Skip to main content

Khasiat Manfaat Minum Teh Hijau Setiap Hari

Manfaat Minum Teh Hijau -  Teh hjau merupakan pengganti minuman kopi, yang mana lebih sehat karena teh rendah kafein dan mengandung antioksidan alami yanga sangat kuat yang di sebut dengan nama polifenol. Antioksidan ini membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, bukan hanya itu saja, antioksidan jenis ini juga mampu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Khasiat Manfaat Minum Teh Hijau Setiap Hari
www.pixabay.com

Teh hijau ini berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya di kukus, sehingga dapat mencegah hilangnya kandungan katekin. Sedangkan kalau teh hitam atau teh oolong di buat dari daun yang di fermentasi, sehingga menyebabkan senyawa antioksidannya menghilang.

Kepopuleran teh hijau kini sudahlah mendunia. Berbagi makanan, minuman, suplemen makanan, bahkan kosmetik, sekarang banyak yang di buat dari ekstrakan teh hijau ini. Menurut penelitian ilmiah di seluruh dunia, jika anda meminum teh hijau setiap hari secara rutin maka akan rendah memiliki risiko menderita penyakit jantung dan kanker.

Teh hijau ini memiliki rendah kafein di bandingkan dengan teh biasa. Selain itu juga teh hijau ini tinggi kandungan flavonid, flavonid ini adalah fitokimia yang di temukan dalam produk tanaman yang memiliki sifat antioksidantif dan anti karsinogenik.

5 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat minum teh hijau bagi kesehatan, baca terus sampai habis artikel ini agar anada semua mengetahui lebih banyak manfaat dari teh hijau ini.

1. Untuk Mengontrol Berat Badan

Obesitas merupakan salah satu masalah besar saat ini, dengan gaya hidup yang di kombinasikan sama kebiasaan makan junk food dan beberapa minuman ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berhubungan dengan terjadinya obesitas seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan sleep apnea. Untuk mencegah semua hal ini terjadi pada diri kita, menkonsumsi teh hijau dalam program diet kita setiap hari akan dapat sangat membantu.

Kandungan teh hijau sepuluh kali jumlah antioksidan yang bisa di dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga dapat mengintesifkan oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, dan yang akhirnya membantu menurunkan berat badan manusia. Dengan teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan kita, sehingga dapat mencegah keinginan makan yang berlebihan.

2. Dapat Menyegarkan Napas

Teh hijau akan menghambat bakteri dan virus yang akan menyebabkan penyakit gigi. Bakteri ini juga penyebab utama bau mulut pada manusia. Anda perlu melakukan mencuci mulut dengan teh hijau untuk menyegarkan mulut anda secara langsung.

Baca Juga : Obat batuk alami

Teh hijau ini juga dapat untuk mencegah dan mengurangi peradangan pada gusi. Anda dapat membuat pasta dari cairan teh hijau dengan di campurkan satu sendok teh baking soda, dengan ini bukan hanya mengurangi peradangan pada gusi gigi, tapi juga akan mencegah tumbuhnya plak gigi.

3. Menyehatkan Kulit

Antioksidan yang ada pada teh hijau juga bermanfaat bagi kulit. Ada kandungan senyawa pada teh hijau ini dapat membantu kulit menjadi lebih bercahaya, manfaat ini bisa anda peroleh dengan meminumnya dan penggunaan topikal. Menggunkan Formulasi kosmetik yang ada kandungan teh hijaunya adalah pilihan terbaik. Dengan hal ini akan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Polifenol yang ada dalam teh hijau ini di kenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Anda dapat menggunakan cara ini dengan mencampurkan 100 gram teh hijau dengan seliter air, kemudian diamkan selama 30 sampai 50 menitan pada suhu kamar. Setelah itu anda saring cairannya dan simpan di dalam lemari es. Setelah itu anda dapat menggunakan campuran ini untuk menyegarkan wajah, mengobati ruam ringan, dan mengobati luka bekas terkena panas matahari. selain itu dengan cara ini juga dapat membersihkan jerawat pada muka dan mencegah datang kembali.

4. Menyehatkan Rambut

Teh hijau ini sudah di ketahu mampu menghambat pertumbuhn DHT ( Dihydrotestosterone ), yang di kenal sebagai penghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Selain itu, senyawa yang ada dalam teh hijau juga dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah rambut yang umum terjadi seperti ketombe dan psoriasis.

Baca Juga : Menghilangkan kutu rambut alami

Teh hijau juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut, karena teh hijau mengandung polifonel, vitamin E, dan vitamin C yang sudah di kenal utnuk menignkatkan kaliau pada rambut. Cara menggunakan teh hijau untuk menyehatkan rambut, anda dapat membilas rambut dengan menggunakan 3 sampai 4 kantong teh hijau yang sudah di seduh kedalam setengah liter air, dan gunakan teh ini untuk bilasan terahkir setelah anda keramas menggunakan sampo.

5. Dapat Mengelola Diabetes

Teh hijau juga dapat membantu mengelola diabetes tipe II, karena teh hijau ini mengandung antioksidan alami yang dapat menghambat sekresi enzim yang di kenal dengan nama alpa glucosidase, yang akan bekerja untuk memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa pada orang sehat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar