Skip to main content

Pengertian Lembaga Sosial: Fungsi, Ciri, dan Jenis

Pengertian Lembaga Sosial - Lembaga sosial merupakan sebuah kelompok sosial yang terbentuk atas adanya nilai, kepribadian, alat istiadat, norma serta unsur lainnya yang telah berkembang dalam ruang lingkup masyarakat.

Pengertian Lembaga Sosial: Fungsi, Ciri, dan Jenis
pixabay.com

Suatu lembaga sosial ini terbentuk karena adanya kebutuhan dan keinginan masyarakat akan keteraturan dalam menjalani sebuah kehidupan bersama. Jika pertumbuhan masyarakat semakin besar maka akan membuat kehidupan masyarakat menjadi semakin komoleks.

Untuk berbagai kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya alam haruslah diatur sedemikian rupa biar tak terjadi yang namanya chaos. Dan inilah yang mendasari terbentuknya lembaga sosial pada masyarakat.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Biar lebih memahami apa itu pengertian dari lembaga sosial disini kami akan mengulas pengertian lembaga sosial menurut para ahli agar Anda semua lebih memahami apa itu lembaga sosial. Berikut ini pengertian lembaga sosial menurut para ahli:

1. Menurut Paul Horton dan Chester L. Hunt

Pengertian lembaga sosial menurut ia adalah sistem norma-norma sosial dan juga hubungan yang menyatukan nilai-nilai serta prosedur-prosedur tertentu dalam sebuah rangka memenuhi dasar masyarakat.

2. Menurut Peter L. Berger

Lembaga sosial adalah suatu prosedur yang bisa menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan juga dipaksa untuk bergerak melalui jalan yang telah diangaap sesuai dengan keinginan mayarakat.

3. W. Hamilton

W. Hamilton megartikan lembaga sosial adalah tata cara kehidupan suatu kelompok masyarakat dan apabila dilanggar akan dijatuhi berbagai sanksi.

4. Menurut Robert Morrison Maclver dan C.H. Page

Lembaga sosial adalah prosedur atawa tata cara yang telah diciptakan buat mengatur hubungan antar manusia yang telah tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

5. Koentjaraningrat

Koentjaraningrat mendefinisikan lembaga sosial sebagai suatu sistem tata kelakuan dan juga hubungan yang berpusat kepada suatu aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam sebuah kehidupan manusia untuk bermasyarakat.

6. Soejorno Soekanto

Soejorno Soekanto mengartikan lembaga sosial suatu himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada kebutuhan pokok alam kehidupan masyarakat.

7. Mayor Polak

Menurut mayor polak lembaga sosial merupakan sistem peraturan serta adat istiadat yang telah mempertahankan nilai-nilai penting.

8. Menurut Leopold Von Wiese dan Becker

Lembaga sosial adalah jaringan proses antara manusia dan anatara kelompok yang berfungsi buat memelihara suatu hubungan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat serta kepentingan individu dan kelompoknya.

Baca Juga : Pengertian sosiologi

Fungsi Lembaga Sosial dalam Masyarakat

Keberadaan lembaga sosial dalam masyarakat tentunya akan memiliki beragam fungsi serta peran. Dan berikut ini ada beberapa fungsi lembaga sosial di masyarakat:

  1. Membuat serta memberikan pedoman terhadap masyarakat mengenai tata cara berperilaku dalam sebuah kehidupan bermasyarakat, khususnya yang telah berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.
  2. Membuat dan akan memberikan pedoman kapada para masyarakat mengenai tata cara pengendalian sosial biar perilaku masyarakat lebih terkendalai.
  3. Akan bertanggung jawab atas keutuhan dan juga kesatuan masyarakat. Lembaga sosial ini juga akan bertanggungjawab untuk menghimpun serta mempersatukan para anggotanya biar tercipta integrasi sosial di dalam masyarakat. Integrasi sosial sendiri merupakan kesepakatan anatara kelompok yang berada dalam masyarakat.
Jenis - Jenis Lembaga Sosial 

Setelah sudah mengetahui pengertian dan fungsi lembaga sosial, sekarang tingal pergi ke jenis-jenis lembaga sosial, dan berikut ini ada beberapa jenis lembaga sosial yang bisa anda ketahui:

1. Lembaga Keluarga

Keluarga merupakan unit sosial yang paling kecil dalam masyarakat dan juga merupakan lembaga sosial pertama yang menaungi seseorang jika mereka lahir. Di dalam keluarga sendiri terdiri dari beberapa anggota keluarga dan dimana masing-masing dari anggota keluarga tersebut saling tergantungan satu dengan yang lainnya.

Masing-masing dari anggota keluarga punya peranan dan juga fungsi masing-masing misalnya seperti:
  • Bapak: mempunyai kewajiban untuk memnuhi kebutuhan keluarga
  • Ibu: mempunyai kewajiban untuk merawat keluarga
  • Anak: mempunyai kewajiban untuk membantu kedua orang tuanya.
Dan peranan keluarga dalam masyarakat juga sangat penting karena dari kepribadian seseorang akan dibentuk mulai dari keluarga.

2. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah sebuah lembaga yang mana sebagai tempat berlangsungnya pendidikan ataupun pembelajaran yang akan ditempuh oleh seseorang untuk tujuan mengubah dan mengatur tingkah lakunya menjadi individu yang lebih baik. Kalau dalam dunia bisnis, lembaga pendidikan ini sangat berpengaruh dalam terciptanya suatu inovasi yang didasari oleh kemampuan analisa yang baik.

Kalau pendidikan itu juga tidak harus ditempuh dalam bangku sekolah saja, tapi juga bisa berasal dari pengetahuan diluar misalnya di panti atau tempat pelatihan yang bisa mendorong seseorang untuk berpikir kreatif sehingga dapat menghasilkan sesuatu buat mendapatkan apa yang di inginkan.

3. Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi ini merupakan lembaga yang menangani kegiatan yang mana berhubungan dengan ekonomi untuk tujuan pemenuhan kebutuhan para masyarakat. Lembaga ekonomi ini juga menangani langsung kegitan yang berkaitan dengan produksi, promosi, distribusi dan juga pelayanan terhadap barang maupun jasa yang diperlukan oleh masyarakat.

Lembaga ekonomi ini juga memiliki pengaruh yang sangat penting yang pengaruh paling besar bagi para penyelanggaraan UMKM yang ada di Indonesia. Peran lembaga ekonomi ini bisa disebut juga sama seperti perbankan, koperasi simpan pinjam, ataupun yang lainnya yang dapat dijadikan salah satu sumber pendanaan bagi para pebisnis UMKM masyarakat.

4. Lembaga Politik

Lembaga politik diciptakan untuk menangani sebuah permasalahan administrasi, tata tertib, serta aturan-aturan tertulis lainnya untuk mencapai suatu keamanan dan juga ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat. Kita mengingat pada saat krisi moneter di tahun 1998, kerumitan dalam politik memberikan pangaruh yang sangat buruk terhadap bisnis yang berkembang di masyarakat kerena adanya lonjakan harga bahan baku,.

5. Lembaga Agama

Lembaga agama adalah lembaga sosial dalam masyarakat dimana di dalamnya terdapat banyak praktek kepercayaan suatu agama dan juga hal-hal lain yang dianggap suci. Dan lembaga ini dibuat untuk tujuan mempersatukan umat beragama,

Fungsi dari lembaga agama ini diantaranya adalah:
  • Sebagai sumber kebenaran
  • Menjadi suatau tuntunan dan juga pedoman bagi hidup masyarakat
  • Mengatur tata cara bersosialisai dengan manusia dan juga berhubungan dengan tuhan
6. Lembaga Hukum

Yang terakhir adalah lemabaga hukum, yang mana lembaga ini berfungsi sebagai alat penagatur hubungan masyarakat, mewujudkan keadilan sosial, dan juga sebagai alat untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan masyarakat di berbagai kalangan.

Selain itu lemnaga hukum ini juga berbeparan dalam bisnis UMKM, karena dalam suatu produk yang telah diciptakan tidak terlepas dari hak cipta dan juga ijin jualan. Karena bisnis yang baik adalah bisnis yang berijin resmi dan juga tercatat sebagai badan usaha kecil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar