Skip to main content

Cara Memilih Processor Laptop yang Bagus

Processor adalah komponen hadware yang ada pada komputer atau laptop yang fungsinya untuk memproses data dan mengontrol jalannya sitem yang ada pada laptop atau komputer. Processor ini bisa juga disebut dengan otaknya laptop karena processor inilah yang menjalankan perintah-perintah dan dapat bekerja sesuai yang telah diperintahkan oleh pengguna laptop maupun komputer. Selain itu, processor ini banyak sekali jenis dan tipenya mau itu dari laptop ataupun komputer. Processor pada laptop jaman sekarang ini sudah ada yang tidak bisa di ganti lagi atau di upgrade, karena processor yang ada pada laptop jaman sekarang ini sudah melekat ke mainboard laptop sedangkan kalau processor pada komputer sendiri masih bisa diganti atau di upgrade, namun harus yang sesuai dengan soket dan tiper processor tersebut.

Cara Memilih Processor Laptop yang Bagus
www.pixabay.com

Processor ini adalah bagian komponen yang terpenting yang ada di laptop maupun komputer, tanpa adanya processor ini pasti laptop tidak akan bisa berfungsi selayaknya seperti laptop pada umumnya, boro-boro berfungsi mau nyala be engga.

Processor ini berperang penting pada laptop dan komputer, karena adanya processor maka komputer bisa menjalankan kode intruksi yang diberikan oleh para pengguna komputer. Misal, seorang pengguna komputer mengetik salah satu tombol keyboard, maka sebelum huruf atau angka di tampilkan di layar komputer, perintah tersebut akan di salurkan dulu ke processor dan processor akan mengeksekusi kode yang diberikan dan akan menampilkan di monitor sesuai dengan perintah tersebut.

Selain itu, seorang yang sedang menjalankan progam lain seperti bermain game dan lain sebagainya processor akan mengeksekusi perintah-perintah dengan cepat, kecuali perintah yang diberikan atau saat menjalankan software yang memerlukan processor lebih berat. Oleh karena itu, disi admin masmalik.com akan membahas sedikit tips cara memilikh processor laptop yang bagus, sehingga anda dapat memilih dan mengetahui processor mana yang bagus serta dapat memberikan performa yang lebih baik.

Tentukan Kebutuhan

Untuk memilih processor laptop atau komputer anda harus memperhatikan satu hal terlebih dahulu yaitu tentukan dulu kebutuhannya buat apa.Perhatikan fungsi dari laptop tersebut, dan apa penggunaanya memerlukan processor yang tinggi atau processor yang sedang-sedang saja. Laopto atau komputer itu sendiri memiliki banyak jenis processor mau itu di khususkan untuk pekerjaan ringan, berat ataupun yang sangat berat seperti editing serta gaming.

Baca Juga : Cara memilih laptop bekas yang berkualitas

Memang kalau laptop menggunakan processor yang tinggi makan akan mendapatkan performa yang tinggi juga, jadi disini anda harus melihat dulu kebutuhan untuk menggunakan laptop itu untuk apa agar uang yang di keluarkan tidak menjadi percuma ataupun sia-sia. Seperti anda membeli laptop dengan spek tinggi yang mempunyai processor tinggi dan bagu tapi cuma buat menonton vidio, mengerjakan tugas dan lain-lain, padahal kan ada juga laptop yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut dengan harga yang ralatif murah juga.

Menentukan Tipe dan Jenis Processor

Untuk memilih jensi atau tipe processorpun banyak sekali, apalagi sekarang perusahaan atau suatu brand terus belomba-lomba untuk mengeluarkan banyak tipe processor, mau itu processor dengan spesifikasi tinggi ataupun dengan spek yang rendah dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini daftar jenid dan tipe processor komputer atau laptop yang sering di gunakan.

Baca Juga : Komponen pada motherboard dan fungsi
  • Processor Intel : Intel adalah salah satu perusahaan yang menyediakan processor baik itu mau laptop atau komputer bahkan untuk smartphone. Intel merupakan perusahaan yang merajai dalam dunia processor komputer atau laptop kerena memberikan kualitas yang sangat baik untuk digunakan dan sudah dikenal banyak orang. Untuk jenis dan tipe processor intel ini juga banyak seperti Intel pentium, Celeron, Core 2, Quad Core, serta serti Core I.
  • Processor AMD : Amd ini adalah perusahaan yang juga menyediakan processor sama seperti Intel. Amd ini juga penyedia processor yang sebanding degnan Intel, yang menggunakan processor ini juga banyak seperti seri amd atom, amd apu, amd ryzen dan beberapa seri lainnya untuk digunakan kegiatan ringan maupun berat seperti editing dan gaming.
Lihat Generasi Processor

Memilih processor selain sudah melihat atau memilih brand serta tipenya maka selanjutnya tinggal memilih dengan melihat generasi processor. Perkembangan processor semakin lama semakin bagu dan memunculkan jenis dan tipe processor yang terbaru. Untuk kenaikan performa sebuha processor cukup tinggi dibandingkan dengan pendahulunya, walaupun ada 2 tipe processor yang sama tapi beda seri dan terdapat perbedaan performa yang cukup tinggi. Seperti contoh processor Intel yaitu generasi Core I yang memiliki performa lebih tinggi dan lebih baik daripada generasi sebelumnya begitu juga dengan processor amd. 

Selain itu, untuk penggunaan ataupun konsumsi daya akan lebih rendah sehingga laptop maupun komputer bisa menjadi hemat listrik, untuk generasi dengan tipe yang samapun juga berpengaruh misal seperti processor Intel Core i 3 gen 5 vs Core i3 gen 8, dalam hal ini pastinya yang memiliki performa lebih baik yaitu core i 3 gen 8.

Jumlah Core Processor

Processor dengan jumlah core banyak belum tentu lebih baik, namun processor dengan core yang banyak maka dapat membuat kinerja laptop atau komputer lebih cepat karena pembagian tugas atau perintah itu dapat dijalankan dengan jumlah core yang ada terutama saat melakukan multi taskting atau menggunakan applikasi banyak sekaligus. Maka dalam hal ini jumlah core dari processor sangat penting, karena dengan adanya banyak core maka didalam laptop atau komputer kinerjanyapun menjadi lebih cepat saat membuka kegiatan secara banyak terlebih kalau program atau software yang memerlukan processor yang banyak core nya.

Di dalam processor terdapat beberapa istilah yaitu :
  • Dual Core : Memiliki 2 Core
  • Quad Core : Memiliki 4 Core
  • Hexa Core : Memiliki 6 Core
  • Octa Core : Memiliki 8 Core
  • Core 2 Duo : Memiliki 2 arsitektur core serta setiap srsitektur itu memiliki 2 core.
Daya yang Digunakan

Sebuah komponen pastinya memerlukan yang namanya daya termsuk juga processor, processor yang memakai daya rendah pastinya dalam menggunakan listrik akan lebih hemat dan di laptop baterai akan menjadikan lebih tahan lama, biasanya dalam tipe processor terbaru pasti memiliki daya yang lebih rendah.

Fitur yang ada di Processor

Processor ini memiliki fitur seperti overclocking atau overclock yaitu meningkatkan kinerja proses processor agar lebih cepat. Dalam processor sudah di setting jumlah kecepatan basenya, jadi adanya fitur overclok processor akan menjadi lebih cepat prosesnya dari kecepatan yang sudah diatur pada basenya. Namun ada kekurangannya yaitu processor akan lebih cepat panas maka dari itu memrlukan cooling atau pendingin biar processor atau komponen yang lainnya tidak rusak. Beberapa processor ada yang memiliki fitur overclok dan juga tidak memiliki fitur overclock, jadi ya sesuaikan dengan kebutuhan anda apakah memerlukan processor yang bisa di overclock atau tidak.

Nama Processor

Buat processor jangalah terlalu memperhatikan nama seperti core i3 gen 5 dan processor core i3 gen 8, walaupu lebih cepat processor core i3 gen-8 walau namanya sama-sama core i3, jadi jangalah terlalu terpaku dalam sebuah nama saja dan ini berlaku untuk tipe dan generasi lainnya,

Harga Processor

Selanjutnya adalah melihat harga processor. Memilih processor baik itu untuk laptop atau komputer perhatikan juga harga processor tersebut, kalau di laptop biasanya sudah dalam satu paket dan di komputer juga bisa sudah satu paket tapi ada juga yang terpisag. Harga processor ini harus diperhatikan, karena dengan komponen yang berkualitas pastinya harganya juga pasti mahal. Tapi kadang ada juga laptop dengan beda processor tapi harganya sama, maka dari itulah selalu perhatikan dulu harganya dan cek kembali spesifikasi processor yang dipakai pada laptop tersebut agar dapat menentukan processor yang memiliki performa yang maksimal tapi dengan harga yang sama.

Perbandingan Benchmark

Setelah anda selesai menentukan processor, maka anda perlu memperhatikan juga sejauh mana performa processor tersebut dengan processor lainnya. Dalam uji coaba benchmark setiap komponen seperti processor terdpat juga score yang telah diberikan dari hasil uji benchmark secara real dan bukan hasil dari voting atau yang lannya. Untuk melihat benchmark sendiri anda bisa menggunakan website baik itu lokal maupun international.

Dalam memilih sebuah processor mau itu buat laptop maupun komputer haruslah di lihat dulu dari kebutuhan dan penggunaannya jadi jika anda membeli laptop atau komputer dengan processor tinggi maka tidak akan sisa-sia dan dalam membelinyapun bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar