Skip to main content

Komponen-komponen pada Motherbord serta Fungsinya

Motherboard atau disebut juga dengan nama mobo adalah komponen pada komputer yang berbntuk papan sirkuit yang mana fungsinya untuk alat yang menghubungkan antara komponen satu dengan yang lain pada komputer. Motherboard ini fungsinya adalah untuk menghubungkan komponen-komponen yang ada dalam komputer melalui jalur elektrik yang disebut dengan nama bus sehingga komponen bisa saling terhubung. Maka di artikel kali ini kami akan membahas informasi tentang bagian dan komponen apa saja yang ada pada motherboard berserta fungsi-fungsinya.

Komponen-komponen pada Motherbord
www.pixabay.com

Bagian pada Motherboard

1. Sirkuit Papan

Sirkuit Papan

Papan sirkuit adalah tempat yang menghubungkan anatra komponen yang ada pada motherboard atau penghubung komponen yang ada di motherboard.

2. Socket Processor

 Socket Processor


Socket processor ini adalah tempat dimana processor di pasangkan atau rumah untuk processor yang mana fungsinya adalah untuk menghubungkan atau menjalankan processor dengan motherboard.

3. Slot RAM

Slot RAM

Slot Ram ini fungsinya untuk tempat memory atau random access memory ( RAM )

4. Slot PCI

Slot PCI

Slot Pci adalah slot yang berfungsi untuk tempat kartu jaringan, sound card, dan beberapa bagian interconnect lainnya, pci ini adalah kependekan dari nama : periferal componen interconnect.

5. Slot PCI-E

 Slot PCI-E

Slot Pci-E ini fungsinya sebagai tempat untuk komponent grafik atau kartu grafis atau disebut juga dengan vga card

6. Cmos ( complimentary metal oxide semiconductor )

Cmos ( complimentary metal oxide semiconductor )

Cmos ini adalah baterai kecil yang berfungsi sebagai penyimpan energi untuk pengaturan yang ada pada komputer yaitu pada biosnya. Baterai cmos ini biasanya berfungsi untuk menyimpan konfigurasi yang ada pada komputer dan waktu supaya pada saat komputer dimatikan konfigurasinya tidak hilang.

7. Primary And Second Ide Interface

Primary And Second Ide Interface

Primary And Second Ide Interface ini adalah pendukung untuk perangkat IDE seperti hardisk dan cd room atau dvd room.

8. Slot Sata

Slot Sata

Slot sata adalah komponen yang menghubungkan serial ATA seperti hardisk dan dvd room. Dan merupakan kependekan dari serial advenced technology attachment.

9. BIOS

BIOS

Bios ini merupakan tempat beradanya chip yang berfungsi untuk post ( power of selft test ) dan bios ini adalah singakatan dari basic input output system.

10. Slot Kabel Power

Slot Kabel Power

Fungsi dari slot kabel power adalah untuk menghubungkan antra motherboard ke power supply

11. Port RJ45

Port RJ45

Port Rj45 ini merupakan port atau tempat yang ada di motherboard untuk penghubung ke konektor jaringan yaitu Rj45 sehingga komputer bisa menerima jaringan internet dari provider.

12. Port Usb

Port Usb

Port usb ini sebuah tempat yang ada di motherboard dan fungsinya adalah sebagai konektor usb seperti flasdisk, kabel data, modem, mouse, keyboard dan lain-lain.

13. Audio Port

Audio Port

Audio Port adalah komponen pada motherboard yang fungsinya untuk menghubungkan ke komponen audio seperti speaker aktif atau headphone.

14. Port VGA

Port VGA

Dan yang terakhir adalah port VGA. Port Vga ini adalah tempat untuk colokan kabel vga yang menghubungkan antara komputer dengan monitor agar dapat menampilkan gambar pada monitor.

Itulah beberapa komponen pada motherboard serta fungsi-fungsinya yang kami sajikan untuk anda semua yang sedang mencari informasi mengenai kompenen pada motherboard komputer dan fungsi dari komponenn tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar