Skip to main content

Bahasa Pemrogaman Yang Populer Di Indonesia

Apa itu bahasa pemrogaman? bahasa pemrogaman adalah untaian kata-kata berupa perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang hanya di mengeri oleh komputer. Jika anda ingin menjadi seorang developer software atau applikasi  anda wajib untuk menguasai bahasa pemrogaman terlebih dahulu, agar anda bisa membangun dan mengembangkan sebuah software atau applikasi yang akan anda buat. Untuk membuat sebuah applikasi tertentu biasanya di gunakan juga bahasa pemrogaman yang sesuai dengan kebutuhan applikasi yang mau di buat.

Bahasa pemrogaman ini jumlahnya sangatlah banyak. Seorang developer tentu saja tidak menggunakan seluruh bahasa pemrogaman yang ada, biasanya mereka hanya menggunakan 1 atau 3 dari bahasa pemrogaman yang ada dalam melakukan pembuatan dan pengembangan sebuah software.

bahasa pemrogaman yang populer di indonesia
pixabay.com

Berikut ini beberapa daftar bahasa pemrogaman yang populer di Indonesia:

1. Bahasa pemrogaman C

Bahasa pemrogaman yang satu ini merupakan bahasa pemrogaman tertua yang pernah ada. Pembuat bahasa pemrogaman C adalah Dennis Ritchie. Bahasa pemrogaman C ini menjadi populer di Indonesia, hampir sebagian besar perguruan tinggi IT menggunakan bahasa pemrogaman C untuk di pelajari menjdai dasar sebelum mempelajari bahasa pemrogaman yang lainnya. Ini di karenakan bahasa pemrogaman C ini menjadi bapaknya bahasa pemrogaman yang lain.

2. Bahasa pemrogaman C ++

Bahasa pemrogaman c++ adalah pengembangan dari bahsa c. Sintak penulisan dari bahasa c++ dengan bahasa c hampir sama. Walaupun kedua bahasa pemrogaman ini memiliki sintak penulisan hampir sama, tetapi keduanya ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalah. Misal dalam bahasa pemrogaman c++ untuk menyelesaikan masalah dia berorientasi pada objek dimana permasalahan di bagi-bagi kedalam class-class, sedangkan bahasa pemrogaman c untuk penyelesaian masalah dengan melakukan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi.

3. Bahasa pemrogaman Java

Bahasa pemrograman yang satu ini merupakan bahasa pemrogaman yang bisa di jalankan di berbagai platform, mulai dari Pc hingga sampai mobile.

Bahasa pemrograman Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia, karena bahasa Java ini memiliki kelebihan misalnya dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Bahasa pemrogaman ini di lengkapi dengan library yang lengkap jadi sangat memudahkan para programer. Bahasa pemrograman Java ini termasuk dalam pemrograman orientasi objek ( OPP ). Anda perli tau applikasi dalam sebuah smartphone android banyak di bangun menggunakan bahasa pemrograman java.

4. Bahasa pemrograman PHP

Bahasa php adalah bahasa pemrograman yang paling banyak di gunakan di Indoensia. Bahasa ini bisa di gunakan secara gratis, bahasa php banyak di gunakan karena merupakan server side scripting yang di rancang untuk membangun website dinamis.

5. Bahasa Python

Bahasa pemrograman python merupakan bahasa program tingkat tinggi. Bahasa ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun sebuah applikasi berbasis web maupun mobile. Bahasa python cukup mudah untuk di pahami dan juga mudah di baca untuk syntaknya.

6. Bahasa prmrograman Java script

 Yang satu ini merupakan bahasa pemrograman untuk membangun pengembangan sebuah web. Karena dengan bahasa pemrograman java script ini kita bisa membuat web yang interaktif bahkan sangat menarik.

7. Bahasa pemrograman Visual Basic

Bahasa pemrograman yang di kembangkan oleh microsoft ini menjadi bahasa yang populer di indonesia. Bahasa ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software. Bahasa pemrograman ini sering di gunakan untuk membuat software yang berbasis sistem operasi Windows.

8. Bahasa pemrograman Pascal

Bahasa pemrograman pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang sangat serign di pakai untuk belajar algoritma dan pemrograman bagi pemula. Bahasa pemrograman pascal menerapkan konsep procedural dan structured programing yang sangat baik. Ini sangat pas untuk belajar konsep programing. Perintah dalam bahasa pemrograman pascal ini sangat mudah untk di pelajari karen menggunakan bahasa yang sangat mirip dengan bahasa inggris sehari-hari, misalnya seperti perintah end, write, readn dan begin. Bahasa pemrograman pascal sekarang juga sudah di gunakan untuk materi pelajaran di perguruan tinggi IT

Baca Juga : Emulator android untuk laptop
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar