Skip to main content

Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dengan Benar

Manfaat daun pepaya - Daun pepaya ini memiliki rasa yang pahit dan sering dijadikan pakan ternak oleh kebanyakan orang. Tapi jika anda teliti lebih jauh mengenai daun pepaya, ternyata dibalik rasa pahitnya itu daun pepaya ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Contoh yang sudah terkenal dari manfaat daun pepaya ini adalah untuk mengatasi sembelit serta DBD ( Demam Berdarah ).

Cara Mendapatkan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dengan Benar
www.pixabay.com

Telah dilakukan sebuah penelitian dan mereka menyimpulkan bahwa daun pepaya jika di bikin jus dan meminumnya akan mendapatkan khasiat yang lebih baik daripada mengolahnya sebagai bahan makanan. Selain itu, daun pepaya yang masih muda dan segar memiliki kandungan yang lebih lengkap dan bagus dari pada daun pepaya yang sudah tua.

Kandungan daun pepaya

Sebuah penelitian yang mengatakan bahwa daun pepaya itu memiliki kandungan senyawa aktif yang termasuk banyak. Dan senyawa aktif ini diketahui sangatlah ekeftif dalam mengatasi masalah kesehatan sepeti tumor dan kanker. Penelitian ini dikatakan oleh seorang peneliti Nam Dang, MD. Ph.d berasal dari University of Florida.

Sebuah penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa dalam daun pepaya muda dan segar memiliki kandungan Tocophenol, kalsium, vitamin B1. protein, vitamin A serta karbohidrat. Daun pepaya muda juga mempunyai sebuah enzim papain yang mempunyai khasiat sebagai memecah protein.

Untuk daun pepaya tua juga memiliki kandungan yang hampir sama, namun di daun pepaya yang tua lebih identik dengan kandungan senyawa fenolik, khimoprotein, dan lisozim. Dan untuk enzim lisozim ini berfungsi sebagai anti-bakteri yang mampu untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh kita.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Kita akan merasakn manfaat dari jus daun pepaya, karena terdapat kandungann nutrisi yang banyak didalamnya. Nah berikut ini ada beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

1. Manfaat daun pepaya buat DBD ( Demam Berdarah )

Ternyata manfaat dari daun pepaya ini sangat bagus untuk mengatasi demam berdarah. Karena daun pepaya ini memiliki kandungan zat aktif yang mampu menstabilkan kembali tubuh orang yang sedang mengalami DBD. Dengan cara bagi penderita meminum rebusan daun pepaya segar secaraa rutin.

2. Manfaat daun pepaya bagi ibu menyusui

Kandungan yang terdapat dalam daun pepaya ternyata memiliki manfaat buat ibu menyusui. Karena beberapa kandungan yang ada dalam daun pepaya segar terkenal mampu untuk melancarkan produksi ASI. Caranya bagi anda seorang ibu menyusui bisa mengolahnya menjadi jamu atau juga bisa dijadikan bahan masakan sehari-hari anda.

3. Manfaat daun pepaya buat sistem pencernaan

Manfaat dari daun pepaya muda dan segar berikutnya adalah untuk menjaga dan memperbaiki sistem pencernaan didalam tubuh. Dengan mengkonsumsi jus daun pepaya muda dan segar secara rutin dapat membeikan dampak yang baik untuk melancarkan pencernaan. Karena daun pepaya memiliki kandungan zat karpin.

4. Mencegah kanker

Manfaat dari daun pepaya selanjutnya adalah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pda tubuh. Karena didalam daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan kandungan antioksidan inilah yang berperan dalam menangkal serangan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh manusia.

5. Mengatasi jerawat

Banyak dari orang yang memiliki masalah jerawat pada muka. Jerawat ini umumnya akan muncul jika terjadinya perubahan hormon didalam tubuh. Dan anda bisa memakai masker wajah yang terbuat dari daun pepaya muda dan segar untuk mengobati dan mengatasi jerawat yang membandel pada kulit wajah, gunkanlah secara rutin biar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Menambah nafsu makan

Untuk mengatasi nafsu makan anak anda bisa menggunakan manfaat dari jus daun pepaya muda mentah. Jika anda orang tua yang mempunyai anak susah untuk makan, anda bisa mencobanya dengan memberikan air perasan daun pepaya muda kepa anak anda. Buat menghindari rasa yang sangat pait anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasa pahitnya berkurang.

7. Manfaat daun pepaya buat tulang

Ternyata manfaat dari daun pepaya bisa untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Karena daun pepaya mempunyai beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh misal seperti kalsium,. Buat memperoleh manfaat dari daun pepaya anda bisa mengolahnya sebagai jus dan juga sebagai sayur.

8. Manfaat daun pepaya buat diabete

Setiap orang sangat rentan terkan masalah gula darah tinggi atau diabetes. Banyak sekali faktor yang bisa memicu anda terkena masalah gula darah tinggi dan salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa memanfaatkan rebusan air daun pepaya. Cara membuatnya anda siapkan dulu beberapa helai daun pepaya kering dan rebus dengan air secukupnya, rebus sampai air tinggal setengah dan saring. Lalu minum air rebusan itu secara rutin biar kadar gula dalam darah bisa normal kemabali.

Cara Mengolah Daun Pepaya

Cara Mengolah Daun Pepaya

Buat mengolah daun pepaya agar mendapatkan manfaat bagi kesehatan anda bisa simak beberapa cara di bawah ini, untuk mengolah daun pepaya ini tergantung dari keperluan masing-masing.

1. Sebagai Teh

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya anda bisa menjadikan daun pepaya ini sebagai teh. Dengan cara mengeringkan daun pepaya, setelah kering rebus daun pepaya dengan air secukupnya. Rebuslah daun pepaya yang sudah kering hingga airnya menjadi setengah dan saring. Tambahakan gula sedikit saja lalu minumlah.

2. Sebagai Jus

Selain dijadikan teh, unutk mendpatkan manfaat dari daun pepaya selanjutnya adalah dijadikan sebagai jus. Anda bisa mengolah daun pepaya sebagai jus biar mendapatkan manfaatnya, dengan cara menghaluskan daun pepaya dengan blender sampai menjadi bubur dan minumlah secara ruitn setiap hari, Jika tidak suka dengan rasa yang sangat pahit, anda bisa menambahkan madu kedalamnya.

3. Sebagai Masker

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya yang teakhir adalah dijadikan sebagai masker. Menjadikan daun pepaya sebagai masker ini bisa anda rasakan manfaatnya seperti menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda. Selain itu masker daun pepaya ini juga bisa dijadikan perawatan seacara alami dirumah tanpa harus memakai masker kecantikan yang terbuat dari bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kulit wajah anda.

Baca Juga :
Efek Samping dari Daun Pepaya untuk Kesehatan

Memang manfaat atau khasiat dari daun pepaya ini tidak perlu di ragukan, karena memiliki kandungan yang cukup lengkap yang baik buat kesehatan. Tapi di balik semua itu ada beberapa efek sampingnya dan akan terjadi masalah pada seseorang yang mengkonsumsinya. Berikut ini ada beberapa efek samping dari daun pepaya yang perlu anda ketahui.

1. Dapat memicu reaksi alergi

Mereka yang mengkonsumsi daun pepaya dengan benar pastilah tidak akan mendapatkan yang namanya maslah. Namun jika mengkonsumsinya dengan jumlah yang terlalu banyak maka akan dapat memicu yang namanya masalah dalam tubuh mereka. Ada beberapa kasus, seseorang yang mengkonsumsi ekstrak daun pepaya dengan berlebihan dan terlalu sering akan memicu yang namanya timbul masalah alergi. 

2. Berbahaya bagi ibu hamil

Manfaat daun pepaya bagi ibu hamil memang tidak perlu anda ragukan, namun buat seorang yang sedang hamil ? Bagi seorang ibu hamil tidak lah untuk disarankan buat mengkonsumsi daun pepaya muda. Karen daun pepaya ini memiliki kandungan enzim papain yang mana kandungan tersebut sangat membahayakan janin yang ada dalam perut bunda.

Baca Juga : Maanfaat maggis untuk ibu hamil

Oleh karena itu, sebaiknya ketahuilah dulu batas aman dalam mengkonsumsi yang namanya daun pepaya muda agar tidak akan menimbulkan yang namanya dampak buruk bagi kesehatan anda. Nah itulah informasi mengenai cara mendapatkan manfaat daun pepaya bagi kesehatan dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar