Skip to main content

Inilah Pengertian Ekonomi

Masmalik.com - Apasih itu Ekonomi? dan apa pengertian ekonomi? mari kita baca sampai habis artikel ini agar mengerti apa itu ekonomi.

Inilah Pengertian Ekonomi
pixabay.com

Pengertian Ekonomi

Ekonomi ialah suatu ilmu sosial yang mempelajari tentang kegiatan manusia yang berkaitan dengan distribusi, produksi, dan konsumsi pada barang dan jasa.

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa ekonomi adalah semua hubungan dengan upaya, dengan upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup utnuk mencapai sebuah tingkatan kemakmuran dalam hidup.

Nah istilah Ekonomi sendiri berasal dari bahasa yunani, yaitu Oikos yang memiliki arti keluarga atau rumah tangga, dan Nomos yang artinya peraturan atau hukum. Bisa di artikan secara harfiah bahwa ekonomi adalah suatu menejemen atau aturan rumah tangga.

Motif Dalam Ekonomi 

Motif ekonomi adalah sebuah alasan seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Nah berikut ini ada beberapa motif ekonomi secara umum:
  • Pemenhan kebutuhan sehari-hari, motif yang satu ini umumnya di lakukan oleh para konsumen misalnya membeli kebutuhan pokok manusia seperti beras, dan lauk pauk untuk di konsumsi setiap harinya oleh manusia.
  • Mencari keuntungan, sedangkan motif ini di lakukan oleh penjual, misal seperti menjual bahan pokok manusia agar bisa mendapatkan keuntungan.
  • Motif mendapatkan sebuah kekuasaan
  • Motif mendapatkan penghargaan
  • Motif sosial atawa tolong menolong
Beriku adalah beberapa pengertian ekonomi menurut para ahli :

Agar kita semua memahami apa itu ekonmi, maka dari itu disi kita akan merujuk kepada beberapa ahli :

1. Alfred Marshall

Ekonomi menurut Alfred Marshall adalah studi tentang manusia sebagaimana mestinya mereka menjali hidup, berfikir dan bergerak dalam keseharian mereka.

2. Robbins

Pengertian ekonomi menurut para ahli selanjutnya adalah Robbins, menurut ia ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuan yang di hadapkan dengan ketersediaan sumber daya utnuk mencapai sebuah tujuan.

3. John Stuart Mill

Ekonomi menurut Jhon Stuart Mill adalah ilmu yang konsen terhadap penciptaan nilai tukar barang dan jasa yang dapat meningkan kekayaan dan kemakmuran suatu negara.

4. John Adam Smith

Sedangkan pengertian ekonomi menurut John Adam Smith adalah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan pada sebuah negara.

5. Hermawan Kartajaya

Pengertian ekonomi menurut para ahli yang terakhir adalah Hermawan Kartajaya. Menurut ia pengertian ekonomi adalah suatu wadah dimana suatu sektor industri melekat di atasnya.

Prinsip-prinsip Ekonomi

Di dalam ilmu ekonomi terdapat beberapa prinsip yang mendasarinya. Berikut ini ada beberapa prinsip-prinsip ekonomi:

1. Prinsip Distribusi

Prinsip distribusi dalam ekonomi adalah kegiatan penyaluran suatu produk kepada para konsumen. Kegitan distribusi atau penyaluran ini harus dilakukan dengan perhitungan waktu yang sangat baik, agar produk yang di distribusikan tiba di lokasi penjual tepat pda waktunya.

Misal pada pengiriman sayur-sayuran dari para petani ke para penjual di pasar. Untuk melakukan distribusi harus di lakukan pada pagi hari agar kualitas sayuran tetap baik dan segar saat konsumen membelinya.

2. Prinsip Produksi

Sebuah pengertian prinsip produksi pada ekonomi ialah: perekonomian memiliki peran dalam pengadaan produk, baik itu dalam bentuk barang maupun jasa.

Dalm prose produksi membutuhkan waktu, biaya, dan usaha dalam melaksanakanya. Sedangkan aktivitas produksi akan membuka lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk tertentu.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip ekonimi yang terakhir adalah prinsip konsumsi. Untuk pengertian prinsip konsumsi pada ekonomi adalah segala aktivitas penggunaan suatu produk yang di lakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Misal, Seorang pemilih rumah membeli bahan makana untuk di masak setiap harinya, agar bisa di konsumsi oleh keluarganya di rumah.

Motif Ekonomi

Motif Ekonomi adalah segala hal yang menjadi sebuah dorongan atau alasan yang membuat seseorang akan melakukan tindakan ekonomi, baik itu dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Beriku ini 2 jenis motif ekonomi secara umum:

1. Motif Ekonomi Berdasarkan Alasannya
  • Motif Intrinsik, adalah dorongan dari dalam diri manusia sendiri untuk melakukan kegitan ekonomi. Contoh, manusia akan mencari makan ketika dia lapar.
  • Motif Ekstirnsik, adalah pengaruh yang berasal dari luar sehingga akan mendorong manusia untuk melakukan kegitan ekonomi. Contohnya. manusia akan membeli mobil karena melihat orang atau temennya membeli mobil
2. Motif Ekonomi Berdasarkan Pertimbangan Ekonomi
  • Motif ekonomi untuk bertahan hidup : Motif ini adalah dorongan dari diri sendiri, untuk manusia bisa bertahan hidup, ia akan berusaha melakukan berbagai hal. Misalnya dengan bekerja untuk mendapatkan uang untuk membeli makan.
  • Motif ekonomi untuk mendapatkan keuntungan: Adalah keinginan manusia untuk mendapatkan sebuah keuntungan dari kegiatan ekonomi.Ini sering terjadi pada seorang pedagang, misalnya seorang menjual dagangannya agar mendapatkan keuntungan dari hasil jualannya tadi.
  • Motif ekonomi untuk mendapatkan penghargaan: Motif ini merupakan dorongan dari diri sendiri, manusia akan melakukan kegitan ekonomi karena ingin mendapatkan sebuah penghargaan, baik itu karena keahlian yang dimiliki seseorang maupun jasa yang din lakukan oleh orang.
Yang Terakhir Adalah Kegiatan Ekonomi 

Kegitan ekonomi adalah manusia dalam melakukan aktivitas produksi, distribusi maupun konsumsi. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai kegitan ekonomi :

1. Kegiatan produksi

Kegitan produksi adalah untuk menghasilkan produk. Untuk pelaku kegitan produksi adalah pengusaha di berbagai industri. Nah barang hasil produksi nantinya akan di salurkan kepada para konsumen.

2. Kegitan Distribusi

Unutk kegiatan distribusi ini adalah menyalurakan produk atau barang dari hasil produksi dari lokasi ke lokasi terdekat. Apa saja kegitan distribusi ini? distribusi ini meliputi semua aktivitas pengangkutan barang, pengemasan, penyimpanan, dan lain-lain. Tujuan akhir dari distribusi ini adalah menyalurkan barang atau produk ke konsumen dengan tepat waktu.

3. Kegitan Konsumsi

Ynag terakhir adalah kegitan konsumsi. Intinya dari kegitan konsumsi adalah memakai atau menggunakan barang atau produk yang telah di salurkan oleh para distribusi dari distributor. Contohnya : Membeli bahan makanan untuk di makan dan di olah menjadi makanan.

Di atasa adalah ringkasan dan penjelasan mengenai pengertian ekonimi. Prinsip, motif, dan kegitan ekonomi secara umum.

Artikel ini di ambil dari berbgai sumber
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar