ini terbuat dari beberapa kombinasi sayuran seperti sayur kacang, kangkung, bayam, timun, toge dan sayuran lainnya dengan dicampuri kuah sambal kacang. Pecel ini sering dijumpai pada warung-warung yang ada diberbagai daerah. Cara peyajian dari pecel juga terbilang unik yaitu menggunakan daun pisang yang diatasanya di kasih pecel.

Mie Ayam

Mie ayam sendiri jenis masakan khas Indonesia yang terbuat dari kuah ayam dengan dicampuri mie, ayam, dan beberapa sayuran.

Nasi Uduk

Selanjutnya adalah makanan nasi uduk, nasi uduk ini juga termasuk makanan khas Indonesia yang sudah sejak lama ada di negera tercinta kita ini. Nasi uduk sendiri terbuat dari bahan berupa nasi putih yang di aron dan dikukus dengan santan serta di bumbuni dengan jahe, merica, kayu manis dan bahan lainnya. Nasi uduk sering dihidangkan bersama kerupuk, sambal, telur, mentimun, tempe dan bahan lainnya.

Lontong

Lontong adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dikukus dengan daun pisang. Lontong ini bisa juga diesbut ketupat cuma kalau lontong lebih banyak campuran bahannya didalam lontong itu sendiri.

Gorengan

Makanan khas Indonesia yang satu ini sering sekali dijual di pinggiran jalan. Makanan yang satu ini banyak sekali jenisnya misal seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, dan masih banyak yang lainnya. Gorengan ini sering dijadikan camilan disiang hari atau selagi istirahat kerja.

Rujak

Rujak ini menjadi makanan khas Indonesia yang banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Rujak ini terbuat dari berbagai bahan campuran buah-buahan dan juga sayuran, rujak disajikan dengan sambal yang super peda, tergantung juga dari selera masing-masing.

Pempek

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah pempek. Pempek adalah makanan khas daerah palembang yang sekarang ini banyak sekali dijual diberbagai daerah dan sudah sangat populer dikalagan masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang begitu enak dan gurih. Pempek terbuat dari bahan daging ikan yang digiling halus, telur, bawang merah dan tepung kanji atau pati.

Baca juga : Makanan khas semarang

Kerak Telor

Kerak telor juga menjadi makanan khas Indonesia yang mana berasal dari daerah Jakarta. Kerak telor terbuat dari bahan beras ketan putih, udang kering, telur, bawang merah yang digoreng kering, kemudian diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa, jahe, bawang merah, caba merah, garam, gula pasir, dan juga merica. Kerak telor ini sangat enak rasanya, dan menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat sekitaran Jakarta, dan sekarang ini makanan kerak telor sudah tersebar luas diberbagai daerah yang ada di Indonesia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar