Skip to main content

10 Manfaat Sayuran Pare untuk Kesehatan

mamalik.com -  Pare adalah salah satu jenis sayuran yang dapat di jumpai di Indonesi. Sayuran pare ini memiliki rasa yang sangat pahit di bandingkan dengan jenis sayuran lainnya, Tetapi di balik rasa pahitnya pare ini terdapat berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

10 Manfaat Pare untuk Kesehatan
pixabay.com


Banyak yang menyukai sayuran pare ini, tapi banyak juga yang tidak menyukainya. Sebenarnya rasa pahit dari pare ini bisa di hilangkan dengan cara yang sederhana. Dengan cara, sebelum mengolah pare menjadi sebuah makanan usahakan dulu untuk merebus pare dan peras air yang ada dalam pare sampai hilang. Nah setelah itu baru anda olah menjadi masakan.

Kandungan Nutrisi pada Sayuran Pare

Sayuran pare memiliki beberapa kandungan nutrisi yang sangat berguna dan di butuhkan oleh tubuh manusia. Bukan hanya itu, kandungan pare ternyata lebih lengkap di bandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Berikut ini beberapa kandungan pada pare.

Kandungan dalam 100 gram pare segar:

Jenis KandunganJumlah Kandungan
Energi17 Kkal
Karbohidrat3,70 g
Protein1,00 g
Lemak0,17 g
Kolesterol0 mg
Serat2,80 g
Folat72 mcg
Niasin0,400 mg
Asam pantotenat0,212 mg
Piridoksin0,043 mg
Riboflavin0,040 mg
Tiamin0,040 mg
Vitamin A471 IU
Vitamin C84 mg
Sodium5 mg
Kalium296 mg
Kalsium19 mg
Tembaga0,034 mg
Besi0,43 mg
Magnesium17 mg
Manggan0,089 mg
Seng0,80 mg
Lutein-zeaxanthin170 mcg
Informasi tabel di atas saya kutip dari USDA National Nutrient data base.
Manfaat Sayuran Pare untuk Kesehatan 
Memang sih sayuran pare ini tidak sepopiler seperti sayuran lainnya. Tetapi pare tetap sayuran yang mengandung nutrisi paling lengkap. Namun tidak semua orang boleh mengkonsumsi sayuran pare ini. Berikut ini manfaat pare untuk kesehatan:
1. Diabetes
Walaupun memiliki rasa yang sangat pahit, pare ini juga memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah untuk mengatasi diabetes. Hal tersebut di sebabkan oleh kandungan Phytonutrient dan Polipeptida-P pada sayuran pare yang dapat berperan sebagai insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Dengan zat-zat inilah yang akan membentuk Charatin yang dapat meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen yang ada dalam sel-sel hati, jaringan lemat dan otot. Jadi dengan membiasakan diri mengkonsumsi sayuran pare bisa membuat anda terhindar dari diabete. Selain itu, pare yang terkenal sangat pahit mampu untuk membantu mengurangi kadar gula dalam darah bagi anda yang penderita diabete tipe-2.
2. Mengatasi Sembelit
Jika sering mengalami sembelit memang menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Jika anda ingi terhindar dari sembelit tidak ada salahnya anda mencoba untuk mengkonsumsi sayuran pare. Karena rasa pare itu pahit yang akan membantu dan mengurangi gangguan pada pencernaan serta masalah sembelit.
Dengan kandunga dalam sayuran pare pahit ini dapat merangsang terjadinya gerak peristaltik dan akan membantu pencernaan makanan dalam usus sehingga di keluarkan dari tubuh.
3. Manfaat pare untuk Jantug
Banyak dari orang-orang yang tidak mengetahui manfaat dan khasit dari sayuran pare untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut karena kandungan yang ada pada sayuran pare mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang berlebihan dai dalam tubuh manusia. Karena kolesterol jahat itulah yang akan memicu terjadinya penyumbatan arteri yang bisa membuat seseorang mengalami penyakit jantung.
Manfaat sayuran pare mentah lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung manusia. Tetapi selalu perhatikan terlebih dahulu sayuran pare yang akan anda konsumsi.
4. Mengatasi infeksi pada kulit
Bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubu, ternyata sayuran pare ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit anda. Dengan anda mengkonsumsi sayuran pare secara teratur setiap hari akan bisa membantu anda terhindar dari infeksi kulit sperti panu, gatal-gatal, eksim, psoriasis, dan iritasi pada kulit anda. Anda bisa mengkonsumsi sayuran pare ini dengan cara memasak sebagai menu masakan atau juga bisa membuat jus pare untuk sebagai jus yang langsung di minum. Selain itu, anda juga bisa menghaluskan sayuran pare dan langsung mengoleskannya pada bagia kulit anda yang terinfeksi.
5. Meredakan masalah asma
Jika anda yang mengalami riwayat asma, anda bis mencoba untuk mengkonsumsi sayuran pare. Kenapa begitu? karena sayuran pare memiliki manfaat yang dapat mengurangi gejala-gejala penyakit pernapasan. Karena sayuran pare memiliki kandungan antihistamin, antivirus dan anti inflamasi yang dapat menjaga penapasan anda. Manfaat sayuran pare ini bisa di jadikan sebagai makanan tambahan yang ideal untuk anda konsumsi secara teratur agar anda dapat terhindar dari penyakit asma muncul kembali.
6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan zat antioksidan pada sayuran pare yang sangat melimpah dan juga kandungan vitamin C yang membuat sayuran pare ini sangatlah bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Kandungan antioksidan yang berperan sebagai pemebentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan mengganggu serta akan merusak kesehatan tubuh anda. 
Kandungan antioksidan ini juga dapat membantu menyerang zat radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan membantu menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Dengan hal tersebut, jangalah ragu untuk mengkonsumsi sayuran pare dan tinggal rasakan manfaatnya.
7. Menjaga kesehatan mata
Jika anda ingin menjaga kesehatan anda, anda jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran pare. Karan sayuran pare terdapat kandungan flavonid seperti beta karoten, alpha karoten, zeaxanthin, dan lutein yang bisa membantu meningkatkan penglihatan mata anda terutama pada malam hari. Bukan hanya itu, dengan sayuran pare juga dapat membantu memperlambat degenerasi mocula pada mata anda.

Baca  Juga :
Kandungan senyawa pada sayuran pare juga dapat berperan untuk melawan efek penuaan, dan membantu menghilangkan radikal bebas dan juga spesis oksigen reaktif yang bisa menyebabkan banyaknya komplikasi penyakit yang akan muncul pada tubuh nada.
8. Manfaat untuk tulang
Sayuran pare ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dalam tubuh manusia. Sayuran pare ini terdapat kandungan vitamin K yang berfungsi sebgai penutrisi yang sangat kuat dan sangat penting yang akan membantu mengatur pembekuan darah normal. Kandunga vitamin K dalam sayuran pare juga dapat menyebarkan kalsium ke seluruh bagian tubuh manusia yang akan membantu meningkatkan kepadatan pada tulang dan mengurangi risiko mengalami keparuhan tulang.
9. Manfaat untuk lambung
Manfaat dari sayuran pare selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan lambung manusia. Bukan hanya itu, kandungan yang ada pada sayuran pare ini juga mampu untuk membantu dan mencegah meningkatnya kadar asam pada lambung.
10. Mengatasi HIV
Manfaat sayuran pare yang terakhir adalah untuk mengatasi HIV. Kandungan pada sayuran pare dapat mengatasi HIV, hal tersebut di temukan di sebuah penelitian, bahawa komposisi fitokimia yang terdapat pada sayuran pare dapat membantu menghambat aktivitas virus human immunodefiency yang muncul, di katakan juga sayuran pare dapat memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan penyakit AIDS.
Sayuran pare memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusa. Akan tetapi perlu anda ketahui bahawa manfaat sayur pare untuk setiap masing-masing orang itu berbeda dan tergantung juga dari konidisi tubuh orang tersebut.
Itulah infomasi mengenai 10 manfaat sayuran pare untuk kesehatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar