Skip to main content

Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Jika Anda sedang dalam proses membangun sebuah website apa salahnya jika Anda memahami sedikit tentang pengetahuan dasar coding. Ada beberapa manfaat yang akan didapatakan jika mempelajari coding.

Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Jika Anda mengetahi coding, Anda dapat mengelola website dengan baik dan tidak perlu menggunakan jasa website developer untuk mengembangkan website yang Anda punya. Jika memiliki kemampuan coding akan bisa membantu Anda untuk mengeksplorasi fitur-fitur website dengan lebih leluasa dan sesuai dengan keinginan Anda mau dibuat seperti apa websitenya nanti.

Naha jika Anda ingin belajar dan ingin menguasai coding, berikut ini ada referensi website yang bisa Anda gunkana untuk belajar coding secara online.

1. Code Academy

Website yang pertama ini memiliki user lebih dari 24 juta orang yang ada didalamnya. Code Academy ini layak untuk disebut sebagai salah satu situs website yang paling banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin belajar mengenai coding secara online dan gratis.

Banyak sekali tawaran yang beragam tentang kursus online yang bisa Anda maksimalkan melalui platform ini misal mulai dari Programming for beginner hingga ke materi mengenai bahasa pemrograman tingkat lanjut.

Untuk metode pembelajaran dan pendekatan pada Code Academy yang dilakukan bisa dibilang sangat cukup interaktif. Dalam proses pembelajarannya Anda akan mendapatakan teori, bahkan bukan teori saja yang didapatkan oleh Anda, tapi juga bisa langsung mengapplikasikan apa yang telah Anda pelajari.

Untuk konten seputar coding juga memiliki kuota waktu hingga 300 juta jam, dan ini sangat cocok untuk para pemula maupu programer yang sudah berpengalaman. Untuk masalah bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari di dalamnya adalah bahasa HTML, JavaScript, CSS, jQuery, PHP, Python, dan bahasa pemrograman Ruby.

2. BitDegree

Terdapat banyak sekali tawaran kursus gratis yang diberikan oleh BitDegree. Kursus online tersebut juga bukan hanya berupa programming untuk membangun sebuah website saja, tapi juga programming untuk development.

Jika Anda ingin memulai kursus onlien di DeGree ini, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan memilih bahasa apa yang ingin digunakan oleh Anda. Untuk pilihan bahasa di dalam DeGree ini terdiri dari bahasa inggris, spanyol, portugis, rusia dan juga Indonesia. Dan selanjutnya, Anda bisa memilih kahlian apa atau juga skill apa yang ingin Anda pelajari melalui platform tersebut.

Baca juga : Bahasa pemrogaman paling populer

Masalah kursu pemrograman, ada beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari dalam BitDeGree ini yaitu bahasa HTML, CSS, PHP, JavaScript, SQL, dan bahasa pemrograman JQuery. BitDeGree ini juga menyediakan sistem rewad bagi meraka yang sudah berhasil menyelesaikan kursus yang telah di ambil.

3. Code School

Bagi Anda yang ingin mempelajari coding secara gratis maupu berbayar, Code School ini adalah platform yang mampu mengakomodirnya. Website yang satu ini telah memiliki lebih dari satu juta pengguna dari berbagai belahan dunia.

Kursus online di dalam Code School ini ditentukan dari bahasa pemrograman yang diplih dan juga keahlian yang dikuasai.

Dalam Code School Anda bisa memilih untuk mempelajari bahasa pemrograman seperti bahasa HTM, CSS, JavaScript, PHP, Python, iOS, Ruby, Elixir, dan Database.

4. Codewars

Di Codewars Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, C#, Python, dan SQL dengan melalui rangkaian tentangan atawa challenge. Dan untuk tantanganyapun sangat unik karena terinspirasi dari seni bela diri.

Untuk setiap tantangan didalamnya disebut dengan istilah kata yang merujuk pada olahraga judo di negara Jepang. Dan tujuanya adalah untuk mempertajam kemampuan dan keahlian yang telah dimiliki para penggunanya melalui bahasa pemrograman tertentu.

Melalui penyelesaian dari tantangan tersebut, misal dari tantangan satu ke tantangan lain, Anda bisa melihat komprasi solusi yang sudah Anda miliki dan juga user lain yang ditawarkan. Dan dari sinilah Anda dapat menggali lebih jauh teknik-teknik yang berbeda untuk mengatasi setiap masalah yang terkait dengan development.

5. Free Code Camp

Free Code Camp ini menawarkan real-life communication dan juga memiliki komunitas untuk belajar seputar bahasa pemrograman secara langsung. Dengan melalui platform ini, Anda semua bisa berpartisipasi secara aktif dalam bebagai tantangan.

Untuk bisa menyelesaikan tantangan tersebut, platform yang satu ini akan memberikan Anda akses menuju ke tutorial dan kursus pemrograman terlbeih dahulu. Dengan begitu Anda akan bisa menyelesaikan tantangan denan mudah. Jika makin banyak tantangan yang Anda selesaikan, maka akan banyak juga pengetahuan seputar pemrograman yang Anda pelajari dan bisa dikuasai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar