Skip to main content

Daftar Jenis Kalender Di Dunia

Kalender merupakan hal yang penting bagi masyarakat, juga sangat mempengaruhi cara hidup kita. Semua ini di dasarkan pada pengamatan astrologi yang sudah di mulai pada zaman kuno. Dan sekarang kita telah mengikuti satu kalender di seluruh dunia, namun ada beberapa hari libur yang masih menggunakan kalender lainya. Berikut ini beberapa daftar jenis kalender di dunia.

Daftar Jenis Kalender Di Dunia

Jenis-jenis kalender di dunia

1. Kalender Hijriah 

Kalender ini adalah jenis kalender Isalm, yang dimana hari libur Isalam di tentukan berdasarkan kalender ini, Mengapa itu sebabnya Bulan Ramadhan dan Bulan Haji berbeda setiap tahunya, ya karena di dasarkan pada kalender Hijriah ini.

2. Kalender Anno Domini

Jenis kalender ini di hitung sejak lahirnya yesus. Itu sebabnya untuk membahas tahun-tahun yang sudah lama mereka mengatakan dengan kata SM. Yakni sebelum kristus atau yesys lahir.

3. Kalender Gregorian

Kalender merupakan perbaikan dari jenis kalender Julian. Perkembangan ini di buat karena adanya masalah dengan hari pasakah.

4. Kalender Julian

Kalender yang merupakan ususlan dari Julius Caesar, yang mana di gunakan di dunia Romawi dan sebagian besar Eropa. Hingga sampai di gantikan dengan kalender Gregorian, dan itu masih di pakai di beberapa gereja ortodoks.

5. Kalender Ibrani

Jenis kalender ini merupakan jenis kalender yang di gunakan oleh orang yahudi untuk perayaan hari perayaan agama mereka.

6. Kalender Saka

Kalender Saka adalah jenis kalender yang berasal dari India. Namun orang bali juga ada yang menggunakan jenis kalender ini, ini dikarenakan mayoritas orang bali adalah beragma Hindu. Misalnya Hari raya nyepi, dan Festival Hindu Bali di dasarkan oleh jinis kalender ini.

7. Kalender Jawa

Jenis kalender ini di gunakan oleh orang Jawa, Sunda, dan Madura. Dulunya mereka menggunakn kalender saka, namun kemudian beralih ke jenis kalender baru ini. Bahwasanya mereka percaya kalu hari-hari itu berkaitan dengan takdir.

8. Kalender Cina

Kalender Gregorian banyak di gunakan di dunia, namun untuk beberapa hari libur masih berasal dari kalender lama. Contohnya orang cina melakukan hal ini juga untuk melihat tahun baru cina yang akan di adakan, sama halnya dengan orang Jawa, merekapun percaya bahwa tanggal dalam kalender cina ada kaiatannya dengan takdir.

9. Kalender Jepang

Jenis kalender ini di mulai dari masa pemerintahan kekaisaran jepang. Tahun di jepang di sebut juga dengan Heisei, ini di dasarkan pada jenis kalender ini.

10. Kalender Koptik

Kalender yang di sebut juga kalender Aleksandria. Yang mana jenis kalender ini didasarkan  pada kalender mesir, dan kalender kuno ini di gunakan oleh Gereja ortodoks koptik.

Manfaat Kalender untuk kita

Fungsi kalender dalam hidup kita semua sudah tahu. Namun tanggal-tanggal penting masih berasal dari kepercayaan masing-masing agama atau budaya. Kalender yang sekarang kita pakai adalah hasil dari penemuan jenis kalender lainya pada zaman kuno.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar