Skip to main content

Kuliner Khas Semarang Terpopuler Sepanjang Masa

Kuliner khas semarang - Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang sangat terkenal akan beberapa objek wisata yang sangat menarik. Semarang memiliki beberapa objek wisata yang sangat terkenal, mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kekinian yang bisa Anda temukan di kota Semarang ini.

Selain terkenal akan wisatanya, kota Semarang juga terkenal akan berbagai kuliner khas yang mana memiliki cita rasa tersendiri. Banyak sekali kuliner khas semarang yang bisa Anda temui jika sedang berliburan di Semarang. Untuk mengetahui lebih lanjut dan ingin tahu apa saja kuliner khas semarang, berikut ini kami ulas beberapa kuliner khas semarang yang sangat populer.

kuliner khas semarang terpopuler

Lumpia Semarang

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan lumpia ini. Lumpia semarang kini menjadi pembahasan kuliner khas semarang pertama dalam artikel ini. Ya, lumpia semarang adalah makanan khas semarang yang paling populer dari waktu kewaktu yang tidak pernah tumbang kepopulerannya. Banyak dari orang yang sedang berliburan di Semarang akan membawa pulang oleh-oleh lumpia semarang ini.

Walapun lumpia adalah kuliner yang berasal dari negeri China. Tapi label khas Semarang sudah sangat melekat kuat pada makanan yang satu ini, sehingga sampai saat ini lumpia tetap terkenal menjadi kuliner khas Semarang terpopuler.

Makanan yang satu ini memiliki dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia kering Kedua-dauanya memiliki cita rasa tersendiri yang sangat enak. Sebenarnya yang membedakan dari kedua lumpia ini hanya dari masalah selera saja. Makanan lumpia sangatlah cocok untuk digunakan sebagai cemilan saat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Tahu Pong

Kuliner khas Semarang yang kedua adalah Tahu Pong. Apasih itu Tahu Pong? Tahu pong adalah makanan khas kota semarang yang cukup populer di kalangan masyarakat. Jika Anda pecinta makanan tahu, maka tahu pong ini sangat cocok buat Anda. Tahu pong ini sangat cocok disajikan bersama dengan gimbal atawa petis yang sejenis cocolan yang terbuat dari udang.

Tahu Gimbal

Nah kuliner yang memiliki agak unik ini adalah jenis kuliner khas semarang yang cukup populer juga di kalangan masyarakat. Tahu gimbal adalah udang yang diogoreng dan dibalut dengan tepung dengan menyerupai rempeyek udang. Udang yang digunakan adalah udang yang berukuran besar dan di goreng sampai matang tapi setengah basah.

Kenapa kuliner yang satu ini dikenal dengan nama tahu gimbal? Karena tahu gimbal ini disajikan bersama dengan tahu putih, lontong dan sayuran seperti toge dan kol. Kemudian makanan ini ditaburi dengan bawang goreng dan di sirami sambal kacang. Makanan ini hampir mirip dengan tahu masak, yang membedakan hanya di udangnya saja serta cita rasa dari makanan ini.

Pisang Plenet

Apa itu pisang pelenet? Pisang plenet ini adalah makanan yang mana pisangnya dibakar dengan bara api sampai kecokelatan, yang kemudian di plenet di atas papan, setelah itu diolesi dengan margarin. Kuliner pisang plenet ini terdapat tiga pilihan rasa yang ditaburkan diatasnya.

Kenapa dinamakan pisang plenet? Ya, karena pisang ini ini diplenet atawa di pneyet setelah matang. Kata plenet ini di ambil dari bahasa Jawa. Untuk pisang yang digunakan buat pembuatan pisang plenet biasanya dari pisang kapok raja yang benar-benar sudah kuning.

Wingko Babad

Kuliner khas semarang yang terakhir adalah wingko babad. Wingko babad ini adalah makanan yang terbuat dari beras ketan dan kelapa yang dibakar. Makanan wingko babad memiliki cita rasa yang sangat gurih, enak dan maknyos. Makanan yang satu ini juga awet dan tahan lama bisa sampai tiga dan lima hari.

Baca juga : Makanan khas indonesia

Selain rasa ketan berpadu kelapa, wingko babad sekarang juga memiliki banyak variasi rasa, misal seperti rasa nanas, rasa duren, rasa strawebeerry, rasa nangka dan rasa cokelat. Bukan hanya itu saja, sekarang juga ada beberapa rasa wingko babad lainnya yang sangat kekinian.

Itulah ulasan kuliner khas Semarang yang sangat populer di kalangan para wisatawan yang sedang berada di Semarang. Nah jika Anda tertarik, jangan lupa untu mampir untuk membeli oleh-oleh kuliner khas Semarang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar