Skip to main content

Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil Tua

masmalik.com - Buah manggis adalah salah satu buah yang sudah di kenal memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengka. Kandungan itulah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan mampu untuk mengatasi beberapa jenis penyakit yang sering di alami oleh seseorang. Tetapi apakah buah manggis ini aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil?

Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil Tua
pixabay.com

Bagi seorang wanita yang sedang mengalami hamil tentu saja tidak akan bisa mengkonsumsi semabarangan makanan. Karena ibu hamil harus benar-benar memperhatikan makanan yang akan di konsumsi biar tidak membahayakan kesehatan janin dalm kandungan. Tetapi berbeda dengan buah manggis, karena buah manggis ini aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Selain memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehtan tubuh, salah satu kandungan yang terdapat pada buah manggis juga bermanfaat bagi seorang ibu yang sedang hamil dan janinnya. Selain itu, buah manggis juga mampu untuk mengatasi dan mencegah masalah yang sering terjadi pada seorang wanita sedang hamil.

Kandungan Nutrisi pada Buah Manggis 

Sering sekali buah manggis ini di sebut dengan buah Dewa. Kenapa di berikan nama dan di sebut buah Dewa? karena di dalam buah manggis ini sudah di kenal akan kandungan nutrisi di dalam buah manggis yang sangat lengkap. Nah berikut ini ada beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah manggis.

Kandungan nutrisi pada buah manggis : 

Kandungan nutrisi
Zat Besi
Vitamin A
Protein
Vitamin B1
Vitamin C
Lemak
Fosfor
Energi
Karbohidrat
Kalsium
Kalsium
Magnesium
Potasium
Tiamin
Niasin
Asam folat

Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil Tua

Walupun buah manggis ini aman untuk di konsumsi untuk ibu hamil, tapi anda dalam mengkonsumsinya harus dengan batasan yang normal. Jika anda mengkonsumsi dengan banyak dan berlebihan bisa menyebabkan masalah pada kesehatan anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah manggis untuk ibu hamil muda dan tua.

1. Mencegah risiko cacat lahir pada bayi

Satu buah manggis yang berukuran sedang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan asam folat ini yang di kenal sebagai nutrisi yang baik untuk mengurangi risiko bayi cacat saat lahir. Jadi bagi ibu hamil mengkonsumsi buah manggis ini baik dan ingat jangan terlalu belebihan walapun manfaatnya baik untuk seorang ibu hamil.

Baca Juga : Manfaat buah naga

2. Mengatasi masalah sembelit

Biasanya untuk seorang ibu hamil tua dan muda akan sering mengalami masalah sembelit. Tetapi anda sebagai seorang yang sedang hamil tidak usah khawatir, karena masalah yang anda alami bisa teratasi dan bisa di cegah dengan cukup mudah. Yaitu dengan mengkonsumsi buah manggis, karena buah manggis memiliki kandungan serat yang tergolong tinggi yaitu 3,7 gram dalam 50 gram buah manggis segar.

3. Menigkatkan sistem kekebalan tubuh

Perubahan hormon pada wanita yang sedang hamil dapat memicu dan menrunkan sistem kekebalan tubuh dengan hal inilah yang membuat wanita hamil rentan sekali terhadap masalah kesehatan. Untuk  meningkatakn sistem kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil dan tetap terjaga serta terhindar dari masalah keseatan anda perlu mengkonsumsi daging buah manggis secara teratur dan jangan telalu berlebihan.

4. Mengutakan sistem imun

Apabila sedang terserang flu saat hamil akan sangatlah menganggu. Menkonsumsi obat juga tidak boleh sembarang karena bisa membahayakan diri sendiri juga janin dalam kandungan. Maka dari itu untuk mengatasi atau menangkal kedatangan flu dan memperkuat sistem imun, anda wanita yang sedang hamil dapat untuk mengkonsumsi buah manggis. 

Kandungan senyawa Xanthones dan vitamin C dalam buah manggis sangat berperan penting dalam banyak fungsi vital dalam tubuh, termasuk juga dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang lebih optimal, menstimulasi produksi dan fungsi leukosil dan membantu melawan radikal bebas yang sangat berbahaya.

5. Meningkatkan dan memaksimalkan pembentukan tulang pada janin

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk membantu memaksimalkan pembentukan tulang rawan dan sistem rangka pada janin. Hal ini karen buah manggis kaya akan sejumlah mineral misalnya seperti tembaga, magnesium, serta mangan. Selain itu, buah manggis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk membantu dan mengatasi linu panggul yang sangat rentan di alami saat sedang hamil.

Baca Juga : Manfaat sayur pare

Selain dengan mengkonsumsi buah manggis, seorang ibu hamil juga sangat di haruskan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya yang seimbang dan jauhi berbagai pantangan seperti mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang, duduk dan berdiri terlalu lama, merokok dan lain-lain yang bisa membahayakan diri anda sendiri juga janin dalam kandungan.

Segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan, begitu juga apabila mengkonsumsi buah manggis secar berlebihan walaupun buah manggis ini sangat bagus manfaatnya. Untuk anda khususnya seorang ibu hamil janganlah mengkonsumsi buah manggis yang berlebihan, boleh mengkonsumsi buah manggis tapi dengan cara yang benar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar