Skip to main content

Cara Memahami Jenis Digital Marketing

Jenis Digital Marketing - Dunia bisnis akhir-akhir ini berkembang pesat, ini membuat para pemilik perusahaan bersaing besar-besaran agar dapat memasarkan brand atau produknya dengan banyak cara.

Dengan berkembangnya dunia bisnis ternyata turut berkembang juga teknik-teknik pemasaran yang lebih modern dan kreatif. Misal melalui platform digital, dengan memanfaatkan media internet dan media sosial.

Cara Memahami Jenis Digital Marketing
www.pixabay.com

Apakah itu digital marketing ?

Digital marketing itu merupakan strategi pemasaran sebuah produk yang di lakukan oleh sebuah perusahaan, individu, maupun satu organisasi dengan melalui digital. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa internet dan media sosial pada saat ini merupakan bukan hal asing lagi bagi para sebagian orang, bahkan hampir semua orang sudah menggunakan fasilitas internet dan media sosial.

Dengan hal ini yang kemudian akan di manfaatkan oleh para pemilik perusahaan maupun individu untuk mempromosikan produk mereka. Dengan jangkauannya yang luas, dengan cara ini sering sekali di anggap sebagai cara paling efektif dan cepat sebagai menarik konsumen yang potensional untuk meningkatkan jumlah penjualan produk tertentu.

Digital marketing mempunyai banyak jenis dan karakteristik masing-masing. Biar anda lebih mudah untuk memahami apa saja itu jenis digital marketing berikut ini ulasan mengani jenis digital marketing:

Jenis Digital Marketing

1. Website

Peran utama website dalam perkembangan sebuah perusahaan adalah:
  • Dapat menunjukan profesionalisme sebuah perusahaan
  • Dapat membantu para customer memahami sebuah produk atau jasa
  • Sebagai media penjualan sebuah produk atau jasa secara lebih mudah
  • Sebagai Sales Representative dalam waktu 24 Jam 
  • Sebagai media promosi yang lebih hemat biaya dan efektif
2. SEO ( Search Engine Optimization )

SEO merupakan sebuah tujuan utama untuk mengoptimalkan sebuah website pada posisi teratas, ya seengganya dapat di halaman pertama atau page one dari sebuah mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Terdapat dua macam teknik SEO ,yaitu On Page dan Off Page. Perbedaan kedua teknik ini terdapat pada sebuah strategi yang di lakukan untuk optimasi website.

On Page merupakan cara untuk pengoptimalkan menggunkan strategi yang di lakukan pada sebuah halaman yang di miliki dan berguna untuk dapat mempengaruhi ranking pada sebuah mesin pencari. 

Point penting yang perlu di perhatikan dalam SEO On Page adalah :
  • Penggunaan kata kunci yang tepat untuk membuat judul yang efektif
  • Sebuah konten yang tidak membuat bosan pas lagi di baca
  • Menambahkan sebuah gambar-gambar yang bagus dan unik agar konten terlihat lebih menarik
Nah sedangkan Off Page merupakan sebuah teknik yang di lakukan untuk mengoptimasi website dari luar. Dapat di lakukan dengan cara membagikan link media sosial seperti: Facebook, WA, Twitter, IG dan dalin-lain

3. SEM (Search Engine Marketing )

Search Engine Marketing adalah cara untuk membuat sebuah website perusahaan agar mudah di temukan dalam mesin pencari sejenis Google. SEM juga memiliki dua kategori yaitu: Organik dan non-organik. Untuk kategori organik dapat di sebut juga sebagai SEO ( Search Engine Optimization ) dengan harga yang murah dan dapat di lakukan sendiri, tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama karena ini di peruntukan sebagai investasi jagnka panjang. Sedangkan kalu kita menggunakan SEM yang berbayar akan jauh lebih cepat untuk membuat sebuah website berada di posisi teratas.

4. Sosial Media Marketing

Dengan penggunaan sosial media yang semaking menigkat sebagai keperluan seperti saranan komukiasi, dan sebagai media mencari informasi. Dengan media sosial sekarang juga di andalkan oleh sebuah perusahaan sebagai sarana promosi bisnis mereka.

Baca Juga :
Media sosial mempunyai kekuatan sebagai sarana promosi, dan tentunya sudah tidak di ragukan lagi. Dengan menggunakan media sosial ini dapat menjangkau pelanggan, dan memungkinkan anda bisa untuk berkomunikasi dengan pelanggan memlalui fitur-fitur yang di sediakan oleh media sosial contoh, saling berbalas komentar dan lain-lain.

5. Vidio Marketing

Jenis digital marketing selanjutnya adalah vidio marketing. Vidio marketing dapat di buat dengan format yang real hingga animasi 2D dan 3D. Dengan vidio marketing ini bermanfaat dalam berbgai manfaat seperti:
  • Sebagai Vidio Company Profile yang dapat menjelaskan mengenai bisnis perusahaan Anda
  • Dapat menjelaskan cara kerja sebuah produk dan pengapplikasiannya
  • Dapat menampilkan tetimonial pelanggan dan riview mereka terhadap bisnis Anda
  • Untuk media kreatif agar dapat mempromosikan produk dan jasa Anda
6. Affiliate Marketing

Jenis digital marketing ini di sebut juga dengan makelar atau sebuah perantara. Teknik yang satu ini mengandalkan penjualan dengan sistem komisi.

Dengan teknik ini kita membutuhkan jasa orang lain untuk menjualakan sebuah produk yang kita miliki, dengan perjanjian jika orang yang menjual produk kita berhasil maka kita akan membayarkan komisi kepada orang tersebut.

7. Online Advertising

Online Advertising merupakan sebuah media promosi atawa media periklanan melalui internet dengan cara membayar. Jenis digital marketing ini memiliki beberpa pilihan yang beragam yang susuai dengan kebutuhan anda. Misalnya seperti  Display Advertising, Social Media Advertising, PPC, Youtube Advertising, dan lain-lain.

8. Email Marketing

Dengan Email marketing, anda bisa memberikan informasi yang update seputar promosi yang sedang berlangsung, maupun memperkanalkan produk atau jasa yang baru.

9. Mobile Advertising

Saat ini telepon seluler adalaha alat yang tidak di pisahakn dari kehidupan manusia. Sebab itu sekarang banyak bermunculan iklan dengan memanfaatkan telepon seluler sebagai medianya.

Dengan memilih mobile advertising ini dapat membantu menjangkau oran-orang secara spesifik. Disisi lain metode ini juga merupakan metode yang sangat efisien dan efektif karena dapat menghemat biaya periklanan untuk dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Dengan ulasan jenis-jenis marketing di atas di harapkan dapat memperoleh gambaran mengenai jenis pemasaran mana saja yang cocok untuk di terapkan dalam sebuah usaha.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar