Skip to main content

Pentingnya Kemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan

masmalik.com - Dalam pemasaran sebuah produk bukan hanya kualitas saja, adal hal lain yang harus di pertimbangkan yaitu dalam hal kemasan produk itu sendiri. Banyak sekali perusahaan besar seperti makanan, minuman, fashion dan elektonik yang berlomba-lomba untuk membuat dan memberikan kesan menarik terhadap kemasan produknya.

Pentingnya Kemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan
pixabay.com

Semua ini di lakukan hanya untuk menarik daya minat para konsumen agar membeli produk yang di miliki oleh sebuah perusahaan, selain itu juga dapat untuk meningkatkan daya saing produk tersebut.

Di Indonesia dalam menentukan kemasan suatu produk merupakan hal yang menjadi tantangan tersendiri bagi produk lokal seperti usaha mikro kecil dan menengah atau di sebut juga dengan nama UMKM. Dalam sebuah kualitas banyak dari produk lokal yang kualitasnya di terima oleh pasar, dan itu membuat dan menandakan produk lokal itu sebenarnya memiliki kualitas yang baik.

Yang jadi masalah adalah banyak produk lokal yang berkualitas baik, namun tidak di doping dengan kemasan yang mendukung, ini membuat produk lokal tidak mampu untuk bersaing dalam jangka panjang dengan adanya produk inpor yang selalu berdatangan.

Pentingnya Kemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan :

Baca Juga : Strategi digital marketing

1. Dapat memberikan daya tarik

Kemasan ini juga merupakan salah satu faktor daya tarik tersendiri yang menjadi faktor utama. Terkadang dengan kemasan yang di desain dengan unik dan menggunakan material yang berkualitas bagus konsumen akan enggan untuk membuangnya.

Ini bisa terjadi pada produk yang sama, memiliki kualitas yang sama, dan mempunyai harga yang sama juga. Namun dengan menggunakan dan mempunyai kemasan produk yang berbeda, maka hasil dari penjualannya juga akan sangat berbeda. Bisa di aratikan, yang mana menggunakan kemasan menarik akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Membuat ciri khas

Sebuah perusahaan dalam mendesain kemasan harus di pastikan untuk memperoleh hasil yang semaksimal mungkin, karena kemasan sendiri akan menjadi sebuah ciri khas sebuah produk dan konsumenpun akan lebih mudah untuk menemukan dan mengenali produk tersebut.

Biasanya perusahaan-perusahaan besar akan mempertahankan identitas suatu produk yang mereka jual. Misalnya seperti penggunaan logo, warna, hingga sampai dengan desain kemasan pasti akan di pertahankan. Hal ini karena sebuah perusahaan tidak akan mau kehilangan ciri khas dari produk tersebut yang sudah nempel sejak lama.

3. Dapat membangun kepercayaan

Apabila produk di kemas dengan kemasan yang baik, unik, dan menarik, hal ini juga akan bisa membangun kepercayaan kepada setiap konsumen tentang produk yang di pasarkan. Karena kemasan yang baik biasanya akan mencantumkan informasi mengenai produk dengan jelas seperti kode produk, tanggal kadaluarsa, standart kemasan, bahkan samapi sertifikasi halal.

Dengan mencantumkan informasi yang jelas dan lengkap pada sebuah produk, ini akan dapaat menimbulkan daya tarik tersendiri kepada para konsumen. Beda dengan kemasan yang tidak mencantumkan informasi apapun dengan jelas, malah bisa-bisa produk yang tidak tercantum informasi dengan jelas tidak jadi di beli oleh konsumen.

Dalam pemberian informasi dan meringkas informasi dalam sebuah kemasan produk haruslah dengan jelas dan baik. Dan yang terpenting juga adalah memperhatikan tata letak agar bisa terlihat lebih menarik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya kemasan produk untuk meningkatkan penjualan. Dengan hal ini akan mampu untuk mendongkrak sebuah bisnis yang sedang di jalankan. Di ibarakan jiak produk tanpa kemasan itu sama saja produk tanpa identitas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar