Skip to main content

Pengertian Pasar, ciri-ciri pasar, fungsi pasar, serta jenis-jenis pasar

Apa si itu pasar? apa ciri-ciri pasar, jenis pasar, dan fungsi pasar ? mari bersama simak artikel ini samapai habis !

Pengertian Pasar, ciri-ciri pasar, fungsi pasar, serta jenis-jenis pasar
pixabay.com

1. Pengertian Pasar Secara Umum

Pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli utuk melakukan transaksi jual beli. mau itu barang maupun jasa.

Pasar tidak memiliki batasan geografis sehingga definisi pasar tidak pernah merujuk kepada tempat atau lokasi tertentu.

Pengertian pasar yang kita bahas kali ini adalah pengertian pasar yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. seperti transaksi jual beli. mau itu di lakukan secara tradisionla maupun secara online. Sedangkan pengertian ekonomi menurut ilmu ekonomi adalah jumlah permintaan atau juga penawaran pada barang dan jasa tertentu. Nah dalam hal ini, pasar mengarah ke segala kegiatan permintaan dan penawaran untuk barang, modal, tenaga kerja, dan surat berharga.

2. Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Beriku ini adalah pengertian pasar menurut para ahli, yuk baca sampai habis:
  • William J. Stanton
Pengertian pasar menurut William J.Stanton adalah sekumpulan orang yang ingin meraih kepuasan dengan menggunkan uang belanjanya.
  • Kotler dan Amstrong
Pengertian pasar berikutnya menurut kotler dan amstron, yaitu sejumlah pembeli aktual dan juga potensional dari sebuah produk atau jasa. Nah untuk besarnya pasar tergantung pada jumlah orang yang punya kebutuhan dan melakukan transaksi.
  • Handri Ma'ruf
Pengertian pasar menurut hanri ma'ruf adalah tempat bertemunya anatara penjual dan pembeli, dan dimana terjadi interaksi permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli hingga terjadilah sebuah jual beli.
  • Simamora
Menurut Simamora, pasar adalah sekumpulan orang yang mmiliki kebutuhan dan keinginan terhadap produk tertentu, juga memiliki kemampuan dan kemauan untuk membeli produk dan memiliki kesempatan untuk dapat memutuskan membeli sebuah produk.
  • Atep Adya Barata
Nah selanjutnya pengertian menurut atep adya barata. Pasar adalah tempat dimana berkumpulnya penjual dan pembeli, mau itu secara langsung maupun tak langsung saling berhubunga melaksanakan pertukuran barang atau jasa.
  • Dr. Winaradi SE
Pengertian pasar menurut Dr. Winardi SE, pasar adalah sebuah tempat dimana secara ideal harga-harga di waktu tertentu adalah sama untuk semua penjual dan pembeli.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) 
Pengertian pasar yang terakhir adalah menurut KBBI. Menurut kamus besar bahasa indonesia pasar adalah sekumpulan orang melakukan kegiatan jual beli, dan pasar merupakan sebuah tempat untuk kegiatan jual beli yang di selenggarakan oleh sebuah organisai atau perkumpulan dengan maksud untuk mencari derma.

3. Ciri-ciri Pasar

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri pasar :
  • Adanya barang dan jasa yang di perjualbelikan
  • Terjadinya transaksi jual beli
  • Adanya proses permintaan dan tawar menawar
  • Dan terjadinya interaksi antara pembeli dan penjual
  • Adanya transaksi yang terjadi ketika ada kesempatan anatra penjual dan pembeli
4. Klasifikasi Pasar Secara Umum

Pasar secara umum dapat di klasifikasikan mejadi dua macam yaitu pasar tradisional dan pasar modern, Walaupun pasar tradisional kalah daripada pasar modern, namum masih banyak para masyarakat yang lebih memilih belanja di pasar tradisionla. Berikut ini penjelasan mengenai pasar tradisional dan modern.
  • Pasar Tradisional
Pengertian pasar tradisional: Sebuah tempat bertemunya para penjual dan pembeli secara langsung, untuk melakukan prose jual beli dengan melalui proses tawar menawar. Untuk bentuk bangunan pasar tradisional berupa los atau gerai.

Kebanyakan barang yang di jual di pasar tradisional adalah barang untuk kebutuhan sehari-hari, nah untuk jenis pasar ini sangat mudah untuk di temukan, karena di setiap daerah pasti memiliki pasar tradisional.
  • Pasar Modern
Pengertian pasar modern: pasar modern adalah diman tempat bertemunya penjual dan pembeli serta melakukan transaksi, bedanya di pasar modern tidak ada terjadi proses tawar menawar, karena barang yang di jual sudah di beri label harga masing-masing. Contohnya  pasar modern seperti supermarket, minimarket dan lain sebagainya.

5. Jenis-jenis Pasar

Jenis pasar dapat di bedakan berdasarkan cara transaksi, bentuk kegiatan, berdasarkan waktunya, berdasarkan jenis barang yang akan di jual. Berikut ini beberapa jenis pasar :

Pasar berdasarkan sifat dan waktu

Pasar yang stu ini dapat di ketahui degan cara melihat sifat dan waktu kegiatannya :
  • Pasar harian : pasar harian ini kegiatanya di lakukan setiap hari,
  • Pasar mingguan: untuk pasar mingguan ini kegiatannya di lakukan hanya sekali dalam seminggu
  • Pasar tahunan : pasar tahunan adalah pasar yang mana kegiatanya hanya terjadi satu kali dalam setahun
  • Pasar tempores : pasar yang terakhir adalah pasar temporer, yang mana pasar ini kegiatanya terjadi pada waktu tertentu saja, misalnya bazar murah.
Pasar berdasarkan wujudnya

Pasae yang satu ini dapat di kenali dengan cara melihat wujudnya sepert :
  • Pasar nyata ( pasar konkret ) : pasar yang dimana terjadi hubungan langsung antara penjual dan pembeli, misal pasar tradisional 
  • Pasar tidak nyata ( Pasar abstrak ) : dimana terjadi pertemuan langsung anatara penjual dan pembeli, tetapi barang yang diperjual belikan tidak secara langsung misal pasar modal
Pasar berdasarkan jangkauanya

Untuk pasar ini sangat mudah untuk di kenali dengan melihat jangkauannya di masyarakat seperti:
  • Pasar lokal : pasar yang dimana pelaksanaanya berda di lokasi atau daerah tertentu
  • Pasar nasional : pasar ini menjangkau pembeli di dalam satu negara. Pasar nasional dapat melayani permintaan dari berbagai daerah dalam satu negara.
  • Pasar internasional : pasar internasional adalah pasar yang penjualannya sudah bisa mengjangkau berbagai negara di seluruh dunia.
Pasar berdasarkan bentuk dan strukturnya

Jenis pasar ini bisa kita lihat berdasarkan bentuk dan strukturnya seperti berikut ini:
  • Pasar persaingan sempurna: pasar dimana di dalamnya banyak terdapat pembeli dan penjual mereka juga sudah paham tentang keadaan pasar tersebut.
  • Pasar persaingan tidak sempurna: adalah pasar yang terdiri dari beberapa penjual yang menguasai pasar, untuk jumlah penjual tidak terlalu banyak. Pasar persaingan tidak sempurna di bagi menjadi 3 jenis yaitu :
          1. Pasar Oligopoli, pasar yang mana terdiri dari beberapa penjual yang memasarkan barang                     khusus, dan masing-masing penjual dapat saling mempengaruhi harga. Misalnya industri                     telekomunikasi.
          2. Pasar monopoli, pasar monopoli adalah pasar dimana seluruh penawaran terhadap                               permintaan sudah di kuasai oleh satu organisai penjual tertentu.
          3. Pasar monopolistik, pasar dimana di dalamnya terdapat banyak penjual dengan produk yang               berbeda,

6. Fungsi dan Peran Pasar

Fungsi dan peran pasar ada 5 yaitu :
  • Menetapkan harga: menetapkan suatu barang atau jasa sesuai dengan permintaan dan penawaran di pasar.
  • Mengorganisir produksi : ini menentukan motode produksi yang paling sesuai, dan dengan memaksimalkan rasio antara output produk dengan input sumberdaya.
  • Mendistribusikan produk : pasar dapat berperan sebagai distributor pembayaran kepada para pelaku pasar, 
  • Menyelenggarakan jatah : ini bertujuan untuk membatasi konsumsi dari produksi yang tersedia, dan masing-masing pembeli mendapatkan jatah seseuai dengan daya pembeli.
  • Menyediakan barang dan jasa : pasar juga turut berperan sebagai fasilitator dalam pengelolaan tabungan dan investasi. Nah pasar yang memfasilitasi investasi dan tabungan di sebut dengan pasar modal.
Di atas adalah Pengertian Pasar, ciri-ciri pasar, fungsi pasar, serta jenis-jenis pasar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar